Inilah Aplikasi Untuk Membuat Subtitle Video Di Android

By | April 22, 2021
aplikasi untuk membuat subtitle video di Android

Penggunaan subtitle dalam sebuah video merupakan bagian paling penting harus ada dan tidak boleh terlewatkan. Pasalnya, dengan adanya teks ini mampu memudahkan penonton luar negeri agar memahaminya. Apalagi jika diunggah di YouTube, maka sebisa mungkin kualitas subtitle haruslah terbaik. Video atau film maker bisa memanfaatkan beberapa aplikasi untuk membuat subtitle video di Android secara mudah berikut ini:

1. Aegisub

Salah satu aplikasi untuk membuat subtitle video di Android yang pertama adalah Aegisub. Biasanya filmmaker profesional menggunakannya untuk membuat teks terjemahan yang lebih mumpuni dibandingkan aplikasi lainnya. Fitur yang melengkapinya juga sangat lengkap, yaitu berupa varian berbagai warna, jenis font dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, Aegisub juga menyediakan berbagai fitur yang diberikan secara gratis seperti kemudahan dalam membuat sekaligus mengedit subtitle berdasarkan keinginan. Bahkan terdapat pula preview hasil pekerjaan yang bisa dilihat secara langsung apakah sudah sesuai atau belum.

Barulah kemudian bisa disimpan dalam folder secara mudah dan simple. Sehingga nantinya subtitle mampu digunakan dalam berbagai kepentingan dengan format .ass dan Advanced SubStation Alpha. Untuk memahaminya bisa langsung saja dipraktikkan.

2. Aplikasi Notepad

Selain Aegisub, ada pula rekomendasi lainnya yang sangat mudah untuk dijalankan. Tanpa perlu mengunduhnya, kini bisa membuatnya melalui aplikasi bawaan Windows seperti Notepad loh. Caranya sangat mudah, yaitu yang pertama pastikan bahwa teks sudah diterjemahkan menggunakan bantuan dari aplikasi Google Translate maupun Translator terpercaya.

Kemudian buka notepad dan ketikkan angka 1 pada baris pertama sebelum menekan tombol enter untuk menuju baris baru. Barulah dibawahnya bisa diketikkan waktu subtitle yang ditulis dalam format jam:menit:detik,milidetik, yaitu misalnya saja seperti: 00.02.45,000.

Selanjutnya, tekan tombol enter untuk membuat baris baru dan juga subtitle dalam format waktu lainnya. Pastikan melakukan langkah ini secara berurutan serta berkelanjutan hingga seluruh video berakhir. Namun meskipun agak sedikit memakan waktu, hasilnya tentu tidak akan kalah jauh dan pastinya berkualitas pula.

Untuk membuatnya lebih akurat, maka pastikan mengetik subtitle bersamaan dengan menonton videonya. Jangan lupa berikan jarak satu baris sebagai pemisah supaya penempatan subtitle nampak lebih rapi dan juga tidak berantakan. Kemudian simpan file dalam bentuk .srt atau encoding UTF-8 sesuai keinginan.

BACA JUGA :  Ini 6+ Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di Android Cepat dan Mudah!

3. Easy Subtitles

Selain Notepad, ada pula Easy Subtitles yang dapat diunduh melalui Google Play Store terlebih dahulu. Penggunaannya bisa dibilang cukup mudah, baik untuk Android maupun PC sesuai kebutuhan. Performanya sangat bagus dalam mengubah subtitle menjadi lebih menarik dan nampak selaras dengan video yang ada.

Dalam menggunakannya, yaitu yang pertama cukup dengan memasang aplikasi untuk membuat subtitle video di Android satu ini sesuai aturan. Kemudian pilih dan buka video yang ingin diberi subtitle. Barulah nantinya bisa diatur secara langsung penulisan teks terjemahan tersebut sesuai keinginan. Sangat mudah bukan? tertarik untuk mencobanya?

4. Video Subtitle Maker

Ingin mengedit atau membuat subtitle secara mudah di Android? sepertinya aplikasi satu ini merupakan solusi yang tepat. Diluncurkan secara gratis, membuatnya diminati oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Apalagi fitur yang disediakannya sangat lengkap, maka tidak heran bisa menjadi salah satu aplikasi yang populer.

Beberapa fitur yang bisa dinikmati yaitu seperti pemotongan video dalam durasi waktu berapapun dan penambahan subtitle didalamnya. Selain itu, pemilihan jenis font, warna, ukuran dan lain sebagainya dapat dipilih sesuai keinginan, serta mudah digunakan.

5. FoxSub: Subtitle Editor

Meskipun tidak bisa digunakan secara gratis, namun aplikasi satu ini cukup bagus untuk diikuti. Dengan hanya membayar sekitar 200ribu saja, pengguna bisa mendapatkan berbagai macam fitur seperti mendukung semua format audio maupun video, hingga pilihan font yang beragam dibandingkan aplikasi lainnya. Tentunya sangat variatif dan juga menarik bukan?

Nah itulah informasi mengenai beberapa aplikasi untuk membuat subtitle video di Android cocok dipilih. Tentu saja pilihan yang ada dapat disesuaikan tergantung kebutuhan masing-masing filmmaker, mulai dari fitur-fitur lengkap yang tersedia hingga alasan lain. Namun meskipun begitu, rekomendasi diatas dijamin memuaskan penggunanya karena terbilang cukup berkualitas dan terbaik di kelasnya.

One thought on “Inilah Aplikasi Untuk Membuat Subtitle Video Di Android

  1. Pingback: Aplikasi Membuat Mind Mapping Smartphone Dan PC Lengkap

Leave a Reply