Cara Mempercepat WiFi di Android 100% Work!

By | April 21, 2021
cara mempercepat WiFi di android

Kelancaran jejaring internet menjadi hal penting sekarang. Tak jarang orang menjadi badmood atau marah ketika jaringan internet lemot. Sehingga tak sedikit orang memilih WiFi bertujuan agar internet lancar. Namun, terkadang memakai WiFi tetap saja lemot. Bagaimanakah cara mempercepat WiFi di android agar tidak lemot?

1. Ketahui Letak Router

Tahu letak router menjadi cara mempercepat WiFi di android yang pertama. Walau terlihat remeh tetapi ini ternyata merupakan hal sangat penting, lho. Router berfungsi mentransfer sinyal ke segala penjuru. Jadi alangkah baiknya diletakkan di tengah agar kerjanya maksimal.

Hindari meletakkannya di lantai, ini membuat kerja router kurang maksimal. Karena beton dan keramik juga menyerap sinyal sehingga mengakibatkan WiFi tidak stabil alias lemot. Sebaiknya letakkan router di atas meja atau lemari dan pakai tempat yang lebih terbuka.

2. Hindari dari Elektronik Sekitar

Ternyata perangkat elektronik sekitar juga berpengaruh terhadap kerja router dan berdampak pada sinyal WiFi yang dihasilkan. Karena perangkat elektronik sekitar menghasilkan gelombang elektromagnetik yang mengganggu sinyal WiFi itu sendiri.

Sehingga pengguna jangan lupa untuk memperhatikan dan jauhkan perangkat elektronik sekitar sebelum memakai WiFi. Jangan sampai keburu-buru badmood bahkan marah, ternyata pengguna lupa menyingkirkan perangkat elektronik lain di dekat router.

3. Antena Posisi Tegak

Menegakkan antena menjadi cara mempercepat WiFi di android berikutnya. Antena router dalam posisi miring atau tidak tegak? Pantas saja koneksi WiFi jadi lemot karena hal tersebut berakibat pada penyebaran sinyal yang tidak maksimal.

Untuk itu, penting menegakkan antena router sebelum berselancar di internet memakai WiFi. Dengan posisi tegak, maka penyebaran sinyal menjadi horizontal sempurna dan menjangkau seluruh ruang. Akibatnya, jaringan internet menjadi lancar jaya tanpa lemot.

4. Periksa dan Pakai Penstabil Sinyal

Setelah melakukan ketiga cara sebelumnya, langkah berikutnya periksalah sinyal di android pengguna. Langkah pertama, periksalah sinyal dengan memakai jaringan WiFi. Kemudian, lakukan hal yang sama memakai koneksi data seluler android. Apakah sama-sama lemot atau tidak? Jika iya, maka sedang bermasalah pada penyedia internet sekitar daerah pengguna.

Untuk mengatasi hal tersebut, pengguna dapat memakai aplikasi penstabil sinyal. Aplikasi tersebut juga berguna untuk menstabilkan dan memperkuat sekaligus mengetahui letak jaringan stabil serta kuat. Banyak sekali aplikasi penstabil sinyal yang tersedia di playstore, bisa diunduh secara gratis, dan bebas memilihnya.

BACA JUGA :  Ragam Aplikasi untuk Membuka Situs yang Diblokir oleh Pemerintah Terampuh

5. Perbarui Firmware

Firmware ialah piranti lunak yang ada di dalam memori kecil pada sebuah hardware (perangkat keras) atau disebut perangkat tegar. Jika firmware pengguna masih lawas, mungkin ini salah satu penyebab sinyal WiFi jadi tidak stabil bahkan lemot.

Solusinya, pengguna harus melakukan pembaruan terhadap firmware. Dengan melakukan pembaruan, berarti telah memperbarui software di hardware tersebut. Jangan lupa mengeceknya, siapa tahu masih lawas dan belum diperbarui sehingga berdampak pada WiFi lemot.

6. Ganti Frekuensi Android

inilah yang mengakibatkan jaringan WiFi menjadi tidak stabil bahkan sangat lemot selanjutnya. HP android tipe lawas biasanya memakai frekuensi 2.4 GHz. Sebenarnya frekuensi tersebut sudah cukup cepat, tapi terlalu banyak penggunanya sehingga berakibat lemot.

Cara mengatasinya dengan mengganti frekuensi android menjadi 5 GHz. Dikarenakan masih belum banyak penggunanya dan lebih leluasa tanpa adanya gangguan. Pergantian tersebut bisa diatur di pengaturan pada bagian WiFi.

7. Rahasiakan Sandi WiFi

Pada awalnya jaringan WiFi terasa cepat, tiba-tiba terjadi penurunan terhadap kecepatan tersebut mungkin ada seseorang tanpa ijin memakainya. Tentu ini menyebalkan, karena seseorang memakai WiFi-nya tanpa seizin. Lalu apa yang pemilik harus lakukan?

Agar hal tersebut tidak terulang lagi, lakukanlah pergantian sandi WiFi dan rahasiakan. Sandi WiFi selanjutnya haruslah lebih sulit agar tidak mudah ditebak dan dibobol orang. Atau pemilik bisa menghidupkan broadcast SSID agar WiFi-nya tersembunyi.

8. Mengganti Router

Jika semua cara di atas telah dilakukan, namun jaringan WiFi di android masih saja lemot. Maka cara mempercepat WiFi di android yang terakhir adalah dengan membeli router yang baru. Ada kemungkinan router yang dipakai saat ini terjadi kerusakan.

Hal itu berdampak pada sinyal WiFi yang tidak stabil bahkan sangat lemot. Dengan memakai router baru, maka bisa dipastikan sinyal WiFinya tidak akan lemot. Jangan lupa untuk benar-benar pastikan masalah WiFi yang terjadi bukan dari penyedia layanan.

Nah, itulah cara mempercepat WiFi di android yang anti gagal dan 100% bekerja. Jangan khawatir dan lakukanlah cara di atas dengan benar dan tepat agar hasil yang diperoleh menjadi maksimal. Sehingga nantinya tidak perlu membeli perangkat lunak yang baru dan menghemat pengeluaran.

Leave a Reply