Cara Agar Video Youtube Tidak Bisa di Download Offline dan Keuntungan Menggunakan Fitur Ini

By | April 20, 2021
cara agar video youtube tidak bisa di download offline

Gohitzz.com – Bagi pemilik video Youtube yang memiliki hak cipta, pastinya sangat kesal apabila melihat channel orang lain mengunggahnya kembali tanpa izin. Entah itu dengan cara men-download video tersebut secara offline terlebih dahulu, atau dengan metode ilegal lainnya. Maka, salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mencegahnya adalah mencari cara agar video Youtube tidak bisa di download offline.

Cara Agar Video Youtube Tidak Bisa di Download Offline

Pihak Youtube nyatanya cukup serius untuk menghadapi masalah copyright yang dialami oleh pemilik hak cipta. Yaitu, pengguna yang melakukan upload kembali video tanpa seizin pemilik konten akan mendapatkan peringatan keras dari pihak Youtube. Namun, hal itu baru bisa terjadi apabila sang konten kreator telah melakukan setting pada videonya. Bagaimana cara melakukannya? Silakan disimak baik-baik.

1. Masuk ke Laman Youtube Studio

Untuk dapat mengatur video yang sudah di-upload ke channel Youtube, seorang konten kreator harus masuk ke laman Youtube Studio. Usahakan masuk ke akun Youtube dengan menggunakan dekstop untuk lebih memudahkan. Setelah terhubung dengan akun Youtube, silakan membuka laman Youtube Studio yang dapat ditemukan pada dashboard Channel Anda.

2. Memilih Mode Lisensi di fitur Setelan Lanjutan

Di Youtube Studio, segeralah meluncur ke bagian setelan dan menekan menu Default Upload. Setelah itu, bukalah setelan lanjutan dan pilihlah mode lisensi. Akan disuguhkan dua pilihan yakni Lisensi Youtube Standar dan Creative Common atau atribusi.
Sedikit informasi, kedua fitur lisensi tersebut memiliki fungsi yang berbeda untuk melindungi keamanan hak cipta. Lisensi Youtube Standar membuat pengguna yang meng-upload video yang memiliki hak cipta tanpa izin mendapatkan peringatan keras dari pihak Youtube. Pemilik hak cipta pun dapat mengajukan gugatan kepada Youtube untuk menghapus atau mem-banned video yang sudah diuggah tersebut.
Lain halnya dengan lisensi Creative Common. Lisensi ini mengizinkan pengguna lain untuk berbagi, menyalin, atau mengedit dan menyebarkan suatu konten yang sudah memiliki hak cipta. Bahkan, untuk tujuan komersial sekalipun. Namun, tanpa menghilangkan hak moral pemilik hak cipta tersebut. Dengan kata lain, lisensi ini gratis digunakan oleh publik dengan catatan tidak menghilangkan nama hak cipta pemiliknya.

BACA JUGA :  Coba 5 Fitur Whatsapp Yang Jarang Diketahui Oleh Kebanyakan Orang

3. Menyetel Pilihan Lisensi Youtube Standar

Setelah memahami kedua mode lisensi Youtube, direkomendasikan untuk memilih Lisensi Youtube Standar. Sebab, lisensi ini berfungsi untuk menyaring video yang memiliki hak cipta tidak dapat di download secara offline. Pilihan lisensi ini akan langsung ditemukan saat menekan menu lisensi karena letaknya paling atas.

Keuntungan Menon-aktifkan Fitur Tidak Bisa Download Offline di Youtube

Di balik mencari cara agar video Youtube tidak bisa di download offline, ternyata ada beberapa keuntungan yang terselip. Hal itu tentu saja sangat menjanjikan untuk sang konten kreator pribadi. Keuntungan-keuntungan tersebut antara lain :

1. Video Aman dari Pencurian

Jika sudah melakukan setting lisensi pada Youtube Studio, pemilik hak cipta akan aman dari pencurian. Sebab tidak hanya videonya saja, melainkan semua konten dalam video yang mencakup suara sekalipun akan terdeteksi oleh pihak Youtube. Untuk dapat menikmati fitur download offline kembali, pengguna Youtube harus berlangganan Youtube Premium yang keuntungannya akan dibagi ke konten kreator.

2. Monotesi Mengalir pada Pemilik Konten

Monotesi yang didapatkan dari iklan yang dipasang di video pelanggar hak cipta akan otomatis mengalir pada sang pemilik konten aslinya. Tentu saja, setelah diizinkan oleh sang pemilik agar gugatan penghapusan tidak dilakukan oleh pihak Youtube. Jadi, pemilik hak cipta akan lebih diuntungkan dan pelanggar hak cipta tidak mendapatkan apa-apa.
Demikianlah sedikit penjelasan mengenai cara agar video Youtube tidak bisa di download offline untuk mencegah pencurian. Akan alangkah baiknya jika para konten kreator dan pengguna Youtube mematuhi kebijakan hak cipta serta tidak melakukan copyrighting. Demi kenyamanan bersama, dan tidak ada pihak yang akan dirugikan nantinya.

Leave a Reply