Nyaris Serupa, Ternyata Inilah Perbedaan iPhone Xr dan Xs

By | April 18, 2021
iPhone Xr dan Xs

Gohitzz.com – Pada tahun 2019, vendor Apple meluncurkan dua serie ponsel canggihnya yang diberi nama iPhone Xr dan Xs. Seperti biasa, kehadiran produk dari vendor ini langsung menjadi buah bibir pecinta gadget di tanah air yang terpancing rasa penasaran. Hingga memunculkan beragam reaksi seperti mengulik spesifikasi yang menjadi perbedaan iPhone Xr dan Xs.

Memang sebuah hal yang wajar bila akhirnya perbedaan iPhone Xr dan Xs dipertanyakan banyak orang. Karena faktanya,  kedua gadget ini diluncurkan oleh Apple dalam waktu yang bersamaan. Belum lagi, menyoal nama dari keduanya yang hanya berbeda di huruf r dan s, memancing banyak orang untuk membanding-bandingkan kelengkapan di antara keduanya.

Lalu, sebenarnya spesifikasi apakah yang menjadi perbedaan iPhone Xr dan Xs ini? Adakah sesuatu yang istimewa pada kelengkapan yang dimiliki oleh keduanya? Kemudian, bagaimana dengan harganya? Apakah sesuai dengan kelengkapan yang diberikan oleh vendor Apple?  Sebaiknya, simak ulasan ini dengan seksama, agar tidak ketinggalan beragam informasi menarik yang disajikan tentangnya!

Spesifikasi yang Mengindikasikan Perbedaan iPhone Xr dan Xs

Ada sejumlah kelengkapan yang bisa ditengarai sebagai perbedaan iPhone Xr dan Xs. Terutama, sangat terlihat pada sejumlah komponen penting di bawah ini:

1. Tampilan Ponsel

Pertama, ketika hendak membandingkan dua buah ponsel maka perhatian pasti akan tertuju pada tampilan fisiknya. Termasuk ketika mencari perbedaan iPhone Xr dan Xs yang ternyata nampak pada tampilannya berikut:

a. Model dan Warna

Dalam urusan model desain, produk  buatan Apple pasti memiliki keunggulan gaya futuristiknya, termasuk dua gadget keren ini. Pengguna dapat menemukan gaya classy berwarna hitam, koral, biru, putih, kuning, dan merah pada iPhone Xr. Sedangkan kesan futuristik iPhone Xs tampak pada pilihan warna-warna glamour seperti hitam, silver, serta abu.

b. Ukuran

Ketika menyoal perbedaan iPhone Xr dan Xs dari segi ukuran maka dimensi yang dimiliki iPhone Xr lebih besar. Yaitu dengan ukuran panjang 150,9 mm, tebal 8,3 mm, dan tinggi 75,7 mm. Sedang iPhone Xs tampil lebih classy dengan ukurannya yang nampak ramping dengan dimensi panjang 143,6 mm, tebal hanya 7,7 mm, dan tinggi sekira 70,9 mm.

c. Berat Total

Soal berat total, maka iPhone Xs terkesan lebih kekinian dan mengikuti perkembangan karena memiliki body yang cukup ringan dan nyaman digenggam. Bayangkan, berat total dari gadget ini yang hanya 177 gram, sangat pas ketika dimasukkan ke dalam kantong saat bepergian. Sedikit berbeda dengan iPhone Xr yang 17 gram lebih berat daripada iPhone Xs.

2. Kapasitas Internal

Selanjutnya, beda iPhone Xr dan Xs juga tampak pada penawaran besarnya daya simpan internal pada kedua gadget. Pengguna bisa mendapatkan internal lapang berkapasitas 64 GB, 256 GB, serta 512 GB untuk iPhone Xs. Hal ini berbeda dengan iPhone Xr yang lebih ke versi lite dengan penawaran variasi internal 64 GB, 128 GB, dan versi terbesar 256 GB.

3. Kamera Bawaan Ponsel

Semua orang sepakat, bahwa hadirnya kelengkapan kamera sangat wajib pada gadget canggih produksi terkini. Tidak terkecuali pada sejumlah spesifikasi kamera yang menjadi penanda perbedaan iPhone Xr dan Xs berikut ini:

a. Bekal Kamera Primer

Ditinjau dari segi kamera primer, kedua gadget buatan Apple ini sama-sama memiliki kamera berkekuatan 12 MP. Bedanya kalau pada iPhone Xs ada dua buah kamera, maka pada iPhone Xr kamera tersebut hanya ada 1 buah. Tentunya, dengan melihat ini membuktikan bahwa spesifikasi kamera primer Xs lebih juara daripada yang terdapat pada Xr.

BACA JUGA :  Kenali Sejumlah Perbedaan Samsung A31 dan M31

b. Selfie Kamera

Pada kelengkapan selfie kamera pun keduanya memiliki perbedaan yang cukup terasa. Yaitu iPhone Xs dibekali dengan kamera 7 MP yang ditunjang dengan adanya fitur Face ID yang mengasyikkan. Lain halnya dengan iPhone Xr, yang lebih diprioritaskan dengan dibekali dual kamera selfie berkekuatan 7 MP, membuat aktifitas berselfie ria para pengguna menjadi lebih menggairahkan.

4. Kelengkapan Layar

Pada sebuah perangkat ponsel canggih, keberadaan spesifikasi layar sangat penting dan menentukan performa tampilannya. Seperti, kelengkapan layar dari iPhone Xr dan Xs yang membuat keduanya memiliki perbedaan tampilan yang cukup signifikan, sebagai berikut:

a. Jenis

Pertama, dari segi jenis layar yang dipakai, iPhone Xs terlihat memiliki versi lebih tinggi daripada milik iPhone Xr. Karena gadget ini telah menggunakan jenis layar Oled yang memiliki kemampuan untuk menghasilkan tampilan HDR. Berbeda dengan iPhone Xr yang masih mengusung teknologi layar IPS LCD dengan kemampuan HD, tanpa terdapat fitur HDR.

b. Ukuran

Ada yang unik saat memperhatikan pilihan ukuran layar pada kedua ponsel unggulan dari vendor Apple ini. Yaitu, ukuran iPhone Xs yang tersedia dalam dua varian, versi 5,8 dan Xs Max 6,5 inchi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan masing-masing. Uniknya, seolah menjadi titik tengah dari dua versi Xs, iPhone Xr ditanami layar berukuran 6,1 inchi.

c. Resolusi Layar 

Penggunaan jenis layar yang berbeda, tentu akan memiliki dampak pada resolusinya. Dalam hal ini, iPhone Xr memiliki resolusi layar yang lebih rendah yakni dengan ukuran 828 x 1.729 p. Berbeda dengan penggunaan teknologi Oled pada iPhone Xs yang mempunyai tampilan lebih nyaman karena resolusi layarnya mencapai 2.436 x 1.125 p.

d. Tingkat Kerapatan Pixels

Semakin tinggi tingkat kerapatan pixels pada layar sebuah ponsel, maka bisa dipastikan tampilannya akan semakin baik. Menyoal hal ini, nampaknya iPhone Xs jauh lebih unggul dan memiliki tampilan lebih memukau karena memiliki tingkat kerapatan pixels 458 ppi. Jauh berbeda dengan iPhone Xr yang hanya berada di angka 326 ppi untuk kerapatan pixels layarnya.

5. Daya Simpan Baterai

Berikutnya, perihal daya simpan baterai tidak boleh mendapat pengabaian, karena bagaimanapun juga kepuasan menggunakan ponsel sangat bergantung darinya. Dalam hal ini, pengguna iPhone Xr lebih diuntungkan dengan adanya kapasitas lebih lapang sebesar 2942 mAh. Pada saat bersamaan, pengguna iPhone Xs harus puas dengan daya simpan baterai ponselnya yang hanya sebesar 2658 mAh.

Perbedaan iPhone Xr dan Xs dari Segi  Harga

Meski nyaris serupa, ternyata ada perbedaan iPhone Xr dan Xs dari segi harga yang dibanderol sang vendor. Secara rinci, perbedaan harga dua gadget istimewa ini antara lain:

1. iPhone Xr

Meski dibilang sebagai versi lite dari varian gadget populer, iPhone X, jangan pernah berpikir bahwa harga iPhone Xr itu murah. Pasalnya, gadget canggih ini memiliki harga yang terbilang cukup fantastis. Yakni dengan kisaran sekitar 11 jutaan untuk versi 64 GB, sekitar 12 jutaan pada versi 128 GB, serta harga 14 jutaan untuk internal lapang sebesar 256 GB.

2. iPhone Xs

Apabila versi iPhone Xr yang katanya versi lite dibanderol dengan harga mahal, lalu bagaimana dengan iPhone Xs? Nampaknya, penawaran harga untuk gadget ini masih tinggi meski sudah 3 tahun sejak diluncurkan. Yaitu sekira 20 jutaan untuk versi 64 GB, sekira 23,5 jutaan untuk versi 256 GB, dan 27,5 jutaan untuk versi terbesar dengan internal berkapasitas 512 GB.

Bagaimana? Setelah membaca perbedaan iPhone Xr dan Xs dari segi spesifikasi dan kisaran harga pasarnya di atas, tidakkah tertarik untuk memilikinya? Jika iya, maka lekaslah membeli dua gadget canggih ini di gerai resmi terdekat! Sebelum keduanya habis di pasaran dan membuat penyesalan karena tidak sempat memilikinya!

Leave a Reply