Wajib Tahu! Cara Memperkuat Sinyal Wifi yang Jauh

By | April 18, 2021
Cara Memperkuat Sinyal Wifi yang Jauh

Gohitzz.com – Lebih sering bekerja di rumah atau di tempat lain selain kantor selama pandemi? Tentunya membutuhkan koneksi yang kenceng, dong. Jika dirasa sambungan kurang lancar atau sering mati, pengguna harus mencari cara memperkuat sinyal Wifi yang jauh. Biasanya ini terjadi ketika menyambungkan ponsel atau laptop di ruang publik.

Penyebab perangkat sulit menerima tangkapan pancaran frekuensi jaringan nirkabel bisa beragam. Jelas ini adalah sesuatu yang menyebalkan ketika sedang getol-getolnya bekerja tapi sambungan terus drop. Jangan khawatir karena cara memperkuat sinyal wifi yang jauh itu ternyata mudah jika sudah tahu penyebabnya.

Mengapa Koneksi Wifi Lemah?

Wireless Internet sebenarnya bukan barang baru karena di tahun 70an tepatnya di Hawaii “Wifi” sudah digunakan. Tentunya memang bukan untuk kebutuhan publik atau rumahan seperti sekarang ini. Namun, masih banyak orang yang menganggap ini cukup awam sehingga penanganan terhadap masalah juga jadi sulit.

Jaringan nirkabel pada dasarnya bekerja menggunakan transmisi frekuensi radio untuk memancarkan sinyal. Mirip seperti pada radio di mobil, ada kalanya bisa menangkap siaran dengan jernih namun sering juga tidak mendapat apa-apa selain bunyi berisik. Sama halnya dengan Wifi, beberapa perangkat kesulitan untuk menyerapnya.

Penyebab sulitnya meraih serta mendapat sambungan kencang bisa beragam. Diantaranya adalah soal jangkauan, jarak, perangkat yang digunakan, teknologi nirkabel itu sendiri, atau terkait provider yang digunakan. Karena menggunakan frekuensi radio tentu masalah besar kecilnya bands atau pita frekuensi.

Sebenarnya, issue teknis lebih sering jadi sumber masalah lemahnya penyerapan sinyal Wifi. Jadi, ketika mencoba menyambungkan di café, hotel, atau rumah lalu koneksi lama terjadi bahkan sering drop. Bisa jadi karena sebab-sebab di atas. Jadi, jangan buru-buru mengganti provider sebelum mengecek hal-hal lain yang bisa mengganggu pancaran wifi.

Cara Memperkuat Sinyal Wifi yang Jauh

Berselancar di internet menggunakan jaringan nirkabel memang lebih menyenangkan karena tidak terbatas kuota. Tetapi, jika menggunakan wifi di tempat umum seperti restoran, coworking space, atau hotel, biasanya koneksi lambat dan butuh waktu lama hanya untuk membuka satu situs. Faktor banyaknya pengguna bisa jadi salah satunya atau karena masalah teknis lain.

Jangan dulu marah-marah karena ternyata ada cara memperkuat sinyal wifi yang jauh pada laptop maupun smartphone. Dengan sedikit mengecek, mengatur kembali, memperbaiki, masalah ini bisa diatasi. Yuk, simak penjelasan di bawah ini.

1. Cek Besaran Frekuensi di Perangkat

IEEE atau Institute of Electrical and Electronics Engineers sudah menyepakati besaran standar untuk frekuensi radio yang dapat digunakan pada perangkat-perangkat nirkabel. Umumnya, pada router-router rumahan, kisaran besarannya ada di 2,4 – 5 GHz. Semakin besar tentunya lebih baik karena tidak terjadi tumpang tindih atau penumpukan pengguna.

Nah, jika dirasa tangkapan sinyal pada perangkat smartphone atau laptop kurang kuat pada wifi yang ingin dituju, cek dulu besaran frekuensinya. Pada smartphone, caranya adalah dengan masuk ke Settings, kemudian pilih Wifi, lalu masuk ke menu Advanced Setting dan temukan Wifi Frequency Band disana. Atur besaran sampai maksimal.

2. Cek Kekuatan WiFi Signal Pada Router

Jika ternyata tidak ada masalah dengan kecepatan internet, jangan ragu untuk mengecek seberapa kuat pancaran sinyal dari pemancar. Tidak sulit untuk melakukannya karena sekarang sudah ada aplikasi yang bisa membantu pengguna. Contohnya adalah Amped, Cloudcheck, Wireshark, NetSpot, dan yang lain. Coba saja mana yang paling cocok dan handal.

BACA JUGA :  Ketahui Penyebab dan 6 Cara Memperbaiki Jaringan 4G yang Tidak Stabil untuk Berbagai Operator

Selain itu, menggunakan router yang berkualitas juga mempengaruhi kekuatan pacarnya. Teknologi yang terpasang di pemancar tentu akan mempengaruhi kinerja. Jadi, pastikan menggunakan wireless tipe terbaru, ya. Jangan ragu untuk survey dulu jenis apa yang sedang naik daun di pasaran.

3. Letakkan Router di Tempat yang Bebas Hambatan

Menempatkan pemancar di lokasi yang sentral akan membuat pancarannya lebih kuat. Sebaliknya, jika spot pemasangan terhalang, tentu saja akan mengganggu kinerja dari router itu sendiri. Akan lebih baik jika wireless ditempatkan di lokasi yang tinggi sehingga bebas dari blocking benda di sekitarnya.

Rata-rata jangkauan normal untuk sebuah pemancar adalah 46 meter di dalam ruangan. Sedangkan untuk outdoor adalah 90-92 meter. Untuk ukuran rumah atau apartemen, jarak ini sudah sangat normal. Tinggal pemilihan lokasi yang tepat saja agar sinyal semakin mudah ditangkap.

4. Install Penguat Sinyal di Hp

Jangan ragu untuk mengunduh software atau aplikasi booster. Ini merupakan salah satu cara memperkuat sinyal wifi yang jauh dengan mudah di smartphone. Ada banyak sekali pilihan aplikasi yang bagus tapi cobalah untuk mendownload WiFi Booster & Analyzer.

Fitur-fitur di aplikasi ini bisa membantu meningkatkan kekuatan menangkap sinyal di smartphone. Koneksi menjadi lebih cepat dan lancar tanpa hambatan setelah menekan tombol boost. Namun jika ingin mencoba jenis booster yang lain juga diperbolehkan.

5. Melebarkan Pita Frekuensi di Laptop lewat QoS

Perangkat komputer dengan sistem operasi Windows versi baru (8 ke atas) biasanya sudah dibekali dengan alokasi bandwidth sebesar 80 persen untuk internet. Nah, agar bisa lebih kencang lagi dan kuat menangkap sinyal wifi, pita frekuensi ini bisa dilebarkan lagi.

Melebarkan bandwidth bisa dilakukan dengan mengatur kembali lewat command prompt. Perintah yang digunakan adalah “gpedit.msc”, tanpa tanda petik tentunya. Pengguna akan dibawa ke laman Local Computer Policy. Di sini, carilah Administrative Templates.

Lanjutkan dengan memilih menu QoS Packet Scheduler. Akan ditampilkan opsi Limit Reservable Bandwidth, double klik kemudian pilih Enable dan isi berapa jumlah yang diinginkan. Setelah itu pilih Apply dan proses selesai kemudian lanjutkan dengan merestart laptop. Perhatikan, koneksi akan semakin kuat dan kencang.

6. Hindari Menggunakan Case Hp Berbahan Logam

Masih suka memakai hard case metal untuk smartphone? Sebaiknya lepaskan jika ingin tangkapan sinyal wifi semakin kuat. Pasalnya, frekuensi radio yang digunakan pada jaringan nirkabel akan terganggu oleh benda-benda berbahan logam. Lepaskan casing, kemudian cobalah melakukan speed test dan bandingkan saat case dipasang.

7. Jauhkan Perangkat yang Berpotensi Menghambat Pancaran

Seperti sudah dikatakan di atas bahwa Wifi bekerja menggunakan frekuensi radio, maka sangat mungkin terganggu oleh hadirnya peralatan yang juga memancarkan sinyal. Contoh dari barang yang juga mengirimkan sinyal adalah microwave, sumber listrik, audio equipment, wireless camera, decoder TV satelit, dan peralatan yang menggunakan Bluetooth.

Semakin meningkatnya teknologi nirkabel pada sejumlah peralatan, bisa jadi elektronik yang ada di rumah memancarkan frekuensi yang sama dengan router. Maka dari itu, lambatnya tangkapan sinyal bisa terjadi. Oleh karenanya, jauhkan semua itu dari pemancar wifi. Itu juga alasannya mengapa router hendaknya ditaruh di tempat yang sentral.

Nah, setelah mengetahui tips-tips di atas, segera lakukan pengecekan pada perangkat dan juga benda-benda di rumah. Karena seharusnya jaringan nirkabel memberikan pengalaman berselancar di internet dengan lebih baik. Cara memperkuat sinyal wifi yang jauh bisa diatasi dengan 7 langkah yang tadi diuraikan.

One thought on “Wajib Tahu! Cara Memperkuat Sinyal Wifi yang Jauh

  1. Pingback: Cara Mempercepat WiFi Di Android 100% Work!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *