Pilihan Cara Memperbaiki Wifi Laptop yang Tidak Bisa Connect untuk Pemula

By | April 18, 2021
Cara Memperbaiki Wifi Laptop yang Tidak Bisa Connect untuk Pemula

Gohitzz.com – Sering mengalami masalah, seperti perangkat laptop yang gagal menyambung pada saat digunakan untuk mengakses jaringan cepat wifi? Lalu, merasa kebingungan, tentang apa yang menjadi penyebab utamanya? Belum tahu bagaimana cara memperbaiki wifi laptop yang tidak bisa connect dengan praktis? Rasanya, permasalahan ini begitu umum terjadi  di tengah masyarakat Indonesia.

Terlebih, menggunakan perangkat laptop untuk mengakses jaringan wifi, memang lazim dilakukan oleh masyarakat saat ini. Pasalnya, menggunakan jaringan wifi dinilai efisien untuk menemani berbagai aktivitas, seperti pekerjaan, sekolah, hingga hiburan laiknya streaming video. Tetapi, bagaimana jadinya jika perangkat gagal connect? Adakah cara memperbaiki wifi laptop yang tidak bisa connect tersebut?

Sebaiknya, simak ulasan di bawah dengan seksama, karena berbagai informasinya akan dihadirkan secara runtut dan lengkap di sini. Mulai dari identifikasi berbagai hal yang menjadi indikasi penyebab, hingga cara mengatasi wifi laptop yang tidak bisa connect disuguhkan secara jelas. Jadi, sangat sayang jika berbagai informasi penting ini terlewatkan begitu saja!

Penyebab Wifi Laptop Gagal Connect

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara memperbaiki wifi laptop yang tidak bisa connect secara praktis, seyogyanya jika terlebih dahulu memahami berbagai hal yang menjadi penyebabnya. Tujuannya, agar tindakan perbaikan yang dilakukan pada perangkat laptop, sesuai dengan gejala yang ada padanya. Seperti, di antaranya yang kerap menggagalkan koneksi wifi laptop, antara lain:

1. Salah Pilih Internet Access dan  Kata Sandi

Sepele, namun seringkali dialami oleh pengguna laptop yang gagal melakukan koneksi wifi adalah salah akses atau kata sandi. Khususnya, bila pengguna menggunakan wifi umum di warung dengan banyak pilihan jaringan wifi. Bisa jadi, pada saat tersebut pengguna salah memilih akses atau salah menginput sandi sehingga wifi tidak tersambung.

2. Tanggal Laptop Tidak Akurat

Kemungkinan selanjutnya yang menjadikan wifi laptop gagal untuk dikoneksikan adalah pengaturan tanggal yang tidak sesuai. Usut punya usut, ternyata awal dari masalah ini, seringkali karena pengguna yang malas melakukan update Windows. Akibatnya, tanggal yang muncul pada layar laptop adalah waktu lampau yang tidak tepat, sehingga menjadikan koneksi jaringan wifi mengalami kegagalan.

3. Posisi dan Kuota

Pernahkah mengakses wifi umum di sebuah warung kopi pada saat kondisi ramai? Tentu akan sulit untuk tersambung bukan? Hal tersebut karena jaringan wifi tertentu seringkali dilakukan pembatasan oleh pemiliknya, terutama berkaitan dengan kuota dan kecepatannya. Dampaknya, pengguna perangkat laptop yang berada di lokasi cukup jauh akan lebih berpotensi mengalami kegagalan koneksi.

4. Bug Karena Terlalu Banyak Cache

Cache bisa dikatakan sebagai file sisa yang sebenarnya berguna bagi perangkat laptop ketika digunakan untuk mengakses wifi untuk kali kedua, agar lebih cepat. Akan tetapi jika cache dari wifi ini menumpuk pada laptop juga tidak baik. Terlebih, hal ini bisa memicu terjadinya bug yang menghalangi laptop untuk dapat mengakses sinyal wifi.

5. Kekeliruan Pengaturan Network dan Ketiadaan Driver Ethernet Control

Berikutnya, masalah yang umum terjadi adalah kesalahan pengguna dalam melakukan pengaturan pada network yang dipilih di laptop. Selain itu, juga ada kemungkinan tidak adanya instalasi driver ethernet control yang diperlukan untuk konektivitas wifi. Biasanya, jika kegagalan karena hal ini maka ditandai dengan munculnya peringatan berupa gambar tanda tanya yang berwarna kuning.

BACA JUGA :  Cara Mempercepat WiFi di Android 100% Work!

6. Kerusakan pada Hardware

Apabila pengguna telah melakukan pengecekan indikasi yang disebutkan di atas, namun masih saja gagal koneksi. Maka, ada kemungkinan bahwa kegagalan koneksi wifi laptop tersebut akibat adanya kerusakan pada perangkat hardware. Lazimnya, ditandai dengan warna merah yang muncul pada logo wifi secara terus menerus dan ketidakmampuan laptop untuk melacak  adanya driver.

Rekomendasi Cara Memperbaiki Wifi Laptop yang Tidak Bisa Connect

Pasca mengidentifikasi berbagai macam indikasi yang menjadi sebab gagalnya koneksi wifi pada laptop diatas, maka selanjutnya adalah memahami penangananya. Ada berbagai macam alternatif cara memperbaiki wifi laptop yang tidak bisa connect tersebut. Dimulai dari pengaturan dasar pada perangkat laptop, hingga menggunakan bantuan aplikasi yang disediakan oleh pihak ketiga, sebagai berikut:

1. Pastikan Akses Wifi dan Kata Sandi Akurat

Langkah pertama yang tepat dilakukan untuk mengatasi gagalnya konektivitas wifi laptop adalah memastikan akses dan sandi sesuai. Cermati akses dan masukkan kata sandi secara hati-hati agar wifi dapat tersambung. Selain itu, khusus untuk pengguna voucher wifi, sebaiknya mencermati juga masa aktif akses tertera, serta pastikan masih dalam rentang waktu yang ditentukan.

2. Update Windows atau Ubah Tanggal

Mengupdate windows sebaiknya menjadi prioritas, agar akses wifi tidak terganggu. Pasalnya, kegagalan konektivitas seringkali disebabkan windows tidak diperbarui dan tanggal kurang akurat. Sehingga, untuk memperbaikinya , pengguna perlu memperbarui versi windows atau mengubah settingan tanggal untuk sementara. Tapi ingat! Jika hanya diubah pengaturan tanggalnya saja, saat laptop direstart maka kembali tidak akurat.

3. Cari Posisi Terbaik untuk Akses Wifi

Untuk memperbaiki koneksi wifi, khususnya saat berada di tempat publik layaknya warung, selalu pastikan mencari lokasi yang dekat dengan sumber jaringan. Terutama hal ini karena saat berada di lokasi yang agak berjauhan, maka sinyal wifi yang didapatkan oleh laptop akan melemah. Hingga membuat kemungkinan gagalnya akses wifi pada laptop semakin besar.

4. Bersihkan Cache secara Rutin

Selanjutnya, yang perlu dilakukan untuk mengatasi kendala konektivitas wifi adalah melakukan penghapusan file cache yang tidak diperlukan. Ini bisa dijalankan dengan cara mengikuti perintah, sebagai berikut:

  • Masuk ke menu Setting;
  • Cari dan pilih opsi Network dan Internet;
  • Lalu klik pada pilihan Manage Wifi Settings;
  • Tinggal pilih nama wifi yang ingin dihapus dari perangkat laptop;
  • Kemudian tekan perintah Forget; dan
  • Ulangi untuk nama wifi lain yang ingin dibersihkan.

5. Setting Ulang Network 

Mengatur ulang network laptop pada dasarnya dapat dilakukan dengan mudah secara mandiri oleh pengguna tanpa harus ke service center. Cara ini dapat ditempuh dengan mengikuti langkah sebagai berikut:

  • Klik Start menu lalu cari dan pilih opsi Control Panel;
  • Lalu tekan pilihan Network dan Internet, kemudian klik opsi Network dan Sharing Center;
  • Setelahnya pilih Change Adapter Setting;
  • Lanjut cari wireless koneksinya, kemudian klik kanan dan pilih opsi Properties;
  • Dobel klik pada IP version 4 yang muncul di layar;
  • Tandai opsi Obtain an IP A. Automatically;
  • Kemudian tandai pula Obtain DNS Server A. Automatically;
  • Tekan ok pada perintah yang tersedia; dan
  • Coba sambungkan wifi laptop seperti biasa.

Namun, ketika semua cara di atas sudah dilakukan dengan benar, tetapi wifi laptop masih mengalami kegagalan, mengindikasikan adanya kerusakan perangkat keras. Sebaiknya, segera lakukan penggantian komponen hardware dengan membawa laptop ke tempat servis terdekat. Terlebih, karena penggantian ini memerlukan pengecekan lebih lanjut, sehingga lebih optimal jika diserahkan pada tenaga ahlinya.

Demikianlah uraian mengenai cara memperbaiki wifi laptop yang  tidak bisa connect khusus untuk pemula ini. Semoga berbagai macam informasi mengenai sebab dan cara mengatasi permasalahannya di atas dapat memberikan banyak manfaat.

One thought on “Pilihan Cara Memperbaiki Wifi Laptop yang Tidak Bisa Connect untuk Pemula

  1. Pingback: Cara Memperkuat Sinyal Wifi yang Jauh, 7 Wajib Tahu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *