Inilah Perbedaan Samsung A11 dan M11 yang Harus Diketahui!

By | April 10, 2021
Perbedaan Samsung A11 dan M11

Gohitzz.com – Handphone merupakan teknologi yang berkembang pesat. Banyak pabrik-pabrik handphone melakukan perilisan seri ponsel baru di tiap tahunnya. Begitu pula Samsung, pabrik handphone yang terkenal seantero dunia. Pabrik ini merilis seri handphone terbaru, yakni Samsung A11 dan M11. Walau dirilis di tahun yang sama, ternyata ada perbedaan samsung A11 dan M11 ini.

Walau keduanya memiliki harga ramah di kantong ternyata ada beberapa perbedaan Samsung seri A11 dan M11 yang bisa dijadikan pertimbangan. Sebelum membeli salah satunya, perlu sekali untuk mengetahui perbedaan keduanya agar tahu yang lebih baik. Apakah unggul Samsung seri A11 ataukah M11?

Apa perbedaan Samsung A11 dan M11?

Serupa, namun tak sama! Itulah ungkapan yang tepat untuk kedua seri ponsel layaknya kembar ini. Walau layaknya kembar, dirilis oleh pabrik yang sama dan pada tahun yang sama. Namun, ternyata  ada perbedaan Samsung A11 dan M11 yang wajib diketahui. Perbedaan inilah yang membuat serinya menjadi berbeda.

Pembeli bingung ingin Samsung Galaxy seri A11 atau M11? Jangan keburu bingung dulu. Untuk pembeli yang berminat memiliki salah satu seri dari A11 atau M11 perlu mengetahui beberapa perbedaan keduanya. Nah, perbedaan Samsung seri A11 dan M11 ini yang akan membantu pembeli jadi bijak memilih antara keduanya. Apa saja perbedaannya?

1. Berat Serta Dimensi

Berat serat dimensi merupakan perbedaan Samsung A11 dan M11 yang pertama. Dari segi spesifikasi dan desain, memang kedua seri ini tampak sama. Akan tetapi Samsung seri A 11 Dan M11 memiliki ketidaksamaan pada berat serta dimensinya. Samsung seri A11 mempunyai berat 177 g dan M11 sekitar 197 g.

Dimensi kedua seri ini juga mirip banget. Dimana Samsung A11 mempunyai dimensi yang mencakup panjang, lebar, tinggi sebesar 16,14 x 7,63 x 0,8 cm. Sedangkan seri M11 tampil lebih tebal 16,14 x 7,63 x 0,9 cm. Dari dimensi tersebut dapat disimpulkan bahwa Samsung seri M11 lebih tebal dibanding A11.

2. Warna yang Tersedia

Memiliki banyak variasi warna menjadi daya tarik tersendiri bagi pembeli. Tak terkecuali pada Samsung Galaxy seri A11 dan M11 ini. Namun tetap masih ada perbedaan Samsung A11 dan M11 pada variasi dan warna yang tersedia. Samsung seri A 11 telah dirilis dengan 2 variasi warna yaitu Black and White.

Bagi pembeli yang menyukai warna monokrom tentu Samsung Galaxy seri A11 ini cocok. Akan tetapi, pembeli yang kurang suka warna monokrom, pasti menganggap warna ini monoton dan membosankan. Pembeli yang tidak suka warna monokrom dapat beralih membeli Samsung seri M11, karena warna yang tersedia lebih beragam.

3. Baterai

Inilah perbedaan Samsung A11 dan M11 yang berikutnya. Perbedaan ini teramat penting serta wajib pembeli ketahui. Untuk Samsung seri A11 mempunyai daya tampung 4000 mAh. Dengan daya tampung baterai sebanyak itu, telah memadai untuk dipakai selama seharian. Serta menemani pengguna memainkan game selama seharian pastinya cukup.

Jika ingin membeli ponsel dengan kapasitas sedikit lebih, M11 mempunyai kelebihan itu. Samsung seri M11 mempunyai daya tampung baterai lebih dari A11 yaitu 5000 mAh. Perbedaan daya tampung baterai keduanya hanyalah 1000 mAh. Pengisian baterainya pun tidak bisa cepat seperti kilat karena hanya mampu menggunakan daya maksimum 15 Watt.

4. Tekstur

Tekstur atau permukaan dari bagian belakang ponsel juga menjadi perbedaan Samsung A11 dan M11 ini. Dimana Samsung seri A11 mempunyai permukaan bagian belakang yang lebih berkilau, membuatnya menjadi lebih licin. Namun juga membuat seri A11 memiliki kesan lebih mewah dan elegan.

BACA JUGA :  Intip Kelebihan Dan Kekurangan Samsung A71, Ponsel Kekinian yang Tangguh!

Sedangkan untuk Samsung seri M11 memiliki permukaan bagian belakang yang terlihat matte dan membuatnya tidak tampak berkilap. Dengan demikian, kesan yang ditampilkan M11 ini tampak casual dan tajam. Tekstur handphone ini bisa pembeli sesuaikan dengan selera masing-masing lebih menyukai permukaan bagian belakang seperti apa.

5. Performa

Performa merupakan perbedaan Samsung A11 dan M11 yang terakhir. Dimana performa merupakan bagian utama dan juga penting dari sebuah handphone. Ternyata keduanya mempunyai CPU Octa Core 1.8 GHz dengan performa sama. Untuk detailnya, Samsung A11 tidak mempunyai prosesor snapdragon dan sebaliknya M11 menggunakan prosesor tersebut.

Untuk GPS keduanya juga berbeda. Samsung A11 hanya dengan A-GPS saja, sedangkan untuk M11 lebih lengkap dengan A-GPS, Glonass, Galileo, dan BDS. Tipe USB yang hadir pada keduanya juga ternyata amat berbeda. Untuk A11 tampil dengan micro USB 2.0, sedangkan M11 hadir dengan micro USB 2.0, type-C 1.0 reversible connector.

6. Kualitas Gambar

Kamera menjadi perbedaan Samsung seri A11 dan M11 yang berikutnya. Pembeli dapat mempertimbangkan ingin memiliki handphone berkamera yang seperti apa. Namun jelas kedua handphone ini mempunyai kamera utama yang bersih juga jernih. Sekaligus keduanya tampil dengan 3 lensa belakang serta mempunyai resolusi kamera yang sama.

Resolusi kamera keduanya adalah 13 MP, lensa sebesar 5 MP ultrawide, dan 2 MP depth. Walaupun resolusi kamera keduanya sama, tapi kualitas dari gambar yang dihasilkan ternyata berbeda, lho. Dimana Samsung A11 mempunyai potret gambar yang lebih kaya akan warna dibandingkan M11. Jika pembeli menyukai fotografi, pertimbangkanlah bagian kameranya.

Spesifikasi dari Samsung A11 dan M11

Untuk perbedaan Samsung A11 dan M11 sudah dijelaskan sebagaimana di atas. Untuk pemilihan antara Samsung seri A11 atau M11 bisa pembeli pertimbangkan sesuai dengan kebutuhan atau selera pembeli. Keduanya juga memiliki banyak spesifikasi yang sama serta tahun rilisnya pun sama. Sehingga tidak ada beda yang begitu signifikan di antara keduanya.

Spesifikasi Samsung A11 mempunyai display TFT 6.4 inchi. Intern memory 32 GB serta external microSDXC 512 GB. RAM sebesar 2GB, 3GB dilengkapi daya tampung 4000 mAh dan CPU menggunakan Octa Core-1.8 GHz Cortex-A53. Kamera bagian depan sebesar 8 Megapixel juga belakang beresolusi 13 Megapixel, ultrawide 5 Megapixel, depth 2 Megapixel.

Spesifikasi Samsung M11 displaynya PLS TFT, 6.4 inchi dan chip Snapdragon 450. Internal memory 32GB/64GB, dan external microSDXC. RAM sebesar 3GB/4GB dilengkapi baterai tanam 5000mAh serta CPU menggunakan Octa Core 1.8 GHz Cortex-A53. Kamera bagian depan sebesar 8 Megapixel, dan belakang beresolusi 13 Megapixel, ultrawide 5 Megapixel, depth 2 Megapixel.

Dari spesifikasi masing-masing A11 dan M11 tidak tampak perbedaan yang menonjol. Akan tetapi, perbedaan terbesarnya tampak pada chipset sekaligus baterai HPnya. Apakah pengguna menginginkan prosesor tangguh sekaligus baterai awet dan tahan lama? Pengguna dapat mempertimbangkan dan membandingkan keduanya.

Itulah perbedaan Samsung A11 dan M11 yang harus pembeli tahu sebelum membeli salah satunya. Keduanya memang serupa, namun tak sama. Mulai dari segi berat, dimensi, variasi warna, baterai, tekstur, performa, dan kualitas gambar yang dihasilkan. Harga untuk keduanya juga teramat ramah di kantong, hanya berkisar 2 jutaan saja.

Bagaimana? Apakah pembeli sudah memutuskan untuk membeli Samsung seri A11 atau M11? Jangan lupa, sebelum membeli sesuaikan dengan kebutuhan sekaligus selera pembeli. Dijamin pembeli tidak akan menyesal setelah membeli salah satu di antara keduanya. Karena memang keduanya sangat mirip dan spesifikasinya dapat dibilang sama.

Leave a Reply