Cara Install Ulang Laptop Windows 10 yang Penting untuk Diketahui

By | April 18, 2021
Maka dari itu memerlukan cara install ulang laptop windows 10. Tidak hanya itu, laptop untuk OS window 7 dan 8 pun diperlukan

Gohitzz.com – Berbagai jenis laptop saat ini didukung dengan OS Windows 10, hanya saja sering terjadi downgrade. Maka dari itu memerlukan cara install ulang laptop windows 10. Tidak hanya itu, laptop untuk OS window 7 dan 8 pun diperlukan upgrade ke versi windows terbaru. Dengan demikian diperlukan instalasi ulang.

OS Windows 10 dari segi tampilan, gabungan untuk OS versi 7 dan 8. Dengan demikian, tidak cukup sulit bagi banyak orang untuk menjalankan program OS versi terbaru ini. Maka dari itu, segera lakukan instalasi ulang untuk OS versi lama ke OS versi terbaru.

 Cara Install Ulang Laptop Windows 10 dengan DVD

Meskipun tergolong modern, namun windows 10 ini seringkali meminta penggunanya untuk melakukan upgrade. Hal ini terkadang membuat tidak nyaman bagi penggunanya, tetapi tetap harus dilakukan. Dengan demikian harus mengetahui cara install ulang laptop windows 10 dengan menggunakan DVD. Cara ini dilakukan untuk pengguna

Pastikan laptop telah setting BIOS dulu hingga selesai. Selanjutnya adalah tampilan layar akan blank. Dalam waktu kurang lebih 6 menit menampilkan dialog box pada layar untuk menekan tombol keyboard secara sembarang, hal ini dimaksudkan sebagai proses booting dari CD ke DVD. Selama beberapa saat, proses booting akan berlangsung.

Pastikan tidak menekan tombol saat proses berlangsung agar tidak mengulang lagi dari awal atau proses booting tidak akan berjalan sempurna. Dengan demikian proses install pun akan gagal dilakukan. Lama waktu proses booting tersebut tergantung pada RAM dan ROM di laptop atau bisa lebih cepat jika RAM nya besar.

Proses install ulang belum selesai sampai disitu, karena ketika CD telah di booting, selanjutnya adalah akan ada tampilan dialog box, untuk meminta pemilihan bahasa yang akan digunakan. Maka pilihlah bahasa Inggris, lalu tekan next. Selanjutnya akan berlangsung install ulang pada tampilan layar. Sebelumnya pilihlah ‘i accept the license term’.

Prosedur yang benar untuk melakukan install ulang adalah menggunakan CD. Terlebih untuk kategori install pertama kali. Pasalnya dengan penggunaan CD merupakan prosedur yang dibenarkan untuk mendapatkan lisensi resmi penggunaan Windows 10. Pengguna cukup mengakses lisensi resmi dari software yang terdapat pada CD tersebut.

Cara Install Ulang Laptop Window 10 Tanpa DVD

Pada dasarnya cara install ulang laptop windows tidak memerlukan DVD, apabila sebelumnya laptop tersebut telah terinstall windows 10. Ada fitur update tinggal di klik untuk memperbarui OS ini. Namun bila sebelumnya OS yang digunakan adalah Windows 7 dan 8, memerlukan tambahan DVD. Sebelumnya CD berisi software Windows 10, akan di convert ke DVD.

Fitur windows 10 ini cukup modern untuk melakukan install ulang. Salah satunya adalah fitur reset dan refresh. Kedua fitur tersebut bisa digunakan sebagai cara install ulang laptop windows tanpa DVD. Meskipun sama- sama bisa digunakan untuk instalasi ulang pada windows 10, namun keduanya  terdapat perbedaan hasil akhir proses install ulang.

Pada refresh fitur di windows 1o ini, tidak akan menghapus data pribadi dan fitur modern. Berbeda dengan fitur reset, akan membuat laptop layaknya baru. Semua data akan hilang, termasuk aplikasi yang diunduh dan file pekerjaan pun akan terhapus. Namun keunggulan dari fitur ini bisa mengembalikan memori laptop seperti semula.

Maka sebaiknya pilih fitur reset atau refresh apabila ingin install ulang windows 10 tanpa DVD? Jawabannya tergantung pada kondisi laptop. Jika terdapat masalah kecil di laptop, sebaiknya memilih fitur refresh. Namun bila masalah tersebut tetap muncul setelah di refresh, sebaiknya memilih fitur reset. Dengan demikian laptop akan kosong seperti baru.

BACA JUGA :  Cara Mengatasi Laptop yang Lemot Tanpa Bantuan

Window 19 ini memiliki fitur yang modern. Bahkan tanpa harus menggunakan flashdisk atau CD pun, proses install ulang tersebut bisa dilakukan. Namun sebelumnya pastikan dulu seberapa besar masalah yang terdapat di dalam laptop tersebut agar bisa memilih fitur yang tepat untuk melakukan install ulang.di laptop.

Cara Install Ulang Laptop Windows 10 dengan Flashdisk

Di samping cara yang telah dijelaskan sebelumnya, ada cara install ulang laptop windows dengan menggunakan flashdisk. Penggunaan flashdisk dimaksudkan untuk menyimpan software mentahan OS windows 10. Software tersebut, biasanya tersimpan dalam bentuk CD. Hanya untuk kasus laptop yang tidak memiliki CD room, bisa menggunakan flashdisk.

Penggunaan flashdisk lebih kompatibel karena bisa digunakan untuk semua jenis laptop. Baik netbook, notebook didukung dengan penggunaan flashdisk ini. Cara instalasinya hampir sama dengan CD, hanya saja memerlukan bootable terlebih dahulu pada flashdisk. Pastikan kapasitas flashdisk tersebut besar, yaitu sekitar 8GB.

Di samping melakukan bootable pada flashdisk, laptop pun harus terlebih dahulu terinstall rufus compatible agar mudah untuk proses instalasi, dan aplikasi windows 10. Setelah kedua aplikasi tersebut siap, selanjutnya adalah pemasangan flashdisk yang telah disiapkan sebelumnya dan melakukan double klik pada rufus. Selanjutnya akan muncul dialog box.

Dialog box tersebut meminta jawaban atas perangkat yang digunakan. Apabila menggunakan flashdisk maka isi kolom tersebut dengan flashdisk lalu klik tombol next. Langkah terakhir adalah membuat settingan pada pengaturan dasar. Terdapat 2 pilihan, yaitu customize dan use express setting. Pilih sesuai dengan kebutuhan

Memilih untuk menggunakan flashdisk banyak dipilih pemilik laptop yang tidak memiliki CD Room. Seperti pada netbook. Meskipun tidak memiliki CD room, namun laptop memiliki plug in untuk flashdisk. Maka dari itu banyak pemilik laptop menggunakan flashdisk untuk menyimpan software pada window 10. Namun pastikan flashdisk tersebut memiliki kapasitas besar.

Cara Install Ulang Laptop Windows 10 Tanpa Harus Hapus Data

Terkadang orang tidak mau install ulang karena data di laptop akan terhapus, terlebih bila terdapat file-file penting. Dengan demikian, harus tahu cara install ulang laptop windows tanpa harus menghapus data di laptop. Hal pertama harus dilakukan adalah memiliki CD atau flashdisk berisi software windows 10. Lalu lanjutkan dengan booting bios.

Sebelum melakukan instalasi windows 10, sebaiknya melakukan back up data disimpan pada hard disk. Dengan demikian data tidak terhapus. Cara lain agar data tidak terhapus adalah memilih partisi C:, lalu klik delete. Lanjutkan dengan memilih partisi lain.

Apabila penghapusan partisi C: telah selesai dilakukan, selanjutnya adalah membuat reserved partition. Menghapus partisi C:supaya laptop memiliki penyimpanan lebih besar. Selanjutnya akan muncul dialog box, berisi beberapa pilihan partisi yang akan dibuat. Pilih drive untuk 0 dan partisi dengan angka 2. Lanjutkan dengan memilih tombol OK.

Proses instalasi sedang berjalan selama 30 menit. Selama proses instalasi berjalan, jangan menekan tombol apapun  di keyboard karena akan dimulai dari awal lagi. Termasuk bila menggunakan flashdisk, dilarang untuk mencabut flashdisk saat proses instalasi. Pasalnya bila hal itu dilakukan, proses install tidak berjalan sempurna.

Apabila proses tersebut selesai, laptop mati otomatis dan me restart sendiri. Pertanda bahwa install selesai dilakukan. Namun, bila Setelah restart dan muncul layar hitam, sebaiknya tidak menekan tombol apapun. Selanjutnya akan muncul dialog box untuk pengaturan dasar. Misalnya: bahasa yang digunakan, waktu yang diatur serta tampilan keyboard.

Kini instalasi di laptop untuk OS windows 10 bisa dilakukan dengan mudah, setelah mengetahui cara-cara yang telah dijelaskan sebelumnya. Pastikan untuk tidak membaca informasi setengahnya saja. Pasalnya, untuk instalasi windows 10 pada laptop memerlukan informasi yang utuh agar tidak tersendat di tengah jalan. Maka dari itu, sebaiknya mengetahui cara install ulang laptop windows 10.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *