Cara Mengatasi HP Tidak Bisa di Cas Batre Tanam Serta Tips Menjaganya!

By | April 9, 2021
Cara Mengatasi HP Tidak Bisa di Cas Batre Tanam

Gohitzz.com – Batre pada HP terbagi menjadi dua, yaitu batre tanam dan batre lepas. Batre tanam punya kelebihan lebih tahan lama sedangkan batre lepas mudah diganti jika rusak. Kekurangan batre tanam terkadang tidak bisa di charge, tetapi ada cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam ini.

Handphone menjadi kebutuhan primer sekarang. Banyak dicari HP dengan keadaannya tidak gampang lowbat. Batre yang punya kelebihan seperti itu adalah batre tanam. Masalah  yang sering terjadi pada pengguna batre tanam adalah terkadang tidak bisa di charge. Namun, ada beberapa cara yang dapat dicoba untuk memperbaiki batre non-removable tersebut.

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa di Cas Batre Tanam

Batre tanam punya kemampuan tidak gampang lowbat, desainnya trendy membuatnya banyak disukai sebagian orang. Namun, bukan berarti batre ini tidak memiliki masalah. Masalah yang terjadi pada batre tanam ini adalah terkadang tidak bisa di cas. Akan tetapi tenang, ada cara mengatasi HP tidak bisa di cas tersebut.

Nah, cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam cukup mudah dan bisa pengguna lakukan sendiri. Cara-cara yang akan dilakukan berikut adalah langkah awal untuk memperbaiki HP tidak bisa di charge batre tanam. Daripada langsung menggantinya dengan perbaikan tidak murah, lebih baik ikuti langkah demi langkah di bawah ini:

1. Ganti Adapter dengan Arus Listrik Lebih Tinggi

Gantilah adapter dengan arus listrik lebih tinggi merupakan cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam pertama. Langkah ini bisa dilakukan karena adapter dengan arus listrik lebih tinggi biasanya memiliki support fast charging. Dengan begitu, pengguna bisa langsung mencobanya pada HP batre tanam yang tidak bisa di cas sebelumnya.

Jika langkah tersebut telah dilakukan, namun HP tetap tidak bisa di charge atau cas pengguna bisa mengecek adapter yang digunakan. Apabila adapter baik-baik saja, pengguna bisa memeriksa USB yang digunakan. Setelah semuanya dilakukan namun tidak ada kemajuan, pengguna dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Gunakan Aplikasi Pengkalibrasi Batre HP

Ini merupakan cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam selanjutnya. Penggunaan aplikasi pengkalibrasi batre HP digunakan saat daya HP mulai tidak stabil. Contohnya saat sedang atau tidak di cas. Aplikasi pengkalibrasi ini ada banyak di playstore maupun appstore serta dapat diunduh secara gratis.

Jika menggunakan langkah ini tidak berhasil, pengguna bisa mengkalibrasi batre HP secara manual. Cara melakukan pengkalibrasian HP secara manual adalah gunakan batre HP yang tersisa hingga habis. Kemudian jangan hidupkan HP selama 15 menit dan charger hingga penuh. Jika bisa, selamat! Namun, jika belum lanjutkan ke langkah berikutnya.

3. Atur Micro SD dan Lepas SIM Card

Ruang penyimpanan yang terlalu penuh dapat menyebabkan HP lemot dan tidak dapat melakukan tugasnya bahkan hang. Itu bisa berdampak pada sistem maupun hal lainnya seperti batre HP sehingga bermasalah saat di cas.

Oleh karenanya, pengguna dapat melepas SIM card atau mengatur micro SD kemudian jangan gunakan HP selama beberapa menit. Setelahnya, pengguna bisa langsung ngecas HP seperti biasanya. Jika tidak berhasil, lanjutkan ke langkah berikutnya.

4. Copot Pemasangan Aplikasi Penguras Batre

Memantau aplikasi-aplikasi yang sering digunakan juga baik untuk kesehatan batre. Dengan begitu, pengguna bisa tahu aplikasi apa saja yang tidak berjalan dengan normal. Sekaligus tahu aplikasi apa saja yang menyedot batre terlalu berlebihan. Bagaimana caranya? Buka pengaturan dan masuk ke bagian batre HP dan sistem.

BACA JUGA :  Inilah Aplikasi Untuk Membuat Subtitle Video Di Android

Jika sudah tahu dan menandai aplikasi tersebut maka lakukanlah uninstall. Dengan melakukan uninstall terhadap aplikasi tersebut, maka boleh jadi batre HP terselamatkan. RAM dan ROM jadi makin luas dan sekaligus dapat mengatur ruang penyimpanan HP tersebut.

5. Membawa HP ke Jasa Service

Membawa ke jasa service merupakah cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam jika langkah sebelumnya tidak berhasil. Jasa service dapat memperbaiki dan mendiagnosa bagian HP mana yang rusak, termasuk batre tanamnya. Pelayanan jasa ini juga tentunya lebih handal dan berpengalaman.

Ada baiknya jika pengguna melakukan perbaikan batre HP dengan menggunakan jasa resmi. Selain terpercaya mereka juga beroperasi secara resmi dan tidak perlu diragukan lagi keterampilannya. Jangan titipkan HP pada jasa service abal-abal yang belum tentu terjamin kepercayaan dan garansinya.

6. Beli HP Baru

Ini merupakan cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam yang terakhir. Dengan mengganti yang baru maka semua permasalahan pada HP sebelumnya akan teratasi. Pengguna juga dapat memiliki Hp dengan spesifikasi yang lebih bagus dari sebelumnya.

Namun, untuk melakukan pergantian HP menjadi yang baru ini pengguna haruslah memiliki dana yang sesuai. Atau pengguna dapat menjual Hp sebelumnya untuk mendapatkan yang baru. Pengguna juga bisa membeli HP second namun dengan spesifikasi lebih dari sebelumnya.

Tips Menjaga Batre Tanam Agar Tidak Gampang Rusak

Setelah mengetahui cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam, pemakai juga harus tahu bagaimana menjaganya. Walau batre tanam jika tidak dijaga baik tetap akan rusak. Karenanya, menjaga kestabilan siklus dan kesehatan dari batre tanam sangatlah penting. Lalu apa yang perlu dilakukan agar batre tanam awet dan tidak rusak?

  • Pakai charger ori: Apakah charger yang pengguna pakai merupakan ori milik si HP ataukah tidak. Jika tidak, pengguna harus menggantinya dengan yang ori dan sesuai.
  • Jangan pakai hp bersuhu panas: Saat menggunakan HP dengan suhu yang panas batre HP akan memuai. Inilah penyebab kerusakan pada batre.
  • Hindari overcharge: Jika batre HP pengguna sudah full atau penuh langsung cabut dari daya pengisinya. Ini dapat menyebabkan batre tanam menggembung bahkan beberapa meledak. Jadi, hati-hati ya.
  • Nonaktifkan ponsel ketika pengisian ulang: Jangan pakai HP apalagi untuk bermain game atau hal lainnya ketika dalam keadaan mengecas. Ini akan mengakibatkan batre HP panas dan mengalami gangguan.
  • Gunakan HP ketika pengisian sudah full: Ada baiknya jika menggunakan HP ketika dayanya sudah full atau minimal 80%.¬† Dengan begitu siklus dari batre HP tidak akan terganggu.
  • Gunakan aplikasi penjaga kesehatan baterai: Ini akan membantu menjaga siklus sekaligus kesehatan batre HP pengguna. Aplikasi sejenis ini banyak tersedia dan dapat diunduh gratis.

Itulah cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam serta tips menjaganya agar tidak mudah rusak. Cara mengatasi tersebut dapat dipakai dan dicoba sebelum membawanya ke jasa service. Dijamin cara di atas aman untuk dilakukan dan tidak menambah masalah pada batrenya. Serta gratis, kecuali membawanya ke jasa service.

Selain itu, ada tips yang harus dilakukan untuk menjaga batre HP agar tetap awet. Penggunaan dan pengisian daya secara berkala sangat penting diperhatikan. Penggunaan jika suhu HP meningkat juga sangat tidak disarankan. Terutama overcharge dan penggunaan HP saat mengecas sangat disarankan.

Leave a Reply