Penyebab dan Cara Membuka Kunci iPhone Jika Lupa Password Terampuh

By | April 9, 2021
Cara Membuka Kunci iPhone Jika Lupa Password

Menggunakan fitur keamanan berupa password atau kata sandi pada perangkat gadget layaknya iPhone sering dilakukan oleh banyak orang, guna melindungi privasi. Namun, sayangnya tidak jarang muncul berbagai masalah dari fitur keamanan ini, seperti lupa password. Oleh sebab itulah penting kiranya memahami cara membuka kunci iPhone jika lupa password sebagai langkah antisipasi. 

Masalah ini memang sepele, tetapi sering dialami oleh pengguna gadget buatan Apple ini. Hingga membuat pengguna tersebut melontarkan pertanyaan  di dunia maya seperti: bagaimanakah cara membuka kunci iPhone jika lupa password?, apa yang harus dilakukan agar data-data yang terdapat pada iPhone tetap selamat?, serta berbagai bentuk pertanyaan serupa yang lainnya. 

Berdasarkan hal tersebutlah, maka ulasan kali ini, sengaja membahas mengenai berbagai  alternatif cara membuka kunci iPhone jika lupa password yang bisa dilakukan. Selain itu, juga akan dijelaskan mengenai berbagai macam penyebab yang ditengarai menjadi akar dari masalah ini. Jadi, karena sedemikian pentingnya informasi berikut, maka sayang jika dilewatkan begitu saja!

Penyebab Lupa Password iPhone

Memahami berbagai macam penyebab yang seringkali menjadikan orang lupa pada password iPhonenya sendiri, penting untuk dilakukan. Hal ini bisa dijadikan sebagai langkah efektif untuk menghindari agar kejadian yang sangat mengesalkan satu ini, tidak pernah dialami. Terutama, untuk hal-hal sepele yang dapat menjadikan orang mudah untuk lupa password iPhone berikut ini:

1. Memilih Password Terlalu Rumit

Terkadang, seseorang perlu melakukan proteksi yang maksimal pada perangkat iPhone miliknya, agar data di dalamnya aman. Salah satu caranya dengan memilih password yang rumit dan susah dipecahkan orang lain. Memang terbilang efektif, tapi juga beresiko jika tiba-tiba lupa pada password tersebut.

2. Pengguna Sedang Banyak Pikiran

Kehidupan sebagai manusia modern, seringkali membuat orang bersinggungan dengan beragam pekerjaan dan rutinitas yang semakin kompleks. Secara tidak langsung, hal semacam ini terkadang membuat seseorang memiliki banyak beban pikiran atau stress. Ketika stress ini terjadi, dampaknya pun bisa bermacam-macam, layaknya menjadi lupa akan banyak hal, termasuk hal remeh semisal password iPhone.

3. Sering Melakukan Penggantian Password

Barangkali benar, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, seperti halnya terlalu protektif dan sering melakukan penggantian password iPhone yang dipunyai. Memang, dengan berbagai latar belakang, kadang orang perlu untuk melakukan penggantian password pada gadgetnya. Namun, jika terlalu sering dilakukan, hal ini cukup fatal dan bisa berakibat lupa pada password terbaru misalnya.

4. Memasukkan Password Saat Kondisi Panik

Saat sedang dalam kondisi panik, bisa saja orang  menjadi terburu-buru dan kurang konsentrasi, sehingga melakukan kesalahan secara tidak sengaja. Misalnya saja tiba-tiba menjadi lupa password perangkat iPhonenya sendiri. Padahal, jika kesalahan memasukan password ini terulang hingga 6 kali, secara otomatis gadget dinonaktifkan dan terkunci.

5. Kesalahan Teknis

Berbagai kesalahan teknis terkait ponsel juga bisa berakibat fatal pada terkuncinya iPhone karena lupa password. Misalkan saja seperti adanya gangguan pada layar sentuh yang mengakibatkan ponsel memasukkan sandi yang salah. Bila ini diteruskan, tanpa disadari, ponsel akan terkunci otomatis sesaat setelah percobaan memasukan password keenam dilakukan dan masih tetap gagal.

Cara Membuka Kunci iPhone Jika Lupa Password

Memang, kejadian lupanya password pada iPhone bisa terjadi pada siapapun tanpa terkecuali, karena berbagai macam alasan tidak terduga. Bila ini terjadi, sebaiknya jangan dulu panik dan tetap menjaga diri untuk selalu berpikiran jernih. Pasalnya, sekarang ada berbagai alternatif cara membuka kunci iPhone jika lupa password yang dapat dilakukan, seperti berikut ini:

1. Menggunakan Layanan Forgot Password

Layanan Forgot Password ini merupakan fasilitas yang sengaja disediakan oleh vendor Apple jika suatu saat terjadi masalah pada iPhone. Menu ini akan muncul ketika telah salah dalam memasukkan password sekurangnya enam kali. Untuk menggunakannya, dapat dilakukan dengan langkah seperti berikut:

  • Pakai perangkat lain untuk mengakses laman berikut http://iforgot.apple.com;
  • Selanjutnya, akan diminta untuk memasukan Apple ID sesuai dengan iPhone yang dipunyai, lalu klik lanjutkan;
  • Akan diminta melakukan verifikasi dengan dua pilihan, melalui email atau pertanyaan keamanan saat akun dulu dibuat;
  • Lakukan verifikasi email atau jawab pertanyaan yang diberikan dengan akurat; dan
  • Bila berhasil, pengguna bisa membuat password baru untuk membuka iPhonenya.

2. Melalui Layanan iCloud

Jenis layanan kedua yang bisa dipakai sebagai cara membuka kunci iPhone jika lupa password adalah iCloud. Pada dasarnya layanan ini cukup mudah untuk digunakan, dengan langkah kerja sebagai berikut:

  • Gunakan perangkat lain baik komputer maupun ponsel lain untuk mengakses laman http://www.icloud.com/find;
  • Kemudian pengguna akan diminta untuk masuk pada akun Apple ID yang terdapat pada iPhone;
  • Setelah berhasil masuk, cari dan klik pilihan semua perangkat pada bagian atas jendela iCloud;
  • Cari dan pilih perangkat iPhone yang terkunci dan lupa kata sandinya;
  • Pilih menu hapus perangkat beserta passwordnya;
  • Ketika proses penghapusan selesai, buat dan verifikasi password baru; dan
  • Terakhir, gunakan password yang baru dibuat untuk membuka kunci iPhone.

3. Memakai Akses iTunes

Akses iTunes ini bisa digunakan sebagai cara membuka kunci iPhone jika lupa password yang cukup ampuh. Syaratnya, harus ada perangkat komputer yang pernah diselaraskan atau dihubungkan dengan iPhone. Jika syarat ini terpenuhi, maka dapat dilakukan langkah seperti berikut:

  • Pergunakan perangkat yang pernah diselaraskan baik komputer maupun laptop;
  • Buka layanan iTunes lalu tunggu beberapa saat;
  • Cari menu pemulihan perangkat pada layar;
  • Pilih menu pulihkan dari cadangan iTunes yang muncul;
  • Lalu cari perangkat iPhone yang terkunci berdasarkan catatan tanggal dan ukuran cadangan yang paling cocok;
  • Jika sudah berhasil, lakukan pembaruan password iPhone; dan
  • Coba gunakan password untuk membuka perangkat iPhone yang terkunci.

4. Mengakses Layanan Touch ID

Ini merupakan terobosan layanan terbaru Apple yang bisa dimanfaatkan khusus ketika aksesibilitas rest finger to open di iPhone aktif. Caranya, dapat mengikuti urutan langkah berikut:

  • Tekan dan tahan tombol lock yang bertempat di bagian atas iPhone;
  • Tempatkan jari di atas tombol home;
  • Secara otomatis iPhone akan melakukan pemindaian, jika berhasil maka akan diperintah untuk menekan home; dan
  • iPhone yang terkunci segera terbuka.

5. Menjalankan Fitur Recovery Mode

Rekomendasi terakhir ini, meski terbilang rumit namun cukup ampuh untuk dilakukan. Metode ini dapat digunakan dengan menempuh cara sebagai berikut:

  • Sambungkan iPhone dengan iTunes menggunakan perangkat yang pernah diselaraskan seperti cara ketiga;
  • Lakukan restart paksa dengan cara menahan tombol home dan power bersama-sama;
  • Masuk pada Recovery Mode;
  • Ketika menu restore muncul pada iTunes, maka tinggal dipilih; dan
  • Saatnya menunggu proses selesai hingga iPhone dapat terbuka kuncinya.

Memang, dengan semakin kompleksnya kegiatan yang dilakukan oleh manusia modern dewasa ini, kejadian tidak mengenakan seperti lupa password mudah terjadi. Tapi setidaknya, setelah memahami berbagai cara membuka kunci jika iPhone di atas , pengguna tidak perlu panik. Karena dapat melakukan upaya penyelamatan cepat secara mandiri dengan berbagai alternatif cara yang  telah disebutkan. 

Terakhir, sebagai tambahan, tidak bosan-bosan untuk selalu mengingatkan, agar tetaplah berhati-hati dalam beraktivitas,  termasuk hal sederhana mengingat password sendiri. Ada baiknya, selalu gunakan password unik dan memiliki kesan sehingga meminimalisir terjadinya kelupaan! Demikian, semoga ulasan tentang cara membuka kunci jika iPhone lupa password di atas dapat memberi manfaat! 

 

 

BACA JUGA :  Review Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S7 Edge Terupdate

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *