Cara Pakai Earphone Bluetooth Dengan Mudah

By | April 18, 2021
cara pakai earphone bluetooth

Gohitzz.com – Mendengarkan musik atau menelepon adalah salah satu aktivitas yang biasa dilakukan pada fungsi gadget. Untuk itu, perangkat tambahan biasanya dibutuhkan untuk mendengarkan audio. Salah satunya adalah earphone yang sudah memiliki teknologi bluetooth. Cara pakai earphone bluetooth pun tergolong mudah, sehingga perangkat ini pun digemari, khususnya oleh kalangan milenial modern.
Earphone menjadi salah satu perangkat tambahan gadget yang digandrungi. Fungsinya membuat pengguna menikmati audio, tanpa menimbulkan kebisingan yang mengganggu orang di sekitarnya.
Teknologi saat ini sudah menganulir kabel untuk menghubungkan earphone dengan perangkat lainnya seperti ponsel, laptop, atau tablet. Jangan gaptek, karena cara pakai earphone bluetooth sangatlah mudah, yaitu dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Mengaktifkan Earphone Bluetooth

Cara pakai earphone bluetooth tentu saja harus diawali dengan mengaktifkan earphone nirkabel tersebut. umumnya, earphone bluetooth akan memiliki lampu indikator yang menandakan earphone sudah aktif menyala atau belum. Untuk membuat earphone menyala, pengguna bisa mencari tombol ‘ON’ atau ‘POWER’ pada perangkat earphone.
Pada beberapa jenis, tombol tersebut terletak di bagian samping luar earphone. Namun, langkah mudah yang bisa diambil adalah dengan membaca detail bagian-bagian earphone yang biasanya dijelaskan di lembar instruksi manual ketika perangkat tersebut dibeli.

2. Atur Pairing di Ponsel

Setelah earphone menyala, langkah selanjutnya adalah menghubungkan perangkat earphone dengan ponsel, laptop, atau perangkat audio lainnya. Pengguna bisa mencari melalui menu pengaturan pada device masing-masing, cari pengaturan bluetooth dan akan ditemukan arahan untuk mencari device atau koneksi baru.
Dengan mengaitkan (pairing) earphone dengan ponsel, maka pengguna bisa dipastikan sudah menyelesaikan setengah tahap dari penggunaan earphone bluetooth ini. Pada beberapa perangkat earphone, tanda sudah terhubungnya earphone dan ponsel juga terkadang ditandai dengan lampu LED yang berkedip dengan warna berbeda dengan awal menyala.

BACA JUGA :  Spesifikasi Realme X50 Pro dan Kelebihan Sebuah Ponsel Premium

3. Aktifkan Koneksi Bluetooth di Ponsel

Setelah perangkat bluetooth ponsel dan earphone terkoneksi, maka langkah selanjutnya adalah mengaktifkan koneksi bluetooth yang ada di ponsel. Seperti halnya ketika hendak melakukan transfer file via bluetooth, aktivasi koneksi bluetooth juga tentu diperlukan ketika hendak mendengarkan audio melalui perangkat earphone wireless ini.
Jika bluetooth pada ponsel sudah terkoneksi, biasanya akan simbol khas bluetooth akan muncul pada bagian paling atas ponsel tersebut. Pada perangkat laptop, simbol tersebut biasanya muncul pada ‘taskbar’ di bagian bawah.

4. Pindai dan Pilih Koneksi Bluetooth

Setelah diaktifkan, perangkat ponsel biasanya akan melakukan pindai otomatis perangkat-perangkat bluetooth yang terbuka dan sudah terhubung dengan ponsel. Jika pada ponsel yang dimiliki terdapat lebih dari satu perangkat bluetooth yang terkoneksi, maka pengguna harus memilih koneksi bluetooth milik earphone.
Proses ini biasanya membutuhkan beberapa detik, dan kembali ditandai dengan lampu LED yang berkedip pada beberapa jenis atau merk earphone. Jika sudah terdeteksi, maka earphone bluetooth akan segera terkoneksi dan siap digunakan.

5. Koneksikan Bluetooth Earphone dan Ponsel

Segera koneksikan bluetooth yang dimiliki oleh earphone pada ponsel dengan menyentuh layar ponsel bertuliskan ‘connect’. Pada perangkat yang baru, biasanya akan muncul permintaan PIN yang bisa dilihat pada lembar instruksi manual perangkat earphone tersebut. Jika tidak ada, maka PIN standar ‘0000’ bisa digunakan untuk awal penggunaan.
Teknologi nirkabel pada perangkat earphone pasti akan lekas digemari oleh pengguna yang sering menggunakan audio pada gadget. Cara pakai earphone bluetooth yang sangat mudah pun menjadikan para pengguna memilih perangkat ini ketimbang earphone menggunakan kabel. Selain praktis, earphone bluetooth juga memenuhi unsur estetis karena tidak terlihat kabel yang mengganggu pergerakan tangan dan pemandangan.

Leave a Reply