Tertarik dengan Oppo A15? Inilah Kelebihan dan Kekurangan Oppo A15 yang Harus Diketahui

By | April 13, 2021
kelebihan dan kekurangan Oppo A15

Gohitzz.com – Brand smartphone Oppo, dikenal sebagai brand smartphone kelas menengah atau terjangkau.. Salah satu smartphone murah keluaran Oppo ialah Oppo A15. Meski dikeluarkan setahun lalu, Oppo A15 masih bisa dipertimbangkan untuk tahun 2021 ini. Oppo A15 merupakan smartphone bagus, dengan harga terjangkau. Untuk mempertimbangkan, simaklah kelebihan dan kekurangan Oppo A15 berikut ini:

7 Kelebihan Oppo A15

Brand Oppo memang terkenal dengan smartphone murah, namun memiliki kualitas luar biasa. Seperti kualitas pada Oppo A15, yang sangat bagus meski harganya murah. Tidak heran jika banyak orang, yang sangat menyukai smartphone keluaran Oppo dan ingin mengetahui kelebihan dan kekurangan Oppo A15. Inilah 7 kelebihan Oppo A15 yang sangat luar biasa:

1. Desain yang Terlihat Elegan

Meski murah, namun desain Oppo A15 malah terlihat mahal. Bodinya terlihat kokoh dan elegan, tanpa ada gradasi warna. Selain itu body belakang Oppo A15 terlihat mengkilap, membuatnya terlihat mahal. Tidak hanya desainnya yang elegan, bodi Oppo A15 juga punya kelebihan lain. Kelebihannya yakni pada berat atau bobot.

Berat atau bobot yang dimiliki Oppo A15 sangat ringan. Jadi dapat membuat para penggunanya nyaman, terutama ketika dipakai. Bobot Oppo A15 yang ringan, dinilai lebih enak untuk digunakan dan digenggam.

2. Baterai Ekstra

Sepertinya Oppo sangat baik hati, karena memberi banyak kelebihan pada smartphone ini. Salah satunya ialah baterai dengan kapasitas ekstra. Oppo A15 memiliki baterai sebesar 4.230 mAh. Dengan baterai sebesar itu, para penggunanya bisa menggunakan Oppo A15 seharian. Baterai Oppo A15 yang bertahan lama, dapat membuat para penggunanya merasa aman.

Selain bertahan lama, baterai Oppo A15 juga memiliki fitur canggih. Jadi fitur tersebut dapat mengurangi pemakaian daya, yakni dengan mengetahui kebiasaan tidur pengguna. Fitur tersebut akan aktif pada malam hari, dimana pengguna sudah tidur.

3. Layar Cerah dan Jelas

Untuk bagian layar, Oppo A15 juga terbilang cukup bagus. Meski tidak begitu HD, namun layar Oppo A15 masih terlihat jelas. Selain jelas, layar Oppo A15 juga terlihat sangat cerah. Sebenarnya hal tersebut menjadi kelebihan dan kekurangan Oppo A15. Pasalnya tidak semua orang, menyukai layar yang cerah.

Tetapi tenang saja, pasalnya kecerahan tersebut bisa diatur. Biasanya layar Oppo A15 akan menjadi sangat cerah, ketika sedang siang hari. Saat itu layarnya akan otomatis memberikan kecerahan yang cukup maksimal.

4. Memiliki Sensor Fingerprint

Untuk keamanan, Oppo A15 memasang sensor Fingerprint di bagian belakang. Meski terlihat sepele, namun sensor Fingerprint ini banyak disukai. Sensor Fingerprint tidak hanya menambah keamanan, namun juga kemudahan. Jadi jika ingin membuka smartphone dan aplikasinya, tinggal menggunakan sensor Fingerprint. Sensor Fingerprint Oppo A15 juga terbilang cukup bagus, karena cepat menangkap sidik jari para penggunanya.

5. Performa Cukup Bagus

Untuk smartphone menengah kebawah atau murah, Oppo A15 memiliki performa yang cukup bagus. Oppo A15 sangat cocok untuk penggunaan sehari-hari, seperti bermain sosmed, melakukan browsing, hingga nonton video. Meski performanya cukup bagus, namun Oppo A15 tidak disarankan untuk bermain game berat.

Jika dipaksakan bermain game berat, smartphone Oppo A15 akan terasa lemot dan berat. Jadi jangan paksakan Oppo A15 untuk bermain game berat, cukup untuk penggunaan sehari-hari saja.

BACA JUGA :  Informasi Harga dan Spesifikasi Oppo Find X2 Pro Terbaru

6. Kamera Utama yang Mumpuni

Untuk bagian kamera, Oppo A15 memiliki kamera utama yang mumpuni. Kamera utama belakang memiliki resolusi 13 MP. Lalu dua sensor pendukung kamera utama, memiliki resolusi sebesar 2 MP. Sedangkan kamera di bagian depan, memiliki resolusi sebesar 8 MP. Namun resolusi kameranya, bisa menjadi kelebihan dan kekurangan Oppo A15.

Pasalnya gambar dan video yang dihasilkan, akan memiliki ukuran besar. Jadi dikhawatirkan dapat memakan memori smartphone. Untuk itu lebih baik, menggunakan kartu SD tambahan. Agar penyimpanan smartphone tidak penuh, karena ukuran gambar dan video yang besar.

7. Sistem Pengoperasian Nyaman

Sistem operasi yang dimiliki Oppo A15, bisa dibilang bagus dan sangat nyaman. Menggunakan Android 10, terdapat banyak fitur keren dalam sistem operasinya. Tidak hanya keren, namun fitur-fitur tersebut dapat memudahkan, dan membuat nyaman pengguna. Seperti fitur Sidebar Pintar, Gestur Tarik dan Menurunkan Ikon, serta Mode Gelap.

Fitur-fitur tersebut sangat membuat nyaman, dan membantu para pengguna Oppo A15. Jadi bisa dibilang, Oppo A15 cocok untuk digunakan semua kalangan. Mulai dari anak muda, hingga orang tua. Pasalnya semua dapat dengan mudah mengerti, sistem untuk mengoperasikan Oppo A15.

4 Kekurangan Oppo A15

Meski terlihat sangat bagus, namun Oppo A15 memiliki beberapa kekurangan. Semua smartphone pastinya memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Tidak banyak kekurangan yang dimiliki Oppo A15, berikut adalah pembahasannya:

1. Tidak Memiliki Fitur Fast Charging

Meski memiliki baterai yang besar, namun Oppo A15 belum didukung fitur Fast Charging. Jadi untuk mengisi baterainya, akan memakan waktu yang sangat lama. Seharusnya untuk smartphone saat ini, sudah menggunakan fitur Fast Charging. Mulai dari yang murah sampai mahal, seharusnya sudah menggunakan fitur Fast Charging.

Pasalnya banyak orang yang menghabiskan waktu menggunakan smartphone, jadi fitur Fast Charging sangat lah penting. Jadi sangat disayangkan Oppo A15, tidak menggunakan fitur Fast Charging.

2. Tidak Memiliki Fitur Ultrawide

Kamera belakang Oppo A15 memang ada tiga sensor, namun tiga-tiganya tidak memiliki fitur Ultrawide. Padahal dengan tiga sensor kamera, seharusnya ada satu sensor kamera yang disematkan Ultrawide. Fitur Ultrawide memang disenangi akhir-akhir ini, karena bisa mengambil gambar yang lebih luas.

Meski tidak ada fitur Ultra Wide, kamera Oppo A15 memiliki fitur bokeh. Kamera Oppo A15 terbilang cukup bagus, hasil tangkapan kameranya juga terlihat jernih.

3. Letak Sensor Fingerprint

Selain menjadi kelebihannya, sensor Fingerprint Oppo A15 juga menjadi kekurangannya. Kekurangannya terletak pada penempatan sensor Fingerprint. Sensor Fingerprint Oppo A15, terletak dibelakang dekat dengan kamera. Letak tersebut dinilai jadul, dan sangat tidak kekinian. Saat ini sensor Fingerprint, biasanya terletak di layar atau tombol Power.

Mungkin karena Oppo A15 smartphone murah, jadi belum bisa meletakkan sensor Fingerprint di layar atau tombol Power. Namun banyak juga yang suka, karena setidaknya Oppo A15 memiliki sensor Fingerprint.

4. Tidak Ada Fitur NFC

Fitur NFC adalah fitur pembayaran digital. Jadi seluruh smartphone yang memiliki NFC, dapat melakukan pembayaran secara online atau digital, hanya dengan sensor dari bodi smartphone. Namun Oppo A15 membuat pengguna NFC kecewa, karena Oppo A15 tidak memiliki fitur NFC.

Mungkin karena Oppo A15 ini merupakan smartphone murah, jadi tidak dimasukkan fitur NFC. Tetapi fitur NFC juga belum begitu familiar, jadi tidak begitu masalah jika tidak ada.

Itulah kelebihan dan kekurangan Oppo A15 yang harus diketahui. Pembahasan kelebihan dan kekurangan diatas, bisa menjadi pertimbangan sebelum membeli Oppo A15. Bisa disimpulkan jika Oppo A15 masih bagus, dan layak untuk dipakai di tahun 2021 ini dan bisa jadi pilihan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *