Ketahui Penyebab dan 6 Cara Memperbaiki Jaringan 4G yang Tidak Stabil untuk Berbagai Operator

By | April 13, 2021
Cara Memperbaiki Jaringan 4G yang Tidak Stabil

Gohitzz.com – Jaringan tidak stabil menjadi sumber masalah umum bagi setiap orang. Pasti akan ada waktu dimana jaringan 4G tiba-tiba menjadi lemot bahkan hilang. Ketika sedang mengalami hal tersebut jangan langsung merasa kesal. Ada beberapa cara memperbaiki jaringan 4G yang tidak stabil dan ampuh untuk semua operator.

Terutama di zaman yang serba online ini, jaringan menjadi hal penting dan wajib. Semua akan lebih mudah dengan adanya jaringan 4G yang kuat. Nah, ternyata jaringan yang tidak stabil tersebut disebabkan beberapa faktor. Penyebab tersebut bisa berasal dari pengguna maupun dari operator jaringan yang digunakan.

Penyebab Sinyal Lemot dan Tidak Stabil

Jaringan 4G kini sudah tersebar hampir di seluruh Indonesia. Walaupun sudah tersedia dimana-mana, tidak jarang jika jaringan 4G akan mengalami gangguan seperti tidak stabil. Sebelum mengatasi gangguan tersebut, alangkah baiknya jika mengetahui penyebab dari jaringan yang tidak stabil. Baca dan cermati penyebab dibawah ini!

1. Tidak Menggunakan Operator Sesuai Tempat Tinggal

Ini menjadi masalah umum dan sering tidak diketahui oleh sebagian orang. Jangkauan dan ketersediaan sinyal setiap daerah berbeda-beda sehingga tidak semua operator memiliki sinyal yang baik. Tidak bisa dipastikan bahwa semua operator bisa digunakan di tempat tinggal pengguna.

Ada operator yang baik digunakan di area tempat tinggal anda, tetapi tidak baik digunakan di tempat kerja anda. Untuk mengetahui bagus tidaknya kualitas jaringan operator, maka pengguna bisa menguji dengan memakai semua jenis operator. Jika sudah, pilihlah mana yang paling baik dan bisa digunakan di berbagai area.

2. Mati Listrik

Banyak pengguna sering mengeluhkan mati listrik karena menyebabkan sinyal handphone terganggu. Perlu diketahui bahwa sumber daya utama Base Transceiver Station atau perangkat utama jaringan adalah listrik. Jika listrik mati maka BTS akan kehilangan daya utamanya dan inilah yang menyebabkan sinyal terganggu.

Biasanya semua perusahaan operator memiliki sumber daya listrik cadangan seperti genset untuk mengantisipasi mati listrik. Namun, waktu untuk memulihkan kembali BTS cukup memakan waktu. maka dari itu, mati listrik bisa menyebabkan sinyal lemot.

3. Pengaruh Perangkat Lain

Perangkat lain juga bisa mempengaruhi kestabilan jaringan 4G. Terutama jika di tempat tinggal pengguna banyak yang menggunakan internet dengan operator sama secara bersamaan. Hal ini bisa menyebabkan sinyal lemot karena operator memiliki batas pengguna dalam satu area. Jika melebihi batas pengguna, maka terjadilah tidak stabilnya sinyal.

4. Melebihi Batas Penggunaan

Ini berbeda dengan penyebab sebelumnya. Penyebab satu ini bisa dikarenakan pengguna sudah melebihi batas penggunaan internet yang ditetapkan. Contohnya adalah dalam 1 hari pengguna diberikan batasan hingga 1 GB,  jika pengguna melebihi 1 GB maka jaringan internet akan lambat.

Biasanya hal ini berlaku bagi pengguna yang menggunakan kuota internet unlimited. Adanya batasan internet inilah menjadi kelemahan dari kuota unlimited. Jika pengguna tidak ingin memiliki batasan internet, menggunakan kuota internet yang tidak unlimited.

5. Salah Atur Jaringan

Penyebab kelima ini juga menjadi penyebab jaringan 4G tidak stabil yang sering terjadi. Pengguna biasanya tidak sadar jika sinyal tiba-tiba lemot karena pengaturan jaringan yang salah. Misalkan saja pengguna memiliki handphone 4G namun malah mengatur jaringan kedalam 3G. Tentu saja sinyal tidak stabil akan menimpa pengguna.

BACA JUGA :  Wajib Tahu! Cara Memperkuat Sinyal Wifi yang Jauh

Untuk mengetahui apakah pengguna salah atur jaringan bisa melihat notifikasi sinyal yang muncul. Jika muncul 3G bisa dipastikan bahwa pengguna salah atur jaringan. Cara mengganti jaringan sangat mudah dan akan dijelaskan di bawah ini. Selain itu, ada banyak cara memperbaiki jaringan 4G yang tidak stabil lainnya.

6 Cara Ampuh Memperbaiki Jaringan 4G yang Tidak Stabil

Jika ada suatu masalah jaringan, disitu pasti ada solusi untuk memperbaikinya. Disini akan dijelaskan dengan rinci cara memperbaiki jaringan 4G yang tidak stabil. Tenang, semua operator bisa menggunakan cara-cara dibawah ini. Berikut daftarnya!

1. Pindah Tempat

Pindah tempat menjadi cara memperbaiki jaringan 4G yang tidak stabil yang pertama. Karena sinyal sangat rentan terhalang bangunan tinggi dan benda besar lainnya, maka jika sinyal jelek segera pindah tempat. Solusi ini sangat pas untuk pengguna yang tinggal di lingkungan penuh gedung tinggi. Tak hanya itu, berada pada tempat ramai juga mempengaruhi kestabilan dari sinyal 4G.

Disarankan untuk pindah tempat  di luar ruangan atau ke tempat yang jarang orang. Dijamin! Sinyal 4G yang tadinya tidak stabil bisa stabil kembali. Cara ini sangat umum digunakan dan berlaku untuk semua operator yang dipakai pengguna.

2.  Coba Mode Pesawat

Selanjutnya adalah mencoba mode pesawat yaitu dengan mengaktifkan selama beberapa saat lalu mengaktifkannya kembali. Hal ini juga merupakan cara merefresh jaringan pengguna. Dengan merefresh jaringan, maka sinyal akan stabil kembali seperti sebelumnya.

Cara ini cukup simple dan tidak memerlukan banyak waktu. Menu mode pesawat tersedia di bilah tombol cepat dan memiliki ikon pesawat. Cukup tekan untuk mengaktifkan dan tekan kembali untuk menonaktifkan. Cukup mudah bukan?

3. Restart Ponsel

Jika cara memperbaiki jaringan 4G yang tidak stabil sebelumnya belum berhasil, maka bisa langsung ke cara ini. Segera restart ponsel dan coba hidupkan kembali data seluler ketika menyala. Biasanya cara ini akan berhasil untuk handphone yang lemot karena penyimpanan penuh atau banyaknya aplikasi yang digunakan bersamaan.

Handphone lemot juga akan berpengaruh pada kualitas sinyal. Untuk memulai ulang handphone yaitu dengan cara menekan agak lama tombol di bagian pinggir handphone. Nantinya akan muncul beberapa pilihan dan pilih restart. Ponsel pun siap memulai ulang.

4. Ubah Jaringan

Sinyal yang tidak stabil juga bisa terjadi karena pengguna menggunakan settingan jaringan 3G. maka dari itu, ubahlah menjadi 4G only. Dengan mengubah settingan jaringan menjadi 4G only, nantinya sinyal pengguna akan stabil dan kuat.

Untuk mengganti setelan jaringan juga cukup mudah. Cukup pergi ke pengaturan dan masuk ke menu jaringan seluler. Setelah itu tekan kartu sim yang akan digunakan dan akan muncul beberapa pilihan mode jaringan. Pilih 4G only untuk mengubahnya.

5. Coba Lepas Casing

Jika cara sebelumnya masih belum berhasil, cobalah lepas casing handphone. Ternyata casing juga mempengaruhi kualitas jaringan 4G terutama casing yang berbahan keras seperti alumunium. Bahan ini menjadi penghalang sinyal untuk masuk. Maka dari itu, bagi pengguna daerah susah sinyal disarankan memakai casing yang lunak dari karet atau plastik.

6. Download Aplikasi Penguat

Menggunakan aplikasi penguat menjadi alternatif terakhir untuk memperbaiki jaringan yang tidak stabil. Tak perlu khawatir, sudah banyak aplikasi canggih penguat sinyal 4G yang tersedia di Play Store. Banyak diantaranya yang bisa diunduh secara gratis. Sudah banyak terbukti bahwa menggunakan aplikasi bisa memperkuat sinyal.

Itulah penyebab dan 6 cara memperbaiki jaringan 4G yang tidak stabil dengan mudah dan tidak ribet.  Jika sedang mengalami masalah jaringan, segera praktikkan 6 cara diatas dan ketahui penyebabnya. Sedikit informasi bahwa ada 3 faktor paling mempengaruhi kualitas sinyal yaitu tempat, operator, dan kualitas handphone.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *