Berbagai Cara Memperbaiki Penangkap Sinyal HP yang Patut Dicoba

By | April 4, 2021
Cara Memperbaiki Penangkap Sinyal HP

Gohitzz.com – Pernahkah mengalami kejadian hilangnya sinyal pada HP secara tiba-tiba saat sedang asyik digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain? Atau pernahkah kalah dalam bermain game karena sinyal HP yang melemah? Rasanya hampir semua orang pernah mengalami ini. Namun tahukah, jika ada cara memperbaiki penangkap sinyal HP, agar bisa difungsikan secara optimal.

Setelah diusut lebih jauh, ternyata masih banyak orang yang belum memahami tentang cara memperbaiki penangkap sinyal HP tersebut. Padahal, sekarang ini kehidupan manusia modern yang kompleks, membuatnya tidak bisa lepas dari perangkat ponsel. Artinya, ketika sinyal bermasalah dan ponsel tidak dapat difungsikan dengan baik, bisa dipastikan banyak aktivitas yang berantakan.

Nah, sebagai langkah preventif agar kejadian semacam ini tidak terjadi, maka ada baiknya membaca ulasan berikut dengan seksama. Karena berbagai macam informasi tentangnya akan dibahas secara runut di sini. Mulai dari indikasi yang menjadi penyebab hilangnya sinyal hingga berbagai alternatif cara memperbaiki penangkap sinyal HP yang mudah dilakukan, seperti berikut:

Penyebab Hilangnya Sinyal pada HP

Mengenali berbagai penyebab hilangnya sinyal, penting untuk dilakukan pengguna sebelum membahas alternatif cara memperbaiki penangkap sinyal HP.  Pasalnya, dengan kemampuan mengidentifikasi indikasi gangguan yang menyebabkan hilangnya sinyal HP, pengguna akan dapat melakukan langkah perbaikan paling sesuai. Apalagi, untuk penyebab-penyebab umum yang ditengarai sebagai penghambat pasokan sinyal pada HP, berikut ini:

1. Penggunaan HP di Area Tidak Terjangkau

Ketersediaan sinyal operator HP tertentu di setiap wilayah berbeda, terutama untuk wilayah pelosok atau daerah pegunungan yang terkadang tidak masuk jangkauan. Akibatnya, pengguna tidak dapat menggunakan ponselnya ketika memasuki wilayah tersebut. Biasanya, hal ini ditunjukan dengan penanda sinyal ponsel yang tiba-tiba lenyap.

2. Sedang Ada Servis Jaringan Operator Seluler

Kemungkinan kedua, hilangnya sinyal pada ponsel seringkali terjadi akibat adanya servis jaringan operator seluler yang digunakan. Namun terkadang, sinyal tanda sinyal tersebut masih muncul pada layar tapi tidak bisa dipakai. Untuk memastikan hal ini, pengguna bisa mencoba menggunakan fitur dasar seperti cek pulsa. Apabila terjadi gangguan, pengecekan tersebut akan otomatis gagal.

3. Adanya Gangguan Cuaca

Saat musim pancaroba telah tiba, cuaca di Indonesia menjadi ekstrem tidak menentu dan mengakibatkan gangguan pada banyak hal. Termasuk diantaranya gangguan yang mengakibatkan melemah atau bahkan lenyapnya sinyal pada ponsel. Terlebih hal ini paling sering terjadi saat cuaca hujan deras disertai petir atau bisa juga saat cuaca yang terlalu panas.

4. Masalah Perangkat Lunak

Keempat, permasalahan lenyapnya sinyal bisa juga terjadi lantaran adanya masalah pada perangkat lunak yang terinstal di ponsel. Umumnya, gangguan ini cukup sering dialami pengguna pada saat aplikasi yang dijalankan  tiba-tiba ngelag atau error. Jika ditilik lebih jauh, sebenarnya awal dari masalah ini karena spesifikasi ponsel kurang kompatibel dengan aplikasi yang dijalankan.

5. Komponen Hardware Rusak

Kehadiran hardware pada sebuah perangkat ponsel memiliki fungsi layaknya organ-organ yang menyusun tubuh manusia. Apabila komponen ini bermasalah, tentu secara umum akan menimbulkan gangguan pada kinerja keseluruhan. Termasuk, salah satu yang mungkin terjadi ialah lenyapnya daya tangkap sinyal pada ponsel. Untuk mengetahui hal ini, pengguna perlu melakukan diagnosis lebih lanjut.

BACA JUGA :  Review Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S7 Edge Terupdate

Inilah Cara Memperbaiki Penangkap Sinyal Hp

Sesudah memahami berbagai indikasi yang mengakibatkan lemah dan hilangnya sinyal HP di atas, maka sekarang saatnya mengetahui cara mengatasinya. Saat ini, ada banyak alternatif cara memperbaiki penangkap sinyal HP yang bisa dicoba. Baik menggunakan fitur bawaan ponsel maupun dengan aplikasi buatan pihak ketiga, yang cukup efektif untuk dijalankan, seperti di antaranya:

1. Jalankan Mode Terbang

Ketika dipakai untuk melakukan berbagai aktivitas berat layaknya menonton streaming video atau memainkan game online, seringkali sinyal tiba-tiba melemah atau hilang. Akibatnya tayangan video ataupun game yang tengah asyik dimainkan terjeda. Kiat mengatasi hal ini yang patut dicoba pertama kali adalah menjalankan mode terbang beberapa saat untuk merefresh tangkapan sinyal ponsel.

2. Restart Ulang HP

Jika langkah pertama gagal dan sinyal belum juga kembali, maka lakukan langkah tersebut hingga beberapa kali dengan jeda lebih lama. Namun, jika ternyata belum berhasil sebaiknya melakukan restart ponsel untuk beberapa menit. Barangkali, ponsel telah sangat lama dipakai dan perlu pendinginan sesaat untuk mengembalikan performanya, terutama dalam penangkapan sinyal operator seluler.

3. Periksa SC yang Terpasang

Akan tetapi, bila setelah dilakukan tindakan restart, sinyal belum juga kembali, maka dapat dicoba untuk melepas baterai ponsel. Setelah itu, perhatikan posisi kartu sim yang dimasukkan pada slot, dan pastikan sudah tepat di posisinya. Karena bisa jadi, posisi SIM tergeser akibat pemakaian ataupun benturan sehingga tidak bisa dideteksi oleh perangkat ponsel.

4. Pastikan Imei Tidak Bermasalah

Setiap perangkat ponsel dibekali kode khusus yang diberikan oleh vendor yang memproduksinya. Jika nomor Imei ini rusak pasca ponsel dilakukan rooting, maka besar kemungkinan mengganggu kinerja ponsel, khususnya terkait akses signal. Pengguna dapat melakukan pelacakan Imei melalui dial ke *#06#, apabila tampil baris nomor Imei maka tidak terjadi kerusakan dan dapat digunakan.

Namun, masalah berikutnya terjadi ketika baris nomor Imei unik ini tidak bisa tampil pada layar, yang mengindikasikan adanya kerusakan. Sayangnya, untuk memperbaiki nomor Imei ini tidak bisa dilakukan pengguna secara mandiri. Melainkan, pengguna tersebut wajib membawa ponsel ke service center terdekat sesuai dengan merknya, guna mendapatkan perbaikan dari teknisi resmi.

5. Pakai Aplikasi Penguat Sinyal

Alternatif berikutnya yang cukup efektif digunakan untuk mengoptimalkan kinerja perangkat penangkap sinyal pada sebuah ponsel yakni aplikasi penguat sinyal dari pihak ketiga. Aplikasi jenis ini banyak ditemukan di Playstore dan dapat  segera diinstal pada ponsel kesayangan. Kelebihannya, selain menguatkan sinyal operator, juga mungkin untuk mendapatkan akses publik seperti halnya Wifi umum.

6. Gunakan Antena Penangkap Sinyal

Memperbaiki tangkapan sinyal pada perangkat ponsel juga dapat dilakukan dengan cara menggunakan bantuan pigtail dan antena eksternal. Umumnya, cara ini sedikit merepotkan pengguna terkait pengaplikasian perangkat luar ini, namun demikian, cara ini terbilang cukup ampuh untuk dipakai. Khususnya jika pengguna tinggal di daerah yang kerap mengalami gangguan lemah sinyal.

Selain keenam cara memperbaiki penangkap sinyal hp tersebut, upaya lain yang masih bisa dilakukan adalah menggunakan fitur factory data reset. Opsi terakhir ini bisa dipilih ketika dicurigai penyebab hilangnya sinyal ponsel adalah karena oprek yang terlalu berlebihan sehingga menimbulkan dampak negatif. Melalui setelan asli ini,  diharapkan fungsi ponsel layaknya tangkapan sinyal kembali normal.

Demikianlah akhirnya, pembahasan mengenai penyebab lenyapnya sinyal ponsel telah dirinci dengan lengkap. Begitupun dengan cara memperbaiki penangkap sinyal HP juga sudah dijabarkan pada ulasan di atas. Semoga dengannya, dapat memberikan banyak manfaat, khususnya dalam membantu mengatasi lenyapnya sinyal HP! Sampai jumpa kembali pada ulasan menarik lain yang akan datang!.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *