Inilah Beragam Cara Menghapus Akun Google Mail di Android Terbaru

By | April 4, 2021
Cara Menghapus Akun Google Mail di Android

Gohitzz.com – Bisakah akun Google Mail yang ada pada ponsel Android dihapus? Pertanyaan yang serupa ini kerap kali dilontarkan oleh banyak netizen di sosial media. Ini cukup membuktikan, bahwa sekarang masih banyak orang yang belum memahami cara menghapus akun Google Mail di Android. Padahal kegiatan penghapusan akun ini sangat mudah untuk dilakukan.

Sebenarnya jika dicermati, meski terbilang sepele, kegiatan menghapus akun layaknya Google Mail di Android ini penting dilakukan, seperti saat mengganti ponsel. Terutama, dalam kaitannya dengan perlindungan data-data pribadi yang tersimpan pada akun Google. Karenanya, sudah semestinya jika setiap pengguna memahami cara menghapus akun Google di Android agar tidak bingung saat diperlukan.

Tentu, siapapun tidak ingin jika data penting  yang tersimpan di Google Mail sampai disalahgunakan orang lain, bukan?. Berdasarkan hal tersebutlah, maka secara khusus, ulasan ini membahas terkait cara menghapus akun Google Mail di Android, yang sangat diperlukan!.

Mengapa Perlu untuk Menghapus Akun Google Mail di Android?

Sebelum lebih lanjut membahas mengenai cara menghapus akun Google Mail di Android yang mudah dilakukan siapapun. Ada baiknya, jika memulai pembahasan ini dengan alasan perlunya menghapus sebuah akun Google Mail pada Android. Secara umum, alibi yang banyak ditemui pada pengguna yang melakukan penghapusan akun tersebut, antara lain:

1. Perangkat Android Akan Dijual Pemilik

Alasan pertama yang kerap mendasari perlunya seseorang untuk melakukan penghapusan akun Google Mail,di Android yang dipunyai hendak dijual. Tentunya, sangat penting untuk memastikan setiap data tersimpan seperti akun Google Mail bersih dari ponsel sebelum berpindah kepemilikan. Salah-salah, tindakan pengguna ceroboh seperti tidak menghapus akun saat ponsel dijual, bisa berakibat fatal.

2. Login Google Mail Bukan di HP Pribadi

Masuk akun Google bukan pada perangkat pribadi mungkin saja terjadi pada kondisi darurat. Bisa lantaran baterai drop, akhirnya meminjam HP teman karena perlu untuk mengakses akun saat itu juga. Memang, barangkali teman yang dipinjam HPnya sudah terpercaya, namun tidak ada yang salah dengan tindakan waspada, menghapus akun setelah urusan selesai, bukan?

3. Demi Keamanan Data atau Privasi

Terkadang, meski login akun di ponsel Android pribadi,  juga masih memerlukan penghapusan setelah pemakaian usai. Pasalnya, setiap orang memiliki kebutuhan atas proteksi data pribadi yang berbeda. Penghapusan akun Google Mail  setiap kali selesai dipakai sangat efektif dijalankan, terutama jika akun email tersebut sengaja dibuat privasi, yang tidak boleh diketahui orang lain.

4. Akun Sudah Tidak Digunakan Lagi

Kemungkinan selanjutnya yang menjadi alasan bagi sejumlah orang untuk melakukan penghapusan akun Google Mail pada Android ialah karena merasa tidak lagi mempergunakannya. Tentunya cara menghapus akun google mail di android akan dicari.

Barangkali, hal ini karena pemilik android mempunyai akun Google Mail baru yang  akan digunakan. Sehingga akhirnya pemilik tersebut memutuskan untuk membersihkan akun-akun lain agar tidak tersinkronisasi  secara otomatis.

Bagaimana Cara Menghapus Akun Google Mail di Android?

Setelah memahami berbagai macam hal terkait alasan yang mendasari perlunya melakukan penghapusan akun, maka lanjut pada inti permasalahan. Yakni terkait cara menghapus akun Google Mail di Android yang bisa dilakukan dengan mudah oleh siapapun. Setidaknya, ada berbagai macam alternatif cara yang bisa dipergunakan dalam melakukan penghapusan akun Google, antara lain:

BACA JUGA :  Cara Mengatasi Kartu SD Rusak Agar Bisa Terpakai Lagi

1. Penghapusan Melalui Setting Aplikasi

Rekomendasi cara menghapus akun google mail di android yang pertama dapat dilakukan adalah melalui menu pengaturan aplikasi. Umumnya, cara ini relevan untuk tipe Android versi lama, dengan mengikuti langkah sebagai berikut:

  • Langsung masuk pada menu Setting yang terdapat di ponsel Android;
  • Cari menu Applications, kemudian klik menu tersebut;
  • Setelah muncul daftar nama aplikasi yang terinstal pada perangkat, lakukan pencarian aplikasi Google Apps;
  • Buka dengan cara mengklik, lalu pilih opsi Clear Data;
  • Lakukan konfirmasi dengan menekan Ok, kemudian keluar Setting dan restart ponsel; dan
  • Cek Google Apps dan pastikan akun telah hilang dari ponsel.

2. Menghapus Akun Lewat Google Mail

Penghapusan akun secara mudah juga bisa dilakukan melalui aplikasi Google Mail. Berikut cara menghapus akun google mail di android yang bisa dilakukan dalam mengambil opsi ini, antara lain:

  • Buka aplikasi Google Mail dan lakukan login;
  • Setelah berhasil masuk, cari logo nama depan akun yang digunakan login, sebelah menu search email dan klik;
  • Akan muncul opsi Manage Accounts on This Device, pilih opsi tersebut;
  • Cari akun yang diinginkan dan pilih, kemudian klik Remove Account pada opsi yang tersedia; dan
  • Akun yang tadi dipilih akan menghilang dari daftar.

3. Melalui Opsi Penyinkronan Akun

Selanjutnya, cara ketiga yang direkomendasikan pada saat hendak melakukan penghapusan akun Google Mail yakni melalui penyinkronan akun. Untuk menuju ke menu ini, maka lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Masuklah pada menu Pengaturan yang terdapat pada gadget Android;
  • Cari pilihan Sinkronisasi, kemudian klik menu tersebut;
  • Pilih akun Google lalu cari nama akun yang diinginkan untuk penghapusan;
  • Cari dan klik opsi hapus akun; dan
  • Tunggu proses penghapusan akun selesai dan keluar dari pengaturan.

4. Menghilangkan Data Bernama Account.db 

Lalu cara menghapus akun google mail di android keempat ini khusus digunakan oleh pengguna Android yang telah melakukan Rooting pada Android. Penggunaan cara ini memerlukan bantuan aplikasi ketiga bernama File Expert, dengan langkah sebagai berikut:

  • Pertama, pengguna Android harus memastikan File Expert Apps telah terinstal lebih dulu;
  • Lakukan pencarian folder Data pada internal memory;
  • Setelah ketemu klik Data tersebut dan cari file Sistem, lalu buka;
  • Jika sudah muncul daftar, cari nama Accounts.db, pilih opsi dengan cara menahan sampai muncul tulisan Hapus; dan
  • Klik opsi Hapus dan segera restart Android.

5. Mengembalikan Ponsel pada Setelan Pabrik

Terakhir, cara menghapus akun Google di gadget Android paling ampuh adalah melakukan Setelan Pabrik. Fungsi menu ini sebenarnya adalah untuk mengembalikan ponsel seperti saat pertama kali dibeli. Jadi pastikan telah membackup data sebelum otomatis hilang, termasuk pengaturan akun layaknya Google Mail pada Android. Untuk opsi ini dapat dilakukan dengan cara:

  • Masuk ke bagian pengaturan pada ponsel Android yang dipunyai;
  • Cari menu Privasi dan pilih;
  • Setelah muncul pilihan Setelan Pabrik, lalu pilih dan tekan Ok;
  • Tunggu beberapa saat sampai proses pengembalian Setelan Pabrik berakhir; dan
  • Setelah selesai, Android akan kembali seperti baru tanpa akun dan data lainnya.

Umumnya, Setelan Pabrik ini menjadi pilihan belakangan sebagai cara menghapus akun Google Mail pada Android. Mengingat resiko kegiatan ini adalah hilangnya keseluruhan data yang dimiliki oleh pengguna. Namun demikian, selain demi penghapusan akun, umumnya opsi ini juga efektif digunakan sebagai cara ampuh menghadapi masalah Android yang lainnya.

Itulah tadi pembahasan mengenai langkah-langkah dalam melakukan Setelan Pabrik pada Android tersebut, artinya selesai sudah semua ulasan kali ini. Sehingga, sekaranglah saat yang tepat untuk  pengguna memilih di antara banyaknya alternatif cara menghapus akun Google Mail di Android, paling sesuai dengan kondisi masing-masing. Demikian, semoga ulasan ini dapat memberikan banyak manfaat!.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *