Inilah Kelebihan dan Kekurangan Samsung A 30, Simak Dahulu Sebelum Beli!

By | April 4, 2021
Kelebihan dan Kekurangan Samsung A 30

Gohitzz.com – Saat ini Samsung, mulai banyak meluncurkan smartphone kelas menengah, dengan harga yang murah. Salah satu smartphone murah keluaran Samsung ialah Samsung A 30. Meski dikeluarkan 2 tahun lalu, Samsung A 30 masih bisa dipertimbangkan, sebagai smartphone bagus dengan harga terjangkau. Sebagai bahan pertimbangan, simaklah kelebihan dan kekurangan Samsung A 30 berikut ini:

Inilah 6 Kelebihan Samsung A 30

Kualitas yang terdapat pada Samsung A 30, sangat berbanding terbalik dengan harganya. Harga Samsung A 30 hanya 2 jutaan, namun kualitasnya seperti smartphone 4 jutaan. Mulai dari layar jernih, hingga dual kamera bisa didapatkan dalam Samsung A 30. Selain kedua hal tersebut, inilah kelebihan Samsung A 30 lainnya:

1. Memiliki Desain Kekinian

Desain dari Samsung A 30 terlihat elegan dan kekinian, tidak terlihat seperti smartphone murah. Meski bodinya terbuat dari plastik atau polikarbonat, namun sama sekali tidak tampak murahan. Namun body dari plastik, membentuk kelebihan dan kekurangan Samsung A 30. Pasalnya bodi plastik membuat smartphone cepat panas.

Dua kameranya sejajar kebawah, serta fingerprint di bagian tengah, membuat Samsung A 30 terlihat kekinian. Lalu untuk bagian depannya, Samsung A 30 menggunakan kamera Tear Drop, yang membuatnya semakin kekinian. Selain itu bezel atau pinggirannya, terlihat tidak begitu lebar, membuat Samsung A 30 terlihat luas dan besar.

2. Memiliki Layar yang Jernih

Untuk smartphone dengan harga murah, Samsung A 30 memiliki layar yang luar biasa. Layarnya memiliki panel AMOLED, yang membuatnya terlihat jernih dan cukup tajam. Selain itu, Samsung A 30 juga memiliki layar, yang beresolusi Full HD+. Ukuran layarnya yang lebar, juga dapat memanjakan penglihatan para pengguna.

Tidak hanya menghasilkan gambar yang jernih, Samsung A 30 juga menghasilkan warna yang cukup tajam. Selain itu layarnya, sudah dilengkapi dengan Gorilla Glass seri 3, jadi tidak usah memasang anti gores tambahan.

3. Dilengkapi dengan Kamera Ganda

Tidak kalah dengan smartphone baru, Samsung A 30 juga sudah memiliki kamera ganda. Kamera ganda tersebut, memiliki ukuran 16 MP dan 5 MP. Kamera dengan ukuran 5 MP merupakan kamera Ultra Wide, yang dapat menangkap gambar lebih luas. Untuk kamera dengan ukuran 16 MP, merupakan kamera utama yang memiliki banyak fitur.

Lalu untuk kamera bagian depan, punya ukuran sebesar 16 MP. Ukuran tersebut terbilang cukup besar. Namun ukuran kameranya, menciptakan kelebihan dan kekurangan Samsung A 30. Pasalnya ukuran kamera yang besar, dapat membuat ukuran foto dan video menjadi besar.

4. Baterai yang Memiliki Daya Tahan Ekstra

Meski murah, Samsung A 30 memiliki baterai dengan daya tahan ekstra. Dengan kapasitas 4000 mAh, baterai Samsung A 30 dapat bertahan cukup lama. Setelah dipakai untuk kegiatan yang berat, baterai Samsung A 30 hanya berkurang setengah. Meski memiliki kapasitas besar, baterai Samsung tidak memakan waktu lama saat diisi.

Pasalnya Samsung A 30 sudah memiliki fitur fast charging, jadi mengisi baterai dapat menjadi lebih cepat. Mengisi baterai dalam waktu cepat, dan dapat bertahan hingga waktu yang cukup lama.

5. Penyimpanan yang Besar

Penyimpanan Samsung A 30 dapat dibilang cukup besar. Terdapat 2 varian, yakni 32 GB dengan RAM 3 GB, dan 64 GB dengan RAM 4 GB. Jika penyimpanan tersebut kurang besar, Samsung A 30 memiliki slot tambahan untuk kartu SD. Jadi tidak usah khawatir, jika merasa kapasitas penyimpanan tidak cukup.

BACA JUGA :  Ini 5 Penyebab Hp Restart Sendiri Pada Smartphone, Anti Panik!

Slot kartu SD yang disediakan, mampu menampung kartu SD hingga 512 GB. Jadi dijamin penyimpanan tidak akan penuh, karena memiliki penyimpanan yang besar, serta tambahan kartu SD.

6. Sudah Menggunakan USB Type C

Kelebihan yang terakhir ialah Samsung A 30 sudah menggunakan USB type C. USB type C membuat pengisian baterai, serta pengiriman file menjadi lebih cepat. Meski murah, namun Samsung A 30 sudah menggunakan USB tipe C. Pada saat itu, hanya smartphone dengan harga yang cukup tinggi, yang sudah menggunakan USB tipe C.

Jadi bisa dibilang Samsung cukup berbaik hati, untuk menyematkan USB tipe C pada Samsung A 30. Namun kekurangan menggunakan USB type C, adalah keberadaannya masih jarang. Para pengguna USB type C, harus membawanya setiap pergi. Pasalnya belum semua smartphone menggunakan USB type C.

Inilah 5 Kekurangan Samsung A 30

Setelah membahas kelebihannya, selanjutnya ialah pembahasan mengenai kekurangannya. Sama seperti smartphone lain, pastinya Samsung A 30 juga punya kelebihan dan kekurangan. Ada beberapa kekurangan dari Samsung A 30, mulai dari performa hingga sistem sensor. Selain dua hal tersebut, inilah kekurangan Samsung A 30 lainnya:

1. Tidak Memiliki Fitur NFC

Fitur NFC merupakan fitur pembayaran, yang dikeluarkan oleh Samsung. Jadi smartphone Samsung yang memiliki NFC, dapat melakukan pembayaran secara online, hanya dengan sensor dari bodi smartphone. Namun Samsung A 30 membuat penggemar NFC kecewa, karena Samsung A 30 tidak memiliki fitur NFC.

Mungkin karena smartphone ini merupakan smartphone murah, jadi fitur NFC ditiadakan. Tetapi fitur NFC juga belum begitu familiar, jadi tidak begitu masalah jika tidak ada.

2. Sensor Fingerprint Jadul

Meski sudah dilengkapi fitur Fingerprint, namun fitur tersebut dinilai jadul. Bukan fiturnya sebenarnya, namun letaknya. Letak sensor Fingerprint saat ini biasanya di layar, atau di tombol power. Namun Samsung A 30 memiliki sensor Fingerprint, yang letaknya dibelakang.

Mungkin sama dengan fitur NFC, letak Fingerprint juga terpengaruh harga. Pasalnya untuk smartphone Samsung menengah ke atas, rata-rata Finger Print sudah terletak di layar dan tombol power.

3. Tidak Tahan Debu dan Air

Perlu diketahui bahwa Samsung A 30 belum tahan debu dan air, jadi harus berhati-hati dalam menggunakannya. Sepertinya smartphone yang tahan debu dan air, memang masih jarang. Selain itu jenis smartphone yang tahan debu dan air, biasanya smartphone menengah keatas. Sementara Samsung A 30 merupakan smartphone terjangkau.

Jadi sepertinya sulit untuk smartphone murah, menambahkan fitur tahan debu dan air. Pasalnya fitur tersebut, dapat membuat harga smartphone menjadi bengkak. Mungkin di masa depan, fitur tahan debu dan air akan jauh lebih murah.

4. Sensor Pengenalan Dinilai Lambat

Menurut beberapa pengguna Samsung A 30, sensor pengenalannya cukup lambat. Samsung A 30 memiliki sensor pengenalan wajah, yang sekaligus menjadi sensor pengaman. Namun sensor pengenalan tersebut dinilai lambat, dalam mengenali wajah pengguna. Bukan hanya fitur pengenalan, fitur Finger Print nya juga dinilai lambat.

5. Tidak Begitu Bagus Untuk Bermain Game Berat

Para pecinta game berat, sepertinya tidak cocok dengan Samsung A 30. Pasalnya Samsung A 30 punya performa yang kurang, jika digunakan untuk bermain game berat. Bisa dibilang Samsung A 30 lebih cocok untuk penggunaan yang ringan, seperti bermain sosmed atau belajar.

Jika ingin bermain game, maka disarankan untuk mengunduh game ringan. Pasalnya smartphone Samsung A 30 dapat berat, jika diisi game yang terlalu menguras performanya.

Itulah kelebihan dan kekurangan Samsung A 30 yang harus diketahui. Pembahasan kelebihan dan kekurangan diatas dapat menjadi pertimbangan, sebelum membeli Samsung A 30. Namun secara keseluruhan, Samsung A 30 cukup bagus untuk digunakan saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *