Simak Perbedaan Oppo Reno 4 dengan Oppo Reno 4F, Agar Tidak Keliru

By | April 4, 2021
Perbedaan Oppo Reno 4 dengan Oppo Reno 4F

Gohitzz.com – Tahun 2020 lalu, tepatnya di bulan Oktober, vendor gadget ternama Oppo meluncurkan sebuah produk unggulan yang diberi nama Oppo Reno 4F. Kabarnya, produk ini merupakan versi ekonomis dari seri sebelumnya yakni Oppo Reno 4. Hal ini pun lantas menarik perhatian publik yang penasaran terkait perbedaan Oppo Reno 4 dengan Oppo Reno 4F tersebut.

Tentunya, karena harga Reno 4F lebih miring, membuat publik menduga-duga segala hal terkait produk gadget terbaru buatan vendor Oppo ini. Terutama, berkaitan dengan spesifikasi andalan apa saja yang menjadi indikasi perbedaan Oppo Reno 4 dengan Oppo Reno 4F? Jangan-jangan, ada banyak pemangkasan spesifikasi yang dilakukan Oppo demi mengejar harga ekonomis?!

Daripada terus menduga-duga dan tidak menemukan kejelasan terkait perbedaan Oppo Reno 4 dengan Oppo Reno 4F, maka ada baiknya membaca ulasan ini hingga akhir! Pasalnya, disini segala informasi mengenai perbedaan keduanya telah diuraikan secara lengkap. Mulai dari perbedaan tampilan luar hingga spesifikasi yang menyokong  kinerja, dijelaskan secara gamblang, seperti berikut:

Berbagai Perbedaan Oppo Reno 4 dengan Oppo Reno 4F pada Spesifikasinya

Meski memiliki nama yang mirip, ternyata kedua produk yang diluncurkan oleh vendor Oppo ini memiliki sejumlah perbedaan. Khususnya, pada sejumlah kelengkapan yang ditanamkan sang produsen pada kedua gadget unggulan ini. Misalnya, perbedaan Oppo Reno 4 dengan Oppo Reno 4F tersebut dapat diamati pada hal berikut:

1. Perbedaan Tampilan Fisik Keduanya

Ketika hendak membandingkan dua buah ponsel untuk mengetahui perbedaannya, maka yang paling mudah dilakukan pertama kali adalah mengidentifikasi berbagai spesifikasi fisiknya. Secara sepintas, baik Oppo Reno 4 dan Oppo Reno 4F mengusung konsep yang nyaris serupa, namun demikian, keduanya memiliki fisik berbeda. Terutama, dapat dilihat pada beberapa indikator di bawah ini:

a. Konsep Warna Ponsel 

Sebagai versi mutakhir buatan vendor Oppo, Reno 4F lebih mengikuti tren fisik smartphone kekinian. Terbukti dari konsep warna yang lebih classy seperti white-black, metallic white, dan black matte. Hal ini cukup berbeda dengan Oppo Reno 4 yang lebih dulu diluncurkan dengan konsep dua pilihan warna, yakni galactic blue dan space black.

b. Ukuran Ponsel

Ketika pertama kali diluncurkan, ponsel pintar Reno 4 bisa dikatakan sebagai ponsel andalan vendor Oppo yang mengusung konsep body tipis. Bayangkan saja, ketebalan ponsel ini hanya 7,7 mm, membuatnya terlihat modern dan nyaman digunakan. Tapi ternyata, Oppo 4F memiliki body yang lebih tipis lagi, yakni sekira 7,48 mm yang menjadikannya terlihat lebih kekinian.

c. Berat Total Perangkat

Karena memiliki body yang sedikit lebih ramping, maka Oppo Reno 4F lebih ringan daripada Oppo Reno 4. Yakni dengan berat total  ponsel yang hanya 164 gram untuk Reno 4F dan sekira 165 gram untuk Reno 4. Selisih berat total yang hanya satu gram membuat pengguna sering mengira berat kedua ponsel besutan vendor China ini sama.

2. Kelengkapan Dapur Pacu Ponsel

Andal atau tidaknya kinerja sebuah ponsel pintar, salah satunya sangat bergantung pada jenis kelengkapan yang disediakan vendor pada dapur pacunya. Karena itu, menarik untuk memperhatikan spesifikasi dapur pacu  kedua gadget ini, untuk mengetahui perbedaan Oppo Reno 4 dengan Oppo Reno 4F. Khususnya pada sejumlah komponen penting dapur pacu di bawah ini:

BACA JUGA :  Ini Perbedaan Oppo A52 dan A53 Mulai dari Harga Hingga Spesifikasi!

a. Jenis Prosesor yang Dipakai

Membandingkan jenis prosesor yang dipakai pada kedua ponsel Oppo ini, jelas Reno 4 lebih unggul daripada Reno 4F. Ini karena ponsel Reno 4 telah memakai prosesor Snapdragon 720G (8 nm) yang menjadi primadona gadget kekinian. Berbeda dengan Reno 4F, memakai Mediatek Helio P95 (12nm) yang meskipun baik kinerjanya, tapi masih di bawah Snapdragon.

b. Merk CPU

Walaupun sama-sama mengusung konsep GPU delapan inti, nyatanya baik Oppo Reno 4 maupun Reno 4F memiliki bawaan CPU dengan kelengkapan yang berbeda. Yaitu, CPU 8 Inti: 2×2,3 GHz Kryo 465 gold dan 6×1,8 GHz Kryo silver pada reno 4. Sedangkan Reno 4F memakai CPU 8 inti: 2× 2,2 GHz Cortex – A75 dan 6×2,0 GHz Cortex A-55.

c. Kualitas GPU yang Dipakai

Berikutnya, perbedaan spesifikasi dapur pacu pada kedua gadget  pintar buatan vendor asal China ini,  juga terdapat pada GPU yang dipakai. Jika pada Reno 4 pengguna dapat menemukan jenis GPU Adreno 618, maka pada Reno 4F pengguna akan menemukan GPU PowerVR GM9446. Melihat spesifikasi keduanya dari sisi kualitas kinerja, jelas Reno 4 lebih bisa diandalkan.

3. Daya Simpan Baterai Gadget

Perbandingan besarnya daya simpan baterai pada kedua gadget canggih ini tidak begitu kentara. Pasalnya, pada Oppo Reno 4F pengguna dapat menemui daya simpan baterai sebesar 4000 mAh, hanya selisih sedikit dari Reno 4 yang mempunyai daya 4015 mAh. Walau demikian, Reno 4 memiliki keunggulan dari waktu pengisian ulang baterai yang lebih cepat dari Reno 4F.

4. Kelengkapan Kamera Reno 4 dan 4F

Adanya kelengkapan berupa kamera merupakan hal yang pokok bagi gadget mutakhir sekarang ini. Nampaknya, hal ini sangat dicermati vendor Oppo dengan memberikan spesifikasi kamera berkualitas pada kedua gadgetnya. Baik Oppo Reno 4 maupun Oppo Reno 4F, nyatanya sama-sama dilengkapi bawaan kamera utama dan kamera selfie dengan berbagai fitur dukungan yang andal.

Bedanya, jika pada Oppo Reno 4F memiliki spesifikasi dua buah kamera selfie utama 16 MP dengan dukungan kamera sekunder berkekuatan hingga 2 MP. Maka, pada Oppo Reno 4 dibekali dengan hanya satu kamera selfie berkekuatan 32 MP. Akan tetapi, walau hanya satu buah kamera depan, kualitas tangkapan yang dihasilkan Oppo Reno 4 jauh lebih jernih.

5. Spesifikasi Layar Kedua Gadget

Walaupun sama-sama mengusung layar Super Amoled yang memiliki kemampuan andal dalam menampilkan file HD, kedua gadget ini menyediakan ukuran layar berbeda. Perbedaan oppo reno 4 dengan oppo reno 4f ini dapat dilihat pada layarnya. Oppo Reno 4F yang dirilis lebih awal dibekali dengan ukuran layar lumayan lapang yakni 6,4 inchi. Menariknya, ukuran layar Reno 4F sedikit lebih besar yakni  6,43 inchi, membuat pengguna lebih leluasa.

Informasi Harga Oppo Reno 4 dan Oppo Reno 4F

Sebagai gadget yang memiliki spesifikasi unggulan, baik Oppo Reno 4 maupun Reno 4F dibanderol dengan harga cukup tinggi. Yakni dengan harga sekitar 5 juta rupiah untuk Reno 4 dan sekira 4,3 juta rupiah saja untuk semua fasilitas unggulan yang terdapat pada Reno 4F. Tentunya, pengguna tidak akan menyesal merogoh kocek untuk memiliki kedua gadget canggih ini.

Apalagi selama ini, gadget buatan Oppo termasuk yang paling merajai di pasar gadget Indonesia. Terutama, pada pangsa pasar gadget dengan konsumen di kelas menengah ke bawah, yang banyak menggilai produk vendor ini. Sehingga hal ini pun, sontak menjadi bukti yang tidak bisa terelakkan akan kualitas Oppo yang semakin dicintai masyarakat.

Selain itu, kecintaan masyarakat nampak pada kedua gadget yang digadang-gadang sebagai produk dengan banyak kelengkapan juara. Ya, meskipun ada indikasi perbedaan Oppo Reno 4 dengan Oppo Reno 4F pada spesifikasinya, kedua gadget tersebut tetap layak untuk dimiliki. Jadi pilih yang mana? Segera ke gerai Oppo terdekat untuk membeli salah satu dari gadget ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *