Ini Perbedaan Oppo A52 dan A53 Mulai dari Harga Hingga Spesifikasi!

By | April 2, 2021
Perbedaan Oppo A52 dan A53

Gohitzz.com – Oppo menjadi salah satu merk handphone terkemuka dan ternama di indonesia. Perlu diketahui bahwa merk hp asal china ini masuk pasar Indonesia sejak tahun 2013. Sudah hampir 8 tahun berada di Indonesia, Oppo sudah banyak mengeluarkan handphone. Salah satunya adalah Oppo A52 dan A53 yang rilis 2020 lalu. Lalu apa saja perbedaan Oppo A52 dan A53?

Sebenarnya dari segi desain, Oppo A52 dan A53 memiliki bentuk yang hampir sama. Hanya berbeda pada bentuk kamera. Namun, harga dari kedua handphone tersebut berbeda. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan spesifikasi keduanya berbeda. Ingin tahu perbedaan harga hingga spesifikasi kedua tipe HP tersebut? Simak ulasannya dibawah ini:

Harga Oppo A52 dan A53

Karena memiliki spesifikasi yang berbeda, harga Oppo A52 dan A53 juga jauh beda. Rentang harga perbedaannya kurang lebih sekitar Rp 500.000. Untuk harga Oppo A52 sebesar 3 jutaan dan jika ada promo menjadi 2,9 jutaan. Sedangkan harga dari Oppo A53 yaitu Rp 2,5 juta. Handphone ini bisa dibeli di toko seluler sekitar maupun di toko resmi Oppo.

Spesifikasi Oppo A52

Tidak bisa dipungkiri bahwa ketika ingin membeli ponsel baru, maka hal utama yang dilihat adalah spesifikasinya. Dengan mengetahui spesifikasi dari ponsel, maka bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan ponsel berikut. Dibawah ini akan dijelaskan spesifikasi dari ponsel merk Oppo tipe A52. Yuk simak:

  • Memori

Sangat lega! Oppo A52 berkapasitas sebesar 128 GB dengan RAM 6 GB. Kapasitasnya yang besar, Oppo A53 terbilang mumpuni dan bisa menyimpan banyak data.

  • Kamera

Jumlah kamera HP ini tidak main-main yaitu berjumlah 4 untuk kamera belakang. Resolusinya yaitu 12 MP, 8MP, 2MP dan 2MP. Kualitas video juga sudah 4K yang artinya sangat tajam. Sedangkan untuk bagian depan memiliki resolusi 8MP.

  • Layar

Oppo A52 memiliki layar super lebar dan tipis yaitu TFT LCD berukuran 6.5 inchi. Ditambah dengan full HD yang sudah dibawa ponsel tipe ini.

  • Baterai

Oppo A52 sangat awet pada segi baterai yaitu 5000 mAH dan termasuk baterai tanam. Selain itu, baterai Oppo A52 juga bisa diisi ulang menggunakan charger tanpa kabel. Ketika diisi ulang juga fast charging.

  • Chipset

Chipset atau prosesor yang dimiliki Oppo A52 adalah Snapdragon keluaran Qualcom 665 yang merupakan prosesor sangat top. Dijamin mulus dan tanpa lag.

  • Warna

Ponsel tipe ini hadir dengan 2 warna simple tetapi mewah yaitu putih dan hitam. Pada bagian belakang juga terdapat aksen seperti pantulan cahaya yang pastinya sangat elegan.

Spesifikasi Oppo A53

Berikutnya adalah spesifikasi untuk HP Oppo A53. Seperti yang diketahui bahwa harga dari tipe HP yang satu ini lebih murah dibanding oppo A52. Sudah penasaran? Langsung saja lihat spesifikasinya berikut ini:

  • Memori

Untuk memori internal yang dimiliki Oppo A53 sebesar 64 GB. Sedangkan untuk RAM yaitu 4GB.  Dengan kapasitas ini masih bisa digunakan untuk menyimpan foto maupun video.

  • Kamera

Nah, untuk handphone satu ini memiliki resolusi 13MP + 2MP + 2MP. Lalu untuk bagian depan justru lebih besar yaitu 16MP. Selfie bersama teman menjadi lebih menyenangkan.

  • Layar

Tak tanggung-tanggung, Oppo A53 mempunyai layar besar 6.5 inchi. Apalagi juga dengan resolusi 720 x 1600 yang dibawanya.

  • Baterai

Memiliki kapasitas baterai besar yaitu 5000 mAH. Tak perlu takut kehabisan baterai, dijamin tahan seharian penuh tanpa charge. Dilengkapi juga dengan kecepatan mengisi daya yang luar biasa cepat.

  • Chipset

Chipset Snapdragon adalah prosessor yang sering digunakan di berbagai HP dan terbukti berkualitas. Tidak kalah, chipset Oppo A53 adalah Snapdragon 460. Seri ini memiliki performa yang mumpuni.

  • Warna

Tak kalah, Oppo A53 tersedia dalam warna cantik yaitu hitam, putih, hijau, dan ungu. Penyuka warna-warna cerah pasti akan jatuh cinta dengan warna Oppo A53. Apalagi, jarang ditemukan ponsel berwarna ungu dan hijau.

BACA JUGA :  5 Cara Mengatasi File RAR yang Tidak Bisa Di Ekstrak di Android Anti Gagal

Perbedaan Oppo A52 dan A53

Sebelum membeli, perlu juga melihat perbedaan dari kedua HP untuk membandingkannya. Perbedaan tersebut dilihat dari prosesor hingga lokasi fingerprint untuk mengetahui kenyamanan pembaca. Nah, berikut ini perbedaan Oppo A52 dan A53 secara lengkap. Simak baik-baik disini:

1. Processor

Prosesor menjadi perbedaan Oppo A52 dan A53 yang harus dilihat pertama kali karena prosesor memegang kecanggihan dari HP.  Oppo A52 sudah mengusung processor Snapdragon 665. Processor jenis ini memiliki skor benchmark 315. Sedangkan prosesor pada Oppo A53 merupakan prosesor Snapdragon 460.

Fakta uniknya, Oppo A53 sendiri merupakan ponsel pertama yang mengusung prosesor Snapdragon 460. Prosessor ini memiliki skor pengujian lebih rendah yaitu 255 saja. Bagi pembaca yang sering menggunakan HP untuk kegiatan berat, maka pilihlah Oppo A52.

2. Kamera

Kamera belakang Oppo A52 berjumlah 4 dengan 12 MP main camera, 8 MP kamera ultra width dan kamera 2MP berjumlah 2 untuk makro. Sedangkan Oppo A53 memiliki kamera berjumlah 3 dengan resolusi 13 MP dan 2 kamera beresolusi 2MP. Hampir sama tetapi Oppo A53 tanpa kamera ultra width.

Dari segi perekaman video juga Oppo A52 lebih jelas dan mumpuni dibanding dengan Oppo A53 dengan resolusi 4K vs 1080P. Bagi penyuka fotografi atau vlogging maka disarankan untuk membeli Oppo A52. Namun, jika tidak terlalu suka fotografi dan mencari ponsel harga murah bisa membeli Oppo A53.

3. Dimensi Pixel

Dimensi pixel atau layar dari kedua ponsel yaitu 6.5 inchi. Keduanya juga sama-sama memiliki bentuk layar neo panel. Namun tetap ada perbedaan Oppo A52 dan A53 dari resolusi yang dihadirkan. Untuk Oppo A52 mempunyai resolusi full HD ukuran 1080 x 2040. Sedangkan untuk Oppo A53, hanya mempunyai resolusi HD ukuran 720 x 1600.

Hasil kejernihan dan ketajaman gambar sudah dipastikan bahwa Oppo A52 lebih tajam. Penyuka game online pasti akan merasa puas ketika bermain menggunakan Oppo A52. Sampai disini, Oppo A52 lebih mumpuni daripada Oppo A53.

4. Refresh Rate

Tak kalah penting, perbedaan selanjutnya yang perlu diketahui adalah refresh rate. Nah, refresh rate sendiri merupakan kemampuan ponsel dalam menangkap gambar per detik. Angka refresh rate semakin tinggi maka kemampuan ponsel dalam refresh semakin cepat. Bisa diartikan bahwa ponsel akan berjalan tanpa gangguan layar.

Ternyata refresh rate Oppo A53 memiliki angka lebih dibandingkan Oppo A52 yaitu 90 Hz. Sedangkan Oppo A52 hanya 60 H. Wah, Oppo A53 bisa menjadi pilihan yang harus wajib dibeli bagi penyuka game nih! Semakin bimbang bukan?

5. Jumlah Slot Card dan Penyimpanan

Perbedaan kelima adalah jumlah slot card. Dilihat dari slot card, Oppo A53 memiliki keunggulan lebih yaitu dengan adanya slot tambahan untuk memori card. Sedangkan pada Oppo A52, tidak tersedia slot untuk memory card.

Selain slot card, memori juga menjadi faktor penting dari sebuah handphone. Semakin besar kapasitas memori maka handphone juga semakin baik. Kapabilitas memori dari Oppo A52 lebih mantap dan lega yaitu 8GB/128 GB. Sedangkan untuk Oppo A53 hanya 4GB/64GB.

6. Lokasi Fingerprint

Fingerprint atau sidik jari menjadi fitur yang wajib ada untuk ponsel zaman sekarang. Seperti kebanyakan ponsel yang hadir sekarang, Oppo A53 memiliki fingerprint pada bagian belakang. Sementara itu untuk Oppo A52 berada pada bagian samping. Tepatnya di dekat tombol hidup dan matikan (power).

Itulah tadi merupakan penjelasan lengkap mengenai perbedaan Oppo A52 dan A53. Setelah melihat perbedaannya, bisa dilihat bahwa Oppo A52 memiliki spesifikasi lebih mumpuni. Tidak heran jika harganya juga lebih mahal. Jadi disarankan untuk membeli Oppo A52 dan jika pembaca memiliki budget yang ada. Jika tidak ada budget, membeli Oppo A53 juga tidak masalah karena Oppo A53 tetap memiliki spesifikasi yang baik.

2 thoughts on “Ini Perbedaan Oppo A52 dan A53 Mulai dari Harga Hingga Spesifikasi!

  1. Pingback: Perbedaan Oppo Reno 4 dengan Oppo Reno 4F, Tentunya Keren

  2. Pingback: √ Spesifikasi Oppo Find X2 Pro Terbaru Informasi Harga disini

Leave a Reply