Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup Terjitu

By | April 4, 2021
Tahukah bagaimana cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup? Simak ulasan berikut untuk mendapat informasinya.

Gohitzz.com – Seiring penggunaan laptop yang kompleks, sering membuat perangkat ini bermasalah, semisal layar mati dan hanya menunjukan tanda kehidupan pada lampu power saja. Jika ini terjadi secara mendadak pada laptop, apa yang harus dilakukan? Tahukah bagaimana cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup? Simak ulasan berikut untuk mendapat informasinya.

Masalah ini memang sering terjadi dan membuat pengguna laptop merasa kebingungan. Sayangnya, meski terbilang penting, ternyata, banyak pengguna yang belum memahami cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup. Padahal, dengan memahaminya, pengguna dapat melakukan tindakan terbaik yang segera bisa diambil untuk penyelamatan laptop beserta data di dalamnya.

Berdasarkan hal tersebutlah, maka ulasan ini sengaja membahas tentang alternatif cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup terjitu. Tidak hanya itu, di sini juga akan dijelaskan mengenai indikasi yang mengakibatkan kerusakan komponen laptop dan membuatnya tidak bisa menyala. Jadi, pastikan tidak ketinggalan beragam informasi penting berikut ini!.

Penyebab Kerusakan Laptop: Lampu Power Hidup tapi Layar Tidak Bisa Nyala

Terjadinya masalah laptop mengindikasikan bahwa terdapat kerusakan pada sejumlah komponen yang ada di dalamnya. Pengguna harus jeli dalam mengidentifikasi setiap komponen yang dicurigai agar dapat melakukan tindakan tepat. Oleh karena itulah, pemahaman indikasinya, diperlukan sebagai persiapan dalam mengetahui cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup di bawah ini:

1.  Terjadinya Kerusakan pada Ram

Salah satu komponen penting yang berguna dalam menjalankan kinerja perangkat laptop yang kompleks adalah Ram. Komponen ini seringkali mengalami masalah dan tidak dapat menjalankan kinerjanya dengan baik ketika pekerjaan terlalu berat dan bisa mengakibatkan laptop mati. Misalkan saja ketika pengguna menginstal berbagai aplikasi berat yang tidak sesuai dengan ramnya jelas  membebani.

2. Masalah pada Baterai Laptop

Kecurigaan kedua yang patut dijadikan dasar ketika laptop tiba-tiba off dan hanya nyala lampu powernya saja adalah masalah baterai. Kemungkinan pertama yang bisa diamati karena daya baterai pada laptop telah habis sehingga tidak bisa menyokong kinerja laptop. Selain itu,  yang lebih parah, ditengarai ada kemungkinan kerusakan komponen baterai dan mengalami drop.

3. Gangguan pada Kabel Penghubung Layar

Sama halnya seperti pada gadget tipe sledding atau komputer dekstop, ada kabel penghubung yang menjadikan layar laptop bisa menyala. Jika ini mengalami kerusakan atau putus, jelas akan berakibat pada terganggunya fungsi layar.

4. Ada Masalah pada HDD Laptop

Hardisk (HDD) yang merupakan komponen utama pada laptop pun sering mengalami kerusakan. Sehingga komponen ini patut dicurigai saat laptop hanya nyala lampu powernya saja. Penyebab HDD bermasalah bisa karena virus, memori penyimpanan yang penuh dan lain sebagainya.

5. Komponen VGA Rusak

Masalah berikutnya bisa jadi akibat adanya gangguan pada fungsi komponen Video Graphic Array atau VGA. Komponen ini memiliki tugas mengubah sinyal digital menjadi beraneka konten pada layar laptop sehingga ketika terjadi kerusakan maka tampilan laptop pun terganggu.

6. Indikasi Overheating

Mungkin juga penyebab matinya layar laptop terjadi karena suhu laptop yang terlalu tinggi atau biasa disebut overheating. Penyebab masalah ini biasanya berawal dari penggunaan yang kurang bijak atau kerusakan komponen kipas laptop.

BACA JUGA :  Cara Mengatasi Laptop yang Lemot Tanpa Bantuan

7. Kemungkinan Kerusakan Komponen Lain

Terakhir, kemungkinan yang menyebabkan laptop nyala lampu powernya saja bisa diakibatkan ada trouble pada sejumlah komponen lain. Seperti penginstalan aplikasi yang tidak kompatibel, file corrupt,  kerusakan pada bios, dan lain sebagainya.

Inilah Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala tapi Lampu Power Hidup

Setelah memahami berbagai indikasi yang menyebabkan laptop mati tiba-tiba dan hanya nyala powernya saja, sekarang saatnya untuk memahami penanganannya. Setidaknya, ada beberapa alternatif penanganan yang bisa dilakukan merujuk pada indikasi tersebut. Seperti beberapa cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup berikut ini:

1. Periksa Daya Baterai Laptop

Hal pertama yang paling mungkin dilakukan adalah memeriksa daya baterai yang tertanam pada perangkat laptop. Segera lakukan pengisian ulang daya jika memang sumber masalah yang terjadi karena kekosongan baterai akibat lamanya waktu pakai. Namun, bila ternyata sumber masalah adalah dropnya daya, maka melakukan penggantian sparepart baterai merupakan langkah yang paling tepat.

2. Cek Kondisi Random Access Memory

Seperti diketahui, Ram memiliki peranan sangat penting dalam menyokong kinerja pada laptop, sehingga perlu segera dilakukan pengecekan. Tindakan pembaruan Ram yang kompatibel akan membantu mengembalikan fungsi laptop kepada yang semestinya. Namun, mengingat harga Ram ini cukup besar, ada baiknya melakukan percobaan dari Ram laptop lain dulu sebelum penggantian, agar tidak mubazir.

3. Ganti Kabel Fleksibel yang Sesuai

Jangan lupa juga untuk melakukan pemeriksaan kabel fleksibel yang menghubungkan pada layar laptop. Jika ditemukan masalah terkait kelayakan kabel, segera lakukan penggantian. Ingat! Pemilihan kabel fleksibel ini semestinya sesuai dengan laptop agar keberadaanya optimal.

4. Diagnosis Hardisk dan Lakukan Pembaruan

Cek juga keberadaan dan kondisi komponen hardisk yang digunakan pada perangkat laptop. Apabila telah dilakukan pengecekan dan ternyata benar ditemukan adanya kerusakan besar pada komponen HDD, maka tidak ada pilihan lain. Segera lakukan pembaruan hardisk untuk dapat menjalankan kinerja laptop seperti sedia kala.

5. Periksa Komponen Mainboard Laptop

Opsi kelima yang mungkin menjadi alternatif adalah melakukan penggantian pada komponen mainboard yang dicurigai rusak. Tetapi sekedar informasi, bahwa ketika mengganti komponen ini maka biaya yang diperlukan relatif besar. Pasalnya, harga Mainboard di pasaran terbilang mahal dan nyaris menyerupai harga laptop. Sehingga banyak pengguna akhirnya memilih untuk beli laptop baru saja.

6. Pastikan Fungsi Kipas Laptop Baik

Sepele namun tidak kalah penting untuk dilakukan adalah mengecek kondisi kipas laptop yang berfungsi untuk pendinginan mesin secara berkala. Bila kemudian pengguna mendapati adanya kerusakan cukup parah pada komponen ini, sebaiknya segera dilakukan perombakan. Atau pengguna bisa juga memilih alternatif lain, dengan cara memasang kipas eksternal untuk mencegah overheating.

7. Lakukan Pengecekan Tambahan

Pengecekan tambahan yang perlu dijalankan  oleh pengguna  adalah memeriksa setingan Bios laptop. Tidak jarang, ada masalah yang terjadi pada fungsi Bios ini sehingga menjadikan laptop tidak menyala dan hanya powernya yang hidup. Cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup ini bisa ditempuh dengan melepas komponen laptop seperti baterai, adaptor, lalu memasangnya kembali dan melakukan restart ulang.

Selain Bios, kemungkinan lain macetnya kinerja laptop dan berakibat tidak bisa menyala yakni adanya hardware tambahan yang masih terhubung. Biasanya, pengguna lupa mencabut perangkat seperti Memory, flashdisk, atau kabel data yang menghubungkan ponsel saat laptop akan dinyalakan. Padahal, ketika settingan booting hardware tambahan ini masih ada, bisa menghambat penyalaan laptop.

Memang, masalah-masalah yang terjadi pada laptop tersebut merupakan hal yang biasa terjadi. Akan tetapi, perlu diingat, sumber utama dari kerusakan ini seringkali karena penggunaan yang kurang bijaksana. Karenanya bijaksanalah dalam penggunaannya!  Serta terakhir, semoga berbagai sajian informasi mengenai cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup ini bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *