Review Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 3 Terbaru

By | April 1, 2021
Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 3

Gohitzz.com – Pecinta gadget kelas menengah ke bawah di Indonesia tentu tidak bisa melupakan kehadiran vendor dengan berbagai produk menarik, Xiaomi. Misalnya saja, salah satu gadget terbaik yang pernah diluncurkan Xiaomi yakni Redmi Note 3 yang sukses menembus pasar. Bahkan berbagai review tentang kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi Note 3 pun ramai diperbincangkan publik.

Berbagai aspek yang dibekalkan pun tidak pelak jadi bahan review  para pengamat terkait kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi Note 3. Mulai dari berbagai seluk beluk tentang dapur pacu, kamera, jaringan, hingga daya simpan baterai turut menjadi sorotan.

Memang, mereview sebuah produk gadget unggulan dari vendor ternama seperti Xiaomi, merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Apalagi, jika secara khusus membedah kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi Note 3, yang notabene gadget populer vendor tersebut. Tentunya , kehangatan berbagai macam jenis topik pembahasan tentang spesifikasi di dalamnya, akan semakin terasa mengasyikan.

Spesifikasi Lengkap Xiaomi  Redmi Note 3

Banyaknya review yang dilontarkan oleh para pengamat gadget terkait kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi Note 3, mengindikasikan adanya keistimewaan pada produk ini. Terutama, keistimewaan tersebut dapat diamati dari rangkaian kelengkapan yang terdapat pada ponsel untuk menunjang performanya. Seperti di antaranya beberapa spesifikasi yang dapat diperoleh pada Xiaomi Redmi Note 3 berikut ini:

  • Dimensi gadget panjang 150 mm, lebar 76 mm, ketebalan 8.7 mm dengan berat 164.9 gram;
  • Layar memakai tipe IPS LCD dengan lebar 5.5 inchi;
  • Dapur Pacu kombinasi snapdragon 650, CPU 8 inti, dan Adreno 510 pada GPU;
  • Kamera Belakang berkekuatan 16 MP dengan dual LED membuat hasil menawan;
  • Kamera Depan 5 MP untuk keperluan selfie;
  • Internal Memori dua pilihan yakni 16 dan 32 GB;
  • Pilihan ram 2 GB untuk versi standar dan 3 GB untuk versi upgrade;
  • Jaringan HSPA, GSM dan mendukung LTE;
  • Sistem operasi versi Android Lollipop 5.1.1.; dan
  • Daya baterai tanam Li-Po 4050 mAh.

Mengamati sekilas mengenai beberapa spesifikasi yang dipunyai gadget besutan vendor Xiaomi, seolah memantik rasa untuk mengulasnya lebih jauh. Terutama, terkait kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi Note 3, baik dari segi tampilan luar maupun dari fungsional dalamnya. Sehingga, karena hal tersebutlah maka secara khusus pembahasan tentang komponennya ini akan diulas lebih mendalam.

Kelebihan Xiaomi Redmi Note 3

Pada saat kemunculannya, Xiaomi Redmi Note 3 menjadi kabar gembira bagi  masyarakat yang menginginkan gadget murah berkualitas. Kehadirannya yang bagai angin segar, membuat produk Xiaomi ini cepat diserbu oleh para pengguna gadget kelas menengah ke bawah. Terutama, penyerbuan ini, tidak bisa dilepaskan dari sejumlah anggapan tentang kelebihan Redmi Note 3, seperti berikut:

1. Tampilan yang Asyik 

Kelebihan pertama yang bisa diamati dari Xiaomi Redmi Note 3 adalah tampilan desain luarnya yang asyik. Memiliki dimensi yang tidak terlalu besar yakni panjang 150 mm, lebar 76 mm, dan tebal 8.7 mm  membuatnya nyaman saat digenggam. Apalagi berat ponsel ini hanya sekira 164, 9 gram dirasa aman saat diletakkan di dalam saku.

2. Pemakaian Layar Andal Berteknologi IPS

Jenis layar yang dipakai pada ponsel memiliki pengaruh dalam lamanya penggunaan gadget tersebut. Mungkin inilah yang melatarbelakangi Xiaomi membekali gadget buatannya dengan layar berteknologi IPS LCD yang dikenal andal. Lebih dari itu, kepuasan pengguna dalam mencermati berbagai fitur akan leluasa karena dimensi layar gadget ini 5,5 inchi.

BACA JUGA :  Cara Memindahkan WA dari Android ke Iphone dengan Mudah

3. Dapur Pacu yang Efisien

Baik dan buruknya sebuah perangkat elektronik semisal gadget, salah satunya ditentukan oleh kehadiran dapur pacu sebagai komponen utama. Pada produk gadget Redmi Note 3, Xiaomi mengkombinasikan dapur pacu yang mampu menghasilkan kinerja terbaik. Kinerja ini didapat dari adanya Adreno 510 pada GPU yang disandingkan dengan snapdragon 650 dan  CPU 6 inti.

4. Sistem Operasi Android Mumpuni.

Layaknya telepon seluler berbasis android yang lain, untuk menjalankan fungsi kerjanya Xiaomi Redmi Note 3 memerlukan sistem operasi yang sesuai. Kali ini, Xiaomi sebagai vendor telah memanjakan para konsumen dengan memberikan OS android versi Lollipop 5.1.1. pada produk gadget ini. Jelas dengan adanya versi sistem operasi ini membuat kinerja gadget bisa diandalkan.

5. Kamera Utama Didukung LED

Bersua foto atau menangkap moment-moment spesial berupa video menggunakan perangkat layaknya ponsel pintar lazim dilakukan sekarang. Bagi pengguna Redmi Note 3 yang gemar melakukan aktifitas multimedia ini tidak perlu khawatir. Karena, gadget ini telah dibekali dengan spesifikasi kamera utama 16 MP yang ditunjang dual LED, sehingga membuat hasil gambar atau video maksimal.

6. Pilihan Ruang Penyimpanan Cukup Lapang

Untuk keperluan penyimpanan pada Redmi Note 3 pun tidak perlu dikhawatirkan karena kapasitas yang dibekalkan Xiaomi lumayan memadai. Ada pilihan besar kapasitas yakni 16 GB untuk versi standar dengan ram 2 GB. Selain itu ada versi tinggi dengan kapasitas 32 GB dan ram 3 GB.

7. Jaringan Cepat LTE

Kepopuleran jaringan 4G LTE sebagai akses cepat, sekarang sudah tidak terbantahkan lagi. Khususnya pada Xiaomi Redmi Note 3 ini yang telah mumpuni untuk digunakan pada jaringan 4G LTE. Jadi dengannya, para pengguna bisa lebih leluasa saat berselancar di dunia maya.

Kekurangan Xiaomi Redmi Note 3

Sisi lain yang seringkali menimbulkan kecurigaan para pengguna pada sebuah gadget pintar yang dijual dengan harga miring adalah kekurangan yang ada padanya. Termasuk, pada gadget murah Xiaomi Redmi Note 3 yang ternyata tidak bisa lepas dari berbagai macam kekurangan. Khususnya, kekurangan pada Redmi Note 3, setidaknya terlihat pada sejumlah komponen penting berikut.

1. Selfie Camera yang Tidak Ditunjang LED

Meski memiliki kamera depan mumpuni yang memiliki kapasitas 5 Mega Pixel, sangat disayangkan karena tidak ditunjang dengan adanya LED, layaknya pada kamera bagian belakang. Padahal, adanya LED bisa bermanfaat untuk memperbaiki kualitas pencahayaan pada saat pengguna berselfie ria. Apalagi, jika kegiatan selfi dilakukan di malam hari, tentu keberadaan LED akan sangat penting.

2. Penggunaan Baterai Tanam yang Kurang Memuaskan

Sebenarnya daya simpan baterai yang diberikan vendor Xiaomi pada Redmi Note 3, terbilang besar untuk ukuran gadget sekelasnya. Hanya saja, jenis baterai yang dipakai adalah baterai tanam yang meresahkan bagi banyak orang. Seperti diketahui bersama, penggunaan baterai ini akan sulit untuk diperbaiki kembali, ketika suatu saat terjadi kerusakan yang tidak diinginkan.

Memang, melihat beberapa kekurangan yang masih terdapat pada sejumlah komponen  ponsel Xiaomi Redmi Note 3 di atas sangat disayangkan. Namun demikian, pada kenyataannya, kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi Note 3 tersebut saling menutupi satu sama lain. Sehingga, bagaimanapun juga tetap membuat gadget pintar buatan Xiaomi ini, menarik untuk dipertimbangkan sebagai pilihan utama.

Terlebih lagi, untuk pangsa pasar harga menengah ke bawah, maka Xiaomi tidak akan luput dari daftar. Khususnya, produk Xiaomi Redmi Note  3 ini,  yang fenomenal sebagai gadget murah berkualitas. Nah sekarang, coba saja bandingkan kelebihan Xiaomi Redmi Note 3 dengan produk lain di kelasnya, pengguna akan tahu, kalau gadget ini sangat istimewa!.

Leave a Reply