Cara Memperbaiki LCD HP yang Tertekan dan Tips Merawatnya

By | April 4, 2021
Cara Memperbaiki LCD HP yang Tertekan

Gohitzz.com – Handphone salah satu teknologi canggih dan penting zaman sekarang. Kebutuhan terhadap handphone tidak hanya digunakan untuk menghubungi orang, namun juga pekerjaan. Secanggih apapun teknologi, lambat laun akan mengalami kerusakan. Tapi, pasti ada cara memperbaikinya jika belum parah. Contohnya cara memperbaiki LCD HP yang tertekan namun tidak sampai retak.

LCD atau Liquid Crystal Display yang rusak akibat tertekan akan berakibat buruk pada layar HP pengguna. Maka dari itu, diperlukan cara memperbaiki LCD HP yang tertekan ini agar akibatnya tidak semakin parah dan fatal. Terutama jika layar tampilan pada HP pengguna sudah bergerak-gerak sendiri dan tak terkendali. Adakah cara memperbaikinya? Berikut penjelasannya!

Cara Jitu Memperbaiki LCD HP yang Tertekan

LCD adalah salah satu macam display yang menggunakan kristal berupa liquid atau zat cair untuk memberikan tampilan yang dapat dilihat secara visual. Kecanggihan LCD tidak hanya digunakan pada HP saja, namun ada berbagai produk lain yang menggunakan teknologi ini. Beberapa contohnya adalah kalkulator, jam digital, TV, termometer digital, dan laptop.

Kerusakan yang terjadi pada LCD biasanya karena tertekan dan terbanting. Jika LCD tertekan begitu kasar layarnya dapat bergeser sendiri dinamakan ghost touch. Apabila LCD HP ada kerusakan layarnya tertekan namun tidak retak, pemilik bisa memperbaikinya sendiri. Beberapa cara memperbaiki LCD HP yang tertekan ini cukup mudah. Berikut ulasannya:

1. Periksa Dahulu Masalah pada LCD HP

Menekan display tampilan HP terlalu kasar dapat menyebabkan kerusakan pada LCD-nya. Inilah cara memperbaiki LCD HP yang tertekan yang tertekan pertama. Cek dan coba sentuh serta menggeser layar ke kanan-kiri atau atas-bawah. Jika terjadi atau ada masalah ketika menggeser layar, maka LCD HP sudah terganggu.

Kemudian periksa juga apakah layar utamanya retak atau tidak. Jika iya, maka harus membawa HP tersebut ke jasa service. Karena tidak mungkin bagi pemilik memperbaiki layar HP yang sudah retak jika tidak memiliki pengalaman. Namun, jika tidak retak lanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Gunakan Aplikasi Pengkalibrasi LCD HP

Inilah cara memperbaiki LCD HP yang tertekan selanjutnya. Mengkalibrasi LCD HP harus rutin dilakukan. Namun, biasanya pengguna sering lupa bahkan tidak pernah sama sekali. Kalibrasi dapat dilakukan jika LCD HP tertekan tapi tidaklah retak namun layarnya bergerak-gerak sendiri tanpa bisa dikendalikan.

Aplikasi kalibrasi bisa diunduh secara gratis di playstore atau appstore kemudian install di HP tersebut. Ada berbagai macam model aplikasi kalibrasi LCD HP ini, pemilik dapat memilihnya sesuai spesifikasi HP. Ini akan sangat membantu jika pemilik memiliki masalah LCD HP tertekan dan ghost touch.

3. Periksa Tempered Glass HP

Memeriksa pelindung ganda menjadi cara memperbaiki LCD HP yang tertekan berikutnya. Setiap membeli HP, pastinya ponsel tersebut akan langsung ada pelindung LCD ganda, antigores, atau biasa disebut tempered glass. Walau jarang terjadi, tapi ada kemungkinan pelindung HP ganda inilah yang membuat LCD bergerak sendiri.

Ini diakibatkan penggunaan pelindung LCD HP yang sudah terlalu lama digunakan ataupun sudah retak. Jika pelindung LCD ganda sudah terlalu lama bahkan retak seharusnya diganti agar tidak menyebabkan ghost touch bahkan kerusakan pada layar ponsel.

4. Ganti Tempered Glass yang Lebih Baik

Begitu banyak model tempered glass yang dijual, maka dari itu pilihlah dengan spesifikasi tinggi dan sesuaikan dengan jenis HP. Jangan lupa untuk memilih tempered glass yang lebih tebal dari sebelumnya. Ini untuk meminimalisirkan goresan sekaligus keretakan tampilan display HP jika terbanting.

BACA JUGA :  Amati 6 Ciri iPhone Rekondisi Supaya Tidak Tertipu Saat Membeli

Jika setelah mengganti tempered glass HP, namun display HP masih bergeser sendiri, maka harus dilakukan cara yang terakhir. Cara memperbaiki LCD HP yang tertekan tersebut mungkin memakan budget yang tidaklah murah bahkan mahal tergantung seberapa parah LCD HP tersebut.

5. Melakukan Service

Ini merupakan cara memperbaiki LCD HP yang tertekan terakhir. Cara ini dapat dipilih ketika telah melakukan berbagai hal sebelumnya namun tidak ada yang berhasil. Pelayan jasa akan membantu mengatasi dan memperbaiki LCD HP yang tertekan tersebut. Tentu saja lebih berpengalaman dan mendiagnosa kerusakan pada LCD HP dengan cepat dan tepat.

Pelayan jasa juga tentunya akan memberikan solusi yang terbaik dengan memperbaiki LCD HP yang tertekan atau menggantinya. Sebaiknya, jika melakukan cara yang terakhir ini gunakanlah service atau pelayanan jasa yang resmi dari HP tersebut. Selain terpercaya, pemilik juga tidak risau jika HP-nya diutak-atik oleh pelayanan jasa yang resmi.

Tips Merawat LCD HP Agar Tidak Mudah Rusak

Setelah tahu cara memperbaiki LCD HP yang tertekan, maka selanjutnya menjaga dan merawatnya agar tidak terulang hal yang sama. Merawat dan berhati-hati saat menggunakan ponsel menjadi kunci utama agar LCD HP tidak mudah rusak. Terutama bagi pemilik yang bekerja menggunakan HP harus ekstra hati-hati.

Kerusakan tersebut dapat berupa kerusakan ringan maupun berat. Kerusakan ringan seperti tergores, sedangkan berat contohnya jatuh dan retak. Untuk menghindarinya ada banyak sekali cara untuk merawat dan menjaga LCD HP agar tidak mudah rusak. Apa sajakah cara-cara tersebut? Berikut penjelasannya!

1. Sentuh dengan Jari atau Jempol

Ini merupakan cara dasar bagi pengguna atau pemilik yang menggunakan HP dengan touchscreen, harus menyentuhnya dengan jari atau jempol. Jangan sekali-kali menggunakan kuku karena dapat menggores permukaan layar HP anda.

2. Jangan Terkena Paparan Magnet dan Sinar Matahari Langsung

Terkena paparan magnet dan sinar matahari secara langsung dapat membuat LCD HP menjadi rusak. Memang efek ini tidak sekejap dan memerlukan waktu. Maka dari itu jangan sering-sering memaparkan HP pada magnet dan sinar matahari secara langsung.

3. Hindari Menekan Layar Terlalu Kasar dan Simpan di Tempat Aman dan Longgar

Ini akan berakibat pada rusaknya LCD HP dan membuatnya mudah terkena ghost touch. Selain itu juga dapat menyebabkan flickering dan sebagainya. Penyimpanan HP juga perlu diperhatikan, jangan menyimpannya di tas yang sesak penuh barang. Karena hal tersebut dapat menekan layar HP dan membuatnya rusak.

4. Gunakan Pelindung Layar Ganda dan Rutin Bersihkan dan Dikalibrasi

Ada berbagai pelindung layar ganda yang dapat melindungi HP dan bisa dipilih sesuai dengan fungsinya. Jangan lupa untuk rutin menggantinya jika sudah terlalu lama atau pecah. Jangan lupa untuk sering membersihkan layar dan mengkalibrasinya menggunakan aplikasi yang tersedia dan dapat diunduh gratis. Hal ini akan sangat membantu agar layar HP pengguna tetap beroperasi dengan baik.

Nah, itulah cara memperbaiki LCD HP yang tertekan dan tips merawatnya agar tidak mudah rusak. Cara memperbaiki tersebut dapat dicoba sebelum membawanya ke jasa service HP. Selain itu, cara tersebut aman dan tidak akan memperparah kerusakan HP pengguna. Juga dapat menghemat uang jika berhasil.

Selain cara memperbaiki LCD HP yang tertekan juga ada tips merawatnya agar tidak mudah rusak. Perawatan dan kehati-hatian dalam menggunakan HP dan menjaga LCD-nya tetap berfungsi baik sangat penting juga mudah dilakukan. Jadi, pengguna harus menggunakan HP dengan hati-hati dan merawatnya dengan baik karena ongkos perbaikannya tidaklah murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *