Cara Memindahkan Data dari Android ke iPhone dengan Manual & Aplikasi

By | March 30, 2021
Cara Memindahkan Data dari Android ke iPhone

Gohitzz.com – Memiliki HP yang baru tentunya sangat menyenangkan. Namun, dibalik kesenangan tersebut, ada tugas berat yang menanti, yaitu memindahkan data dari ponsel lama ke ponsel baru. Jika ponsel yang baru menggunakan sistem yang sama seharusnya prosesnya cepat dan mudah. Namun, jika berbeda, maka caranya lebih rumit dan panjang. Jadi, bagaimanakah cara memindahkan data dari android ke iPhone atau sebaliknya?

Memindahkan data dari android ke iPhone tidak bisa hanya dengan dua ponsel saja. Namun, juga membutuhkan bantuan aplikasi atau kabel USB. Untuk jenis bantuan yang dibutuhkan tergantung jumlah data yang dipindah. Jika tidak banyak, maka bisa menggunakan kabel data, namun jika banyak maka sebaiknya menggunakan aplikasi.

Cara dan Aplikasi Untuk Proses Pemindahan

Ketika memutuskan untuk memindahkan data, maka pastikan tidak terburu-buru. Hal ini dikarenakan proses pemindahannya yang lama dan membutuhkan cara yang berbeda-beda untuk setiap jenis dokumen. Nah, untuk lebih detailnya, berikut adalah beberapa cara memindahkan data dari android ke iPhone dengan manual atau aplikasi:

1. Menggunakan Kabel Data

Jika jumlah data yang ingin dipindah tidak terlalu banyak, maka gunakan kabel data untuk melakukan proses transfer. Cara memindahkan data dari android ke iphone adalah dengan menyambungkan ponsel android ke laptop atau PC menggunakan kabel data. Pertama  sambungkan ponsel ke laptop dan pindahkan semua data yang dibutuhkan.

Jika sudah selesai, maka eject ponsel dari laptop dan sambungkan dengan iPhone. Sebelum memindahkan data ke iPhone, pindahkan terlebih dahulu dokumen tersebut ke iTunes. Ketika iPhone tersambung ke laptop, maka iTunes akan otomatis terbuka juga. Sinkronkan isi laptop ke HP menggunakan iTunes agar data-data tersebut dapat masuk ke iPhone.

Tunggulah hingga proses sinkron selesai dan pastikan ponsel ataupun laptop tidak sampai mati kehabisan baterai. Jika sudah selesai, eject iPhone dengan benar agar proses sinkronisasi dapat terlaksana dengan benar. Lalu cabut iPhone dari kabel dan periksalah data yang sudah masuk.

2. Melakukan Sinkron Akun

Salah satu data yang sulit untuk dipindahkan adalah kontak di ponsel hingga jadwal-jadwal di kalender. Namun, hal ini bisa menjadi mudah dan cepat jika seluruhnya disimpan terlebih dahulu di akun Google ponsel. Jadi, sebelum memindahkan data, pastikan semua data tersebut telah tersinkron ke akun Google.

Hampir sama dengan cara sebelumnya, bukalah bagian pengaturan pada iPhone. Jika ingin menyinkronkan kontak, maka pilihlah menu kontak dan pilih bagian akun. Selanjutnya, pilih add account untuk menambah akun di pengaturan. Masukkan email serta password yang sama dengan akun pada android. Tanpa proses panjang, kontak yang ada pada akun Google akan muncul pada iPhone.

3. Menginstall Move to iOS

Jika ingin cara memindakan data android ke iPhone yang lebih mudah, maka unduh aplikasi ini pada kedua perangkat. Proses pemindahan akan lebih cepat dan ringkas karena semua jenis data dapat dipindahkan sekaligus.

Sebelum mulai memindahkan data, pastikan kedua ponsel memiliki baterai yang penuh. Jika ragu, maka sebaiknya kedua ponsel disambungkan dengan charger agar baterainya tidak sampai penuh. Jika di tengah proses pemindahan salah satu mati, maka proses transfer akan gagal. Selain itu, pastikan kedua ponsel tersambung dengan wifi yang stabil agar prosesnya berjalan dengan lancar.

Pertama, bukalah bagian pengaturan dan pilihlah menu Apps & Data. Nantinya akan muncul beberapa pilihan seperti restore from iCloud hingga Move Data from Android. Pilihlah menu bagian terakhir dan klik next. Nantinya, akan ada 6 angka yang muncul yang nantinya harus dimasukkan ke ponsel Android. Masukkan keenam angka tersebut ke android agar dapat mulai proses pemindahan.

BACA JUGA :  Inilah Cara Mengatasi Situs Ini Tidak Dapat Dijangkau di Chrome Android Gampang dan Sederhana

Jika sudah berhasil, maka akan muncul halaman dengan tulisan Transfer Data. Pilihlah jenis data yang ingin dipindah mulai dari foto, kontak hingga data pada email. Jika membutuhkan semuanya, maka pilihlah semua menu dan klik next. Selanjutnya, proses pemindahan akan berlangsung, jadi usahakan untuk tidak menggunakan perangkat selama proses tersebut berlangsung.

4. Memindahkan Buku & PDF Menggunakan iTunes

Bagi yang memiliki PDF dan buku elektronik pada ponsel Android, jangan khawatir karena buku-buku tersebut dapat dipindahkan juga. Secara umum caranya sama seperti cara pertama yaitu menggunakan iTunes. Yang membedakan hanyalah tempat penyimpanannya.

Jika ingin menyimpan buku dan PDF, maka simpan di bagian app buku. Ini adalah tempat khusus untuk dokumen agar nantinya pencarian menjadi lebih mudah. Jika sudah selesai, maka biarkan ponsel sinkron terlebih dahulu dengan iTunes. Jika sudah selesai, maka buku elektronik tersebut siap dibaca pada iPhone.

Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan

Selain mengetahui cara memindahkan data dari android ke iPhone, ada beberapa hal yang perlu diketahui dan dipersiapkan. Tujuannya adalah memastikan bahwa proses transfer tidak tersendat ataupun gagal di tengah jalan. Jadi, bagi yang ingin berencana memindah data, perhatikan hal-hal sebagai berikut:

1. Cek Memori iPhone

Ketika sudah memiliki rencana transfer data, cara memindahkan data dari android ke iphone yang harus diperhatikan adalah memori yang ada pada iPhone dan jumlah data yang akan dipindah. Jika hanya menyimpan data pada memori iPhone saja, maka perhatikan kapasitas yang dimilikinya. Pada umumnya, iPhone hanya memiliki memori 128 GB, 256 GB dan 512 GB.

Apabila semua data dipindahkan sekaligus, maka ada potensi bahwa semua data tidak akan cukup. Jadi, selain melihat kapasitas iPhone, cek juga besaran data yang akan di transfer. Dengan begitu, bisa dilihat apakah memori pada iPhone cukup atau tidak untuk menerima transferan data.

2. Memiliki Internet yang Stabil

Jika memilih menggunakan aplikasi, maka pastikan memiliki jaringan wi-fi yang kuat. Agar prosesnya tidak terganggu, maka pastikan jaringan wifinya stabil. Jika tidak, maka proses transfer akan terganggu bahkan bisa gagal di tengah jalan.

Bagi yang jaringannya tidak kuat, maka sebaiknya menggunakan kabel data saja. Meskipun lebih lama, namun cara memindahkan data dari android ke iPhone menjadi lebih aman dan terjamin.

3. Menyimpan Data Pada Eksternal Memori

Untuk memudahkan proses transfer, usahakan semua data yang ingin ditransfer berada di memori eksternal semua. Tindakan kecil ini akan mempermudah proses transfer karena tinggal memilih folder yang ingin dipindah. Sedangkan khusus untuk kontak, maka pastikan sudah tersimpan pada akun Google agar tidak perlu memindahkan satu per satu secara manual.

4. Baterai yang Penuh

Hal lain yang harus dicek secara rutin adalah baterai dari kedua ponsel. Proses transfer data membutuhkan waktu yang lama, jadi pastikan baterainya tidak sampai habis. Namun jangan disambungkan dengan charger seterusnya juga karena dapat merusak baterai ponsel.

Jadi, selain belajar mengenai cara memindahkan data dari android ke iPhone, maka perhatikan faktor pendukung lainnya. Jika ingin prosesnya lebih cepat dan tidak merepotkan, maka gunakan move to iOS untuk memindahkan semua data. Sedangkan bagi yang datanya tidak terlalu banyak bisa menggunakan iTunes dengan bantuan PC.

One thought on “Cara Memindahkan Data dari Android ke iPhone dengan Manual & Aplikasi

  1. Pingback: Cara Membuka Kunci iPhone Jika Lupa Password 5 Terampuh

Leave a Reply