Ketahui Perbedaan Samsung A31 Dan A51 Dan Tips Memilihnya

By | March 27, 2021
Perbedaan Samsung A31 Dan A51

Penggunaan ponsel pintar memang semakin diminati dan merambah jangkauan pasar yang luas. Hal inilah yang membuat brand asal Korea Selatan, yaitu Samsung mulai mengembangkan beberapa varian yang hampir mirip pada kelompok A Series. Apabila ingin membelinya, haruslah diketahui dengan benar apa perbedaan Samsung A31 dan A51 dalam beberapa aspek agar tidak mengecewakan.

Spesifikasinya memang tidak terlampau berbeda, namun terdapat aspek yang tidak ditemukan di satu sama lain. Salah satunya mengenai penyimpanan dan memori ponsel yang pastinya berbeda. Berikut inilah penjelasan lengkapnya yang bisa disimak, antara lain:

Apa Saja Perbedaan Samsung A31 dan A51?

Samsung merupakan salah satu pabrikan ponsel terbaik dan mumpuni. Sehingga meskipun keluaran brand yang sama, namun kedua ponsel memiliki spesifikasi yang jauh berbeda. Hal ini bisa dilihat dari beberapa aspeknya yang akan dijelaskan secara lengkap berikut ini.

1. Segi Layar

Dalam mengetahui perbedaan Samsung A31 dan A51, maka yang pertama adalah dengan melihat dari segi layarnya. Pada umumnya, ponsel dengan harga 3 jutaan seperti seri A31 memiliki dimensi layar lebih kecil dan juga ringan. Sedangkan pada A51 yang berbobot 172 gr ini, maka bodinya cenderung lebih besar.

Namun apabila dilihat dari segi layar secara detail, keduanya kompak mengusung touch screen dengan Super AMOLED yang berkualitas terbaik. Tentu sangat cocok sekaligus lega apabila penggunanya suka memainkan game ponsel. Pemilihan diantara kedua hp Android ini pun bisa disesuaikan tergantung budget dan kebutuhan.

2. Sektor Dapur Pacu

Tidak hanya pada segi layar saja, namun kekuatan pada dapur pacu keduanya juga tidak sama. Perbedaan Samsung A31 dan A51 yaitu terletak pada penggunaan chipset didalamnya. Apabila seri A51 menggunakan Exynos 9611, sedangkan A31 yaitu MediaTek Helio p65.

Jika dibandingkan, maka ponsel kisaran 4 jutaan A51 tentu saja lebih unggul pada sektor satu ini. Hal ini dikarenakan Exynos memiliki kecepatan yang cukup baik, yaitu sekitar 1.91% lebih cepat dari MediaTek. Sehingga apabila menginginkan ponsel yang memiliki performa mumpuni, maka serie A51 bisa jadi pilihan tepat.

3. Sektor Kamera

Melihat spesifikasi ponsel pintar tanpa melihat sektor kamera merupakan hal yang cukup disayangkan. Maka dari itu, ada baiknya melihat keunggulan satu ini dengan benar. Untuk A51 sendiri sudah dibekali dengan sensor 48 MP, 12 MP ultra wide-angle, 5 MP macro, dan juga kamera depan beresolusi 32 MP yang sangat jernih.

Sedangkan pada A31 yaitu memiliki resolusi yang hampir mirip, namun perbedaannya terletak pada kamera depan beresolusi 20 MP dan 8 MP ultra wide-angle. Namun meskipun begitu, pengguna bisa memilih salah satu diantaranya sesuai kebutuhan dan juga mana yang memiliki fitur lebih steady pada saat perekaman video recording.

4. Segi Penyimpanan

Dalam hal ini, perbedaan Samsung A31 dan A51 tidak begitu terlihat. Pasalnya untuk RAM keduanya pun hampir mirip, yaitu 4/64 GB, 4/128 GB, serta 6/128 GB. Bahkan dalam sektor penyimpanan bisa diupgrade hingga 512 GB loh.

Namun uniknya, keluaran terbaru seri A51 memberikan tawaran menarik berupa RAM 8/128 GB yang sangat menggiurkan.  Sehingga sangat disayangkan apabila mengabaikan penawaran terbaik satu ini. Hanya cukup dengan mengeluarkan budget 4-5 jt, maka ponsel berspesifikasi tinggi seperti A51 pun bisa didapatkan secara mudah.

5. Fitur Lainnya

Meskipun keduanya sudah mengusung Android 11, namun untuk UI yang diusung pastinya lebih unggul di Samsung A51. Sedangkan pada serie A31 masih menggunakan UI 2.0. Namun, keduanya telah dilengkapi dengan AI Game Booster yang cocok untuk memberikan pengalaman main game terbaik dibandingkan seri lainnya.

Apabila pengguna menyukai game yang ada pada ponsel, maka fitur satu ini cukup diperlukan karena permainan jadi lebih mulus. Sehingga nantinya tidak akan ada yang namanya game ngelag atau mengalami permasalahan. Pengalaman bermain pun jadi lebih menyenangkan dan mengasyikkan.

BACA JUGA :  Cara Memperbaiki LCD HP yang Tertekan dan Tips Merawatnya

Selain itu, kedua ponsel ini memiliki kapasitas baterai cukup besar. Namun perbedaan Samsung A31 dan A51 yaitu terletak pada fitur fast chargingnya. Seri A31 hadir dengan Li-Po 5.000 mAh nya yang selisih 1.000 mAh lebih banyak daripada A51. Bagi pengguna yang menginginkan daya ponsel tahan lama, maka A31 adalah jawaban yang tepat.

6. Seputar Harga

Apabila melihat harga, maka perbedaan Samsung A31 dan A51 cukup berbeda. Pasalnya, untuk harga pada seri A51 masih berada di kisaran 4 hingga 5 jutaan. Sedangkan untuk galaxy A31 sendiri cukup rendah, yaitu sekitar 3 jutaan. Hal tersebut belum termasuk diskon dari penjual, sehingga pastikan menyurvei tempat jual dan dapatkan penawaran menariknya.

Disamping itu, perbedaan pemilihan kapasitas penyimpanan dan RAM juga menentukan kisaran harga yang didapatkan. Misalnya saja pada RAM A51 yang tinggi, ponsel dibanderol mulai dari Rp 4,3 jutaan. Bisa dibilang, semakin tinggi spesifikasi yang ditawarkan, maka semakin tinggi pula raganya. Maka dari itu pastikan memilihnya sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Apabila mempunyai budget lebih, maka Samsung A51 bisa jadi pilihan tepat. Sedangkan jika dana cukup terbatas, maka sangat disarankan untuk memilih serie dibawahnya yaitu Galaxy A31 berspesifikasi tidak kalah saing.

Pertimbangan dan Tips Memilih HP terbaik

Setelah mengetahui apa saja perbedaan Samsung a31 dan a51, maka ada baiknya pula mempertimbangkan beberapa hal sebelum membelinya. Sehingga nantinya akan sesuai dengan apa yang dicari. Berikut inilah tips memilihnya, antara lain:

  • Mengetahui kelebihan dan kekurangannya: Pastikan bahwa ponsel yang dipilih memiliki kapasitas penyimpanan, baterai dan sektor kamera yang mumpuni agar bisa memudahkan pekerjaan sehari-hari. Bila dilihat dari spesifikasinya, tentu saja pilihan Samsung A51 lebih baik daripada seri A31.
  • Pastikan telah terupdate versi terbaru: Usahakan pula telah memilih ponsel dengan versi terbaru. Misalnya saja untuk Android sudah masuk pada era Android 11 yang sangat mumpuni dan bisa digunakan dalam segala hal. Pastinya akan mempermudah segala pekerjaan yang ada.
  • Bijak memilih sesuai kebutuhan: Hal selanjutnya yang perlu dipertimbangkan saat memilih diantara kedua ponsel tersebut adalah apakah sesuai kebutuhan atau tidak. Apabila membutuhkan gadget dengan tingkat mobilitas tinggi, serie A51 bisa jadi pilihan.
  • Pertimbangan budget: Pemilihan ponsel bisa dipertimbangkan dari beberapa hal, namun yang cukup penting adalah mengenai harga yang ditawarkannya. Pastikan bahwa telah mempertimbangkan budget yang dimiliki.
  • Bekas atau baru: Langkah terakhir dalam pertimbangan memilih ponsel pintar satu ini adalah bijak dalam membeli, entar bekas atau baru. Maka pastikan jika membeli second harus paham apakah barang masih berfungsi dengan baik atau tidak. Sedangkan jika menginginkan produk baru, usahakan budget tersedia cukup.

Nah itulah informasi mengenai perbedaan Samsung a31 dan a51 beserta tips memilihnya. Tentunya mengenai penjelasan tersebut bisa disimpulkan ponsel mana yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing, baik pada segi budget maupun spesifikasinya yang mumpuni. Produk keluaran brand asal Korea ini tentu tidak akan mengecewakan dan pasti memuaskan memilih keduanya akan lebih mudah dengan mengetahui perbedaan Samsung a31 dan a51.

 

2 thoughts on “Ketahui Perbedaan Samsung A31 Dan A51 Dan Tips Memilihnya

  1. Pingback: Spesifikasi Xiaomi Mi A2 Lite Terbaru 2021 Lengkap

  2. Pingback: Perbedaan Oppo A52 dan A53 yang Perlu diketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *