Penyebab dan Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi Dijamin Efektif

By | March 28, 2021
Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi

Keyboard diibaratkan seperti organ tubuh penting serta vital. Tanpa komponen ini, maka laptop tidak akan bisa digunakan sama sekali. Banyak dijumpai keluhan mengenai keyboard laptop yang tidak berfungsi tiba-tiba. Jangan khawatir, beragam cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi. Biasanya kerusakan yang sering terjadi adalah keyboard tidak bisa muncul karakter atau salah layout.

Saat keyboard laptop mendadak nge-hang atau error pasti akan merasa kesal, apalagi ketika sedang mengerjakan dokumen penting. Ada beberapa faktor penyebab keyboard laptop menjadi tidak berfungsi.. Kerusakan tersebut bisa saja berasal dari pengguna maupun faktor luar. Perlu diingat dan diperhatikan ketika keyboard tidak berfungsi segera cari sumber penyebab terlebih dahulu.

Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Selain faktor usia, ada beberapa penyebab keyboard tidak berfungsi padahal baru beberapa tahun dipakai. Bahkan ada beberapa diantaranya sering tidak disadari menjadi penyebab kerusakan dari keyboard dan sering dilakukan banyak  Lalu, apa saja penyebab tersebut? Berikut daftarnya dibawah ini :

1. Terkena Air

Tidak perlu ditanyakan lagi jika keyboard yang terkena air baik sedikit maupun banyak akan menjadi rusak. Padahal, air yang terlanjur masuk keyboard tidak terlihat dan sulit disadari. Jika terkena sedikit, umumnya keyboard akan rusak sebagian saja. Namun, jika terkena air dalam jumlah signifikan atau tersiram dapat dipastikan keyboard akan rusak total.

Mengapa bisa demikian? Hal ini dikarenakan air akan menjadi penghantar listrik yang sangat tinggi. Tegangan tinggi ini bisa mengakibatkan korosi pada motherboard. Padahal motherboard merupakan penghubung inti dari laptop. Jadi, hindarkanlah laptop dari tempat basah maupun minuman.

2. Virus

Keyboard yang terkena virus akan mengalami kerusakan yang beragam. Mulai dari keyboard yang tiba-tiba bergerak sendiri menekan karakter tertentu, bahkan sampai tidak bisa ditekan. Benar-benar menyebalkan dan mengkhawatirkan. Virus ini akan muncul ketika pengguna menginstal aplikasi ilegal dan berbahaya.

Aplikasi illegal sangat berpotensi membawa banyak virus pada laptop pengguna. Maka dari itu, sebelum terlambat, segera hapus aplikasi ilegal yang terdapat pada laptop. Bisa juga menginstal aplikasi anti virus. Jangan sekali-kali menginstal aplikasi ilegal!

3. Kotor

Kotor sering diabaikan bagi sebagian orang padahal, hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan keyboard. Debu, rambut, serta benda kecil lainnya sangat rentan masuk dalam sela-sela keyboard. Nah, Jika jarang sekali dibersihkan, maka kotoran akan menumpuk dan menyumbat keyboard.

Selain jarang dibersihkan, suhu laptop terlalu tinggi juga bisa menyebabkan keyboard laptop menjadi kotor. Kok bisa? Karena debu, rambu, lalu benda kecil akan tertarik masuk ke dalam keyboard jika laptop bersuhu tinggi atau panas.

4. Tekanan yang Terlalu Kuat

Keyboard tergolong komponen yang mudah rusak jika tidak dirawat dengan benar. Salah satunya adalah tekanan yang terlalu kuat. Biasanya, pengguna tidak sadar jika tekanan yang diberikan terlalu kuat. Apalagi jika sedang emosi atau terlalu bersemangat pengguna akan menekan tombol sangat keras. Padahal, tekanan ini akan mengakibatkan keyboard menjadi rusak.

Selain tekanan dari pengguna, bisa juga tekanan berasal dari luar seperti tergencet benda berat. Kebiasaan meletakkan barang di atas laptop juga perlu dihindari karena ini akan memberikan tekanan.

5 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Tidak Berfungsi yang Ampuh

Ketika mendapati keyboard menjadi tidak berfungsi tidak perlu panik maupun khawatir. Di bawah, akan dijelaskan cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi secara lengkap serta simple. Yuk simak cara dan penjelasannya!

1. Mulai Ulang Laptop

Pertama dilakukan ketika keyboard laptop lag, maka langsung mulai ulang atau restart. Bisa juga mematikan laptop sebentar dan hidupkan setelah beberapa saat. Dengan memulai ulang, maka laptop bisa memulai sistem kembali. Untuk memulai ulang laptop sangat mudah dan cepat. Tombol restart biasanya terletak pada menu windows dan berada pada paling bawah.

Tombol control + alt + delete juga menjadi alternatif lain mematikan laptop. Lalu, untuk memulai ulang laptop bisa dengan menahan tombol shutdown selama 5 detik. Dengan menekan selama 5 detik, nantinya laptop akan mati dengan sendirinya. Cara ini biasanya sangat efektif untuk mengembalikan keyboard laptop yang hang atau lag.

2. Bersihkan Keyboard

Umumnya, keyboard harus dibersihkan setiap hari. Selain merawat, Ini juga merupakan cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi . Walaupun dari luar tidak terlihat kotor, tetap harus dibersihkan rutin setiap hari. Debu dan kotoran jangan sampai menumpuk karena jika sudah menumpuk akan sulit dihilangkan.

Cara membersihkan keyboard cukup simple dengan lap kering ataupun selotip. Bisa juga menggunakan vacuum cleaner khusus untuk hasil lebih maksimal. Jangan malas untuk selalu membersihkan keyboard! Cukup luangkan 5 menit saja dan keyboard laptop akan sulit rusak.

3. Lakukan Windows Restore

Cara selanjutnya adalah windows restore atau mengembalikan sistem. Lebih jelasnya, windows restore merupakan sebuah fungsi kembali pada sistem sebelumnya atau tanggal sebelumnya tanpa menghapus data pribadi. Bisa dikatakan bahwa ini sama dengan fungsi “undo”. Ada beberapa langkah yang perlu diambil untuk melakukan pengembalian sistem.

Pertama pengguna bisa membuka menu start dan pilih menu settings. Jika sudah terbuka maka segera beralih ke menu update & security. Setelah itu klik menu recovery dan masuk ke reset pc. Jika sudah, klik get started. Akan muncul beberapa pilihan dan pilih restore factory settings lalu pilih menu sesuai keinginan. Setelah itu pilih restore sebagai pilihan terakhir. Cara ini untuk laptop windows 10.

4. Lihat Status Driver Keyboard

Maksud dari status driver keyboard adalah apakah statusnya lawas atau sudah update. Driver keyboard yang lawas bisa menjadi penyebab keyboard rusa. Nah, apabila status driver keyboard terdapat tanda peringatan update warna kuning, sudah dipastikan driver lawas dan perlu pembaharuan.

Untuk melihat status dari driver keyboard sangat gampang. Cukup pergi ke menu settings lalu cari device manager pada kolom pencarian. Jika sudah muncul, pilih menu keyboard dan disitu bisa dilihat statusnya. Jika terdapat warning segera lakukan update agar keyboard kembali berjalan normal.

5. Periksa Layout Keyboard

Terakhir adalah memeriksa layout dari keyboard. Ini adalah cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi. Hal ini memang sangat umum bisa berubah sendiri mengeluarkan pengejaan salah. Untuk memeriksa dan memperbaiki layout juga masuk dalam menu settings.

Selanjutnya pengguna bisa pilih menu time & language dana pilih menu language. Jika sudah maka pilih pada menu preferred language untuk memilih bahasa yang diinginkan. Setelah itu masuk pada menu option lalu hapus tata letak bahasa yang tidak diinginkan dan masukkan bahasa yang diinginkan. Nah, layout keyboard dijamin akan berjalan normal.

Nah, diatas merupakan penjelasan lengkap mengenai faktor pemicu rusaknya serta cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi. 5 cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi diatas bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa keahlian khusus. Apabila kelima cara tersebut tidak berhasil, maka segera ganti keyboard agar kerusakan tidak menulari komponen lainnya. Atau bisa juga segera pergi ke ahlinya.

 

BACA JUGA :  Inilah 6 Cara Mempercepat Kinerja Laptop Agar Pekerjaan Semakin Lancar

Leave a Reply