Kelebihan dan Kekurangan iPhone 7, Smartphone Kelas Entri dari Apple

By | March 29, 2021
kelebihan dan kekurangan iPhone 7

Gohitzz.com – Meskipun telah dirilis beberapa tahun yang lalu, peminat seri iPhone 7 masih banyak jumlahnya. Ulasan dari pengguna-pengguna seri ini cukup positif sehingga cukup banyak orang penasaran mengenai seri ini. Hal terpenting sebelum memutuskan untuk beralih menggunakannya adalah memahami kelebihan dan kekurangan iPhone 7.

Kelebihan dari Seri iPhone 7

Sebagai seorang konsumen, pemahaman mengenai kelebihan dan kekurangan iPhone 7 adalah hal yang wajib. Jika pengguna memahami apa saja kelebihan yang dibawa oleh smartphone ini, maka akan lebih mudah untuk memaksimalkan potensinya. Berikut merupakan beberapa kelebihan menonjol dari seri ini:

1. Prosesor yang Lebih Cepat Dibandingkan Seri Sebelumnya

Jika dibandingkan dengan seri iPhone sebelumnya, smartphone ini jelas memiliki versi prosesor yang lebih baru. iPhone 7 didukung dengan prosesor bernama A10 Fusion yang telah disempurnakan. Prosesor tersebut memiliki dua core yang mampu memberikan performansi tingkat tinggi, serta dua core lainnya yang mendukung tingkat efisiensi smartphone ini.

Diketahui bahwa iPhone 7 bisa bekerja hingga 40% lebih cepat dibandingkan dengan seri sebelumnya. Jenis prosesor baru ini juga menyebabkan tingkat efisiensi daya baterai seri ini meningkat tajam. Selain itu, prosesor A10 Fusion juga membantu membuat interface smartphone ini menjadi lebih menarik.

2. Resisten terhadap Air

Terobosan baru yang bisa dilihat dari seri ini adalah fitur water resistant yang ditambahkan. Kerangka iPhone 7 berbeda dengan seri sebelumnya, karena didesain untuk tidak mudah menyerap air. Selain itu, bagian internalnya juga dilindungi oleh penutup tambahan yang membuat onderdil iPhone 7 tidak mudah untuk dimasuki oleh air.

Salah satu hal yang membuat resistensi terhadap air meningkat pada seri ini adalah tidak adanya audio jack. Banyak masalah yang timbul pada smartphone ketika lubang audio jack dimasuki air. Bagian internalnya bisa jadi mengalami arus pendek yang menyebabkan kerusakan smartphone yang parah.

3. Daya Baterai

Sebagian orang akan mengatakan bahwa hal ini merupakan kelebihan dan kekurangan iPhone 7. Dibandingkan dengan smartphone lain di kelasnya, iPhone 7 memiliki daya baterai yang sangat standar. Besar baterai yang ditambahkan adalah 1.960mAh. Besar daya ini bisa dibilang cukup tertinggal dibandingkan dengan penawaran merk lain yang sekelas.

Meskipun begitu, jika dibandingkan dengan seri lain yang diproduksi oleh Apple, baterai bawaan seri ini cukup unggul. Pengguna dapat memanfaatkannya dalam melakukan aktivitas sehari-hari dengan nyaman. Belum lagi, iPhone memiliki teknologi untuk meminimalisir penggunaan daya baterai pada fungsi-fungsi yang tidak esensial sifatnya.

4. Kualitas Kamera yang Baik

Kualitas kamera merupakan keunggulan dari seri-seri smartphone yang ditawarkan oleh Apple. iPhone 7 pun memiliki kualitas kamera yang baik, terutama untuk smartphone yang selevel. Kamera belakang yang disediakan adalah sebesar 12MP, sedangkan kamera depan memiliki kekuatan pixel 7MP.

Fitur kamera yang membuat orang-orang terkesan dengan smartphone ini adalah fitur low light. Dengan memanfaatkan fitur ini, seseorang dapat mengambil foto berkualitas bagus bahkan dalam kondisi ruangan yang tidak memiliki pencahayaan baik. Fitur low light yang berada di dalam smartphone ini sudah jauh lebih baik terutama jika dibandingkan dengan pendahulunya.

5. Kapasitas Internal yang Lebih Besar

Kapasitas internal merupakan hal yang sangat penting bagi pengguna aktif smartphone. Fitur ini dapat mengakomodasi pengguna smartphone yang sering menggunakan aplikasi berukuran besar. Selain itu, pengguna juga dapat mengunduh berbagai file yang dibutuhkan dengan lebih praktis. Kapasitas internal besar mengurangi risiko terjadinya lagging pada smartphone.

BACA JUGA :  Cara Memperbaiki LCD HP yang Tertekan dan Tips Merawatnya

Seri iPhone 7 menawarkan kapasitas internal dalam tiga pilihan, yaitu 64GB, 128GB, hingga 256GB (sudah tidak dilanjutkan). Kapasitas maksimal yang ditawarkan termasuk salah satu yang terbaik di dalam kelasnya. Tentunya, harga jual smartphone akan berbeda seiring dengan meningkatnya kapasitas eksternal yang ditawarkan. Namun, orang akan tetap bersedia membayar ekstra untuk kemudahan ini.

Kekurangan Seri iPhone 7

Karena pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan iPhone 7 penting, maka calon pengguna harus tahu kelemahan dasarnya. Ketika pengguna mengetahui apa hal yang membuat smartphone ini kurang unggul, pemakaiannya akan dilakukan dengan lebih dilakukan dengan lebih berhati-hati. Daftar di bawah menunjukkan kelemahan iPhone 7 berdasarkan laporan dari penggunanya:

1. Tidak Tersedianya Audio Jack

Seri ini merupakan terobosan bagi iPhone karena menandakan berakhirnya audio jack pada perangkat smartphone tersebut. Pengguna iPhone 7 tidak lagi menggunakan headset dengan kabel untuk mendengarkan audio. Seri ini didesain untuk mengakomodasi AirPods yang dihubungkan dengan perangkat melalui Bluetooth.

Apple menawarkan promosi bundling untuk setiap pembelian seri iPhone 7 beserta dengan AirPods-nya. Harga yang ditawarkan cukup menarik untuk pembelian dua produk tersebut sekaligus. Akan tetapi, tidak semua orang bersedia membayar lebih mahal untuk membeli AirPods. Banyak pengguna yang menyayangkan perubahan ini.

Isu terkait upgrade ini tidak hanya mengenai harga tambahan untuk membeli produk AirPods yang ditawarkan. Konektivitas iPhone 7 (dan juga seri-seri berikutnya) juga mengalami keterbatasan. Salah satunya adalah konektivitas dengan aux cable. Pengguna tidak lagi bisa menghubungkan perangkat smartphone dengan aux cable di mobil, terutama pada mobil yang belum dilengkapi Bluetooth.

2. Desain yang Tidak Jauh Berbeda dengan Versi Sebelumnya

Struktur chassis sudah diubah agar lebih tahan air namun tidak ada perbedaan yang cukup signifikan dengan seri pendahulunya. Hanya dimensi dari smartphone ini saja yang mengalami perubahan. Dibandingkan dengan seri sebelumnya, iPhone 7 lebih tebal. Kemungkinan penambahan dimensi ketebalan ini disebabkan oleh pelindung ekstra untuk onderdil di dalamnya.

Ada orang yang tidak mempermasalahkan bentuk desain yang sama ini. Hal ini dianggap merupakan karakteristik asli dari smartphone produksi Apple. Namun, tidak sedikit juga yang menginginkan inovasi bentuk pada desain yang selama ini dikenal. Inovasi desain yang lambat menjadi kelebihan dan kekurangan iPhone 7, tergantung dari perspektif individu.

3. Chassis yang Cukup Rentan

Berdasarkan laporan dari banyak pengguna seri ini, chassis yang dipasangkan memiliki kerentanan yang cukup tinggi. Dengan benturan kecil, bisa jadi kerangka luar dari iPhone 7 mengalami bending. Oleh karena itu, pengguna disarankan harus sangat berhati-hati jika ingin menggunakan smartphone ini. Sifat ini cukup berbeda dengan seri lainnya.

Kemungkinan, kerentanan ini disebabkan oleh bahan yang digunakan untuk membuat kerangka smartphone. Seperti diketahui, iPhone 7 merupakan salah satu produk yang ditargetkan untuk kalangan menengah. Harganya cukup terjangkau jika dibandingkan dengan beberapa seri iPhone lainnya. Hal ini bisa menjadi penyebab pemilihan bahan chassis dengan mutu yang lebih rendah.

Siapakah yang Cocok Menggunakan Smartphone Ini?

Melihat kelebihan dan kekurangan iPhone 7 yang sudah dijelaskan, tentu banyak yang bertanya siapakah yang layak menggunakan smartphone ini. Model dasar ini cocok untuk digunakan oleh individu dengan intensitas penggunaan yang moderat. Pengguna yang menggunakan smartphone untuk melakukan berbagai macam rutinitas disarankan untuk membeli seri dengan spesifikasi lebih tinggi.

Dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan iPhone 7 dibandingkan dengan seri sebelumnya. Kelebihan ini terutama dilihat dari daya tahan baterai, fitur water resistant, dan juga kualitas kamera. Namun, inovasi desain dan mutu bahannya masih bisa ditingkatkan lagi.

Leave a Reply