Jangan Bingung Lagi! Ini Perbedaan MACBook Pro dan Air yang Harus Diketahui

By | March 29, 2021
Perbedaan MACBook Pro dan Air

Gohitzz.com – Apple corporation selalu meluncurkan berbagai macam produk gadget canggih yang banyak diminati dan banyak orang yang membelinya dengan alasan gengsi. Meskipun berharga cukup mahal,salah satunya adalah produk laptop yang biasa dikenal sebagai MacBook. Terdapat dua varian laptop MacBook, yaitu Pro dan Air. Maka dari itu, kenali perbedaan MacBook Pro dan Air .

Perbedaan Macbook Pro dan Air terkadang memberikan kebingungan kepada setiap orang yang akan membelinya. Meskipun hanya diluncurkan dalam 2 varian, namun terkadang membingungkan untuk memilih yang sesuai. Terlebih kini terdapat produk besutan perusahaan gadget terkenal, yakni MacBook produksi tahun 2020 sebagai produk terbaru. Maka dari itu, harus mengetahui perbedaan MACbook Pro dan Macbook Air 2020.

Spesifikasi Produk Macbook Pro

Banyak orang yang belum mengetahui  perbedaan MacBook pro dan Air terlebih dahulu, sebaiknya pertama  kali mengetahui  spesifikasi Macbook pro. Sehingga bisa membandingkan produk Macbook pro dan Air.  Terlebih bagi mereka yang bingung untuk memilih produk Apple corporation ini, yang sesuai dengan penggunaannya. Berikut ini beberapa spesifikasi yang penting untuk diketahui:

1. Layar

Pertama bisa melihat sebuah laptop adalah layarnya. Harus diketahui bahwa layar pada Macbook pro bisa menghasilkan resolusi hingga 1600 pixels untuk ukuran layar 13 inch serta untuk layar 16 inch beresolusi sampai 1092 pixels. Apabila melihat besaran yang dihasilkan oleh produk tersebut, dipastikan akan menghasilkan kualitas gambar jernih.

2. Memori

Adapun Macbook Pro dilengkapi dengan kapasitas memori atau daya simpan hingga

64GB. Tentunya sangat mumpuni bila dijadikan peralatan pekerjaan yang cukup berat  seperti yang dilakukan oleh programmer serta  arsitektur. Berbeda pada  Macbookpro berukuran layar sebesar 13 inchi, dilengkapi memori berkapasitas 32GB.

3. Performa

Dikarenakan khusus diciptakan untuk para profesional, sehingga MacbookPro ini memiliki performa jauh lebih baik serta dapat merespon pekerjaan lebih cepat. Hal tersebut dikarenakan semua jenis Macbook Pro, baik yang berukuran 13 inch maupun 16 inch, telah dilengkapi dengan intel core.

4. Baterai

Macbook Pro versi 16 inch bertahan hingga 11 jam dan versi 13 inch bertahan hingga 10 jam. Kemampuannya tersebut, menunjang para pekerja dengan pekerjaan berat dalam  menggunakan laptop. Dengan demikian, mereka tidak akan terganggu dengan laptop yang mati saat mereka bekerja.  Terlebih bagi profesional dengan pekerjaan yang berat.

Itulah spesifikasi dari Macbook Pro. Tentunya informasi tersebut tidak akan cukup apabila ingin mengetahui lebih banyak perbedaan MacBook pro dan Air. Terlebih untuk konsumen laptop bila ingin membeli  produk Macbook, namun kebingungan untuk memilih varian produk yang mana? Maka dari itu, baca ulasan selanjutnya mengenai spesifikasi MacBook Air.

Spesifikasi MacBook Air

Berbeda dengan MacBook pro yang diciptakan dalam 2 versi, MacBook air ini hanya diciptakan 1 versi saja yaitu versi 13 inch. Dengan demikian mudah untuk dikenali oleh mereka yang awam mengenai gadget sekalipun.  Tidak hanya hal tersebut, berikut ini beberapa  perbedaan MacBook pro dan Air yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan:

1. Layar

Terdapat perbedaan macbook pro dan Air berdasarkan layarnya. Namun kedua jenis produk ini dapat menghasilkan gambar yang jernih. Adapun untuk kualitas pada layar Macbook Air sama dengan kualitas layar pada Macbook pro versi 13 inchi. Bahkan kualitas pada layar untuk Macbook Air tersebut mumpuni bila digunakan oleh pekerja yang memiliki pekerjaan ringan.

2. Memori

Penggunaan memori pada Macbook Air ini berkapasitas 32 GB. Tentunya terdapat perbedaan MacBook pro dan Air berdasarkan kapasitas penyimpanan. Namun demikian, Macbook Air ini memiliki kapasitas penyimpanan tergolong besar untuk pekerjaan yang lebih ringan. Maka dari itu, memilih varian ini merupakan hal yang tepat untuk pekerjaan ringan.

BACA JUGA :  Efisien dan Aman, Inilah Cara Mempercepat Upload File di Google Drive Paling Gampang

3. Performa

Perbedaan MacBook pro dan Air berdasarkan performanya dikarenakan menggunakan jenis intel core. Dengan demikian, menghasilkan kecepatan berbeda yang jauh lebih cepat. Namun demikian, performa dari macbook Air ini mumpuni melakukan pekerjaan lebih  ringan, seperti untuk menyelesaikan tugas bagi pelajar.

4. Baterai

Sebetulnya tidak ada  sama sekali terlihat perbedaan MacBook pro dan Air bila melihat dari penggunaan baterai. Pasalnya baterai yang dipakai untuk produk ini yaitu jenis baterai yang tahan lama seharian. Jenis Macbook Air ini bisa bertahan selama 11 jam. Tentunya karena digunakan untuk pekerjaan yang lebih ringan, membuatnya tahan lebih lama.

Perbedaan Harga MACBook Pro dan Air

Dikarenakan terdiri dari 2 versi, yaitu Macbook Pro versi 13 inch serta versi  16 inch maka harganya pun berbeda untuk kedua versi tersebut. Adapun Macbook Pro  versi 13 inch senilai Rp19.000.000, dan berbeda dengan versi 16 inch yaitu seharga Rp32.000.000 di pasaran gadget di Indonesia.

Bagi mereka yang menginginkan produk laptop dari Apple corporation dengan harga yang terjangkau serta untuk digunakan pada pekerjaan ringan, Macbook Air ini bisa menjadi pilihan. Dibandrol seharga Rp16.000.000, membuat perbedaan MacBook pro dan Air lebih signifikan. Tentunya dikarenakan spesifikasinya yang lebih ringan.

Dengan mengetahui spesifikasi pada Macbook Air, ini bisa lebih diketahui perbedaan MacBook pro dan Air, tentunya dapat membandingkan item produk yang dapat dipilih guna menunjang pekerjaan sehari-hari. Terlebih produk yang diluncurkan oleh perusahaan Apple ini, sudah cukup terkenal mengenai teknologi dan fiturnya.

Alasan MacBook Tidak Ada Layar Sentuh

Meskipun saat ini banyak  bermunculan laptop menggunakan teknologi touch screen atau layar sentuh, namun produk ini tidak diciptakan dengan touch screen  atau layar sentuh. Meskipun laptop berharga belasan juta ini tergolong barang yang prestisius namun tidak ditemukan jenis laptop dengan layar sentuh pada merk laptop tersebut. Hal tersebut bukan berarti Apple ketinggalan zaman.

Ternyata ada alasan yang mendasarinya, mengapa produsen MacBook tidak meluncurkan laptop dengan versi touchscreen?  Apple corporation tidak ingin mengubah iphone dalam versi layar besar. Pasalnya selama ini Apple telah mengeluarkan produk iphone dengan layar sentuh. Maka dari itu, tidak perlu lagi lagi menciptakan laptop dengan sistem layar sentuh. Dengan demikian,Apple menciptakan produk yang sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Padahal ide menciptakan laptop dengan layar sentuh telah jauh hari direncanakan namun diurungkan. MacBook sengaja diciptakan sebagai laptop dengan tidak menggunakan layar sentuh agar tidak terkesan menciptakan iphone dalam versi yang lebih besar. Sehingga produk yang dikeluarkan oleh Apple memiliki karakteristik tersendiri. Dengan demikian, konsumen bisa memilih produk dari Apple corporation ini dengan lebih lengkap.

Alasan yang cukup cerdas, bila ditinjau berdasarkan  perkembangan bisnisnya. Mengingat pangsa pasar laptop dan iphone  adalah pangsa pasar yang berbeda. Tentu saja karena perbedaan tersebut harus dikelola dengan manajemen bisnis yang fokus dan terarah, sehingga tidak terkesan tumpang tindih. Disamping itu, strategi tersebut dilakukan agar dapat bersaing mengungguli kompetitornya dari merk produk laptop lainnya.

Setelah mengetahui Perbedaan MACBook Pro dan Air, kini tidak perlu bingung lagi untuk memilih MacBook sesuai dengan kebutuhan. Pasalnya mayoritas konsumen  membeli MacBook hanya sekedar ikut-ikutan atau gengsi semata tanpa mengetahui dengan terperinci detail produk tersebut. Maka dari itu mempertimbangkan sangat penting agar dapat memilih MacBook dengan  spesifikasi  yang  sesuai dengan kebutuhan.

One thought on “Jangan Bingung Lagi! Ini Perbedaan MACBook Pro dan Air yang Harus Diketahui

  1. Pingback: Sebelum Beli, Yuk Ketahui Bedanya MacBook Pro dan Air! | adhimasangga

Leave a Reply