Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen di Handphone

By | March 31, 2021
Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen

Gohitzz.com – Ketika memori HP mulai penuh, maka wajar saja jika orang mulai menghapus isinya, mulai dari video hingga foto. Namun, terkadang, ketika melakukan kegiatan ini, ada foto yang tidak sengaja terhapus juga. Apabila hal ini terjadi, jangan khawatir atau panik karena foto tersebut masih kembali Namun, bagaimanakah cara mengembalikan foto yang terhapus permanen tanpa bantuan tukang servis?

Dengan perkembangan teknologi HP yang semakin canggih, hal yang semula tidak mungkin kini jadi mungkin. Salah satunya ada mengembalikan dokumen yang hilang, kembali lagi menggunakan aplikasi Android maupun Apple. Selain itu, ada beberapa HP yang juga memiliki fitur untuk mengembalikan dokumen yang dihapus.

Berbagai Opsi Untuk Mendapatkan Foto yang Terhapus

Sebelum belajar cara mengembalikan foto yang terhapus permanen, maka ketahui terlebih dahulu apakah HP tersebut sudah di root atau belum. Pada umumnya ponsel baru tidak ada akses root, namun untuk memastikan periksalah dengan menggunakan aplikasi SuperUser. Salah satu kelebihan ponsel dengan akses root adalah dapat mengembalikan lebih banyak foto.

Jika sudah memastikan, maka selanjutnya adalah mengunduh aplikasi yang ingin digunakan. Sebenarnya ada banyak aplikasi yang dapat membantu, namun berikut adalah yang terbaik dan memberikan hasil maksimal dalam recovery foto:

1. Mengunduh Photo Recovery

Bagi yang tidak memiliki akses root, maka mengunduh Photo Recovery merupakan pilihan yang terbaik. Pembuat aplikasi ini mengklaim bahwa mereka dapat menghadirkan kembali foto dan video yang telah musnah tanpa root. Secara keseluruhan aplikasi ini telah mendapatkan rating 4/5 dari seluruh penggunanya.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, silahkan mengunduhnya dari Playstore terlebih dahulu. Selanjutnya buka aplikasi dn pilih jenis dokumen yang ingin dikembalikan, apakah foto, video atau dokumen biasa. Nantinya, aplikasi akan loading dan menunjukkan berbagai foto yang sudah dihapus sebelumnya. Carilah foto yang diinginkan lalu klik dan pilih recover. Nantinya, foto akan kembali ke ponsel para pengguna.

Meskipun di klaim sebagai salah satu yang terbaik, namun banyak juga yang memberikan Bintang 1 karena tidak berhasil. Biasanya hal ini dikarenakan fotonya telah dihapus lama sehingga sudah tidak tersimpan lagi dalam sistem ponsel. Bagaimana cara mengembalikan foto yang terhapus permanen ini cukup mudah bukan?.

2. Menginstall Undeleter Recover File & Data

Bagi yang belum memiliki akses ke root ponsel, jangan khawatir karena masih ada aplikasi lain yang bisa membantu seperti Undeleter Recover File & Data. Meskipun hasilnya akan berbeda dengan akses root, namun aplikasi tergolong membantu untuk bisa mendapatkan foto kembali.

Sebelum proses scanning, aplikasi akan meminta izin untuk akses root ponsel. Jika ada, maka silahkan memilih Yes agar jumlah foto yang dikembalikan lebih banyak. Namun, jika belum memiliki aksesnya, maka silahkan pilih No.

Bukalah aplikasi dan carilah tempat asal dari foto yang terhapus. Jika sudah menemukan foldernya, para pengguna bisa memilih antara dua jenis scanning. Cara mengembalikan foto yang terhapus permanen serta data lainnya, maka pilihlah Journal Scan. Sedangkan bagi yang butuh file tertentu saja dapat memilih Deep scan karena prosesnya lebih cepat.

3. Mencoba Deleted Photo

Jika lupa dengan lokasi foto sebelumnya, jangan khawatir karena ada aplikasi yang bisa membantu seperti Deleted Photo. Setelah mengunduhnya pada ponsel, tinggal buka saja aplikasinya dan aplikasi tersebut akan langsung bekerja.  Karena bisa bekerja tanpa root, maka aplikasi akan langsung melakukan scanning ke seluruh lokasi di ponsel.

BACA JUGA :  Tertarik dengan Oppo A15? Inilah Kelebihan dan Kekurangan Oppo A15 yang Harus Diketahui

Proses pencarian dan pengembaliannya akan lebih lama dibandingkan aplikasi lain. Hal ini dikarenakan Deleted photo mencari foto terhapus di seluruh memori ponsel tanpa terkecuali. Bagusnya adalah dapat mengembalikan foto yang tidak terduga, namun akan membutuhkan waktu yang lama. Selain itu, aplikasi ini hanya berfungsi mencari foto saja, jadi tidak bisa digunakan untuk mencari file lain. Namun cara mengembalikan foto yang terhapus permanen ini patut dicoba.

4. Mengunduh DiskDigger

Bagi yang ponselnya sudah memiliki akses ke router, maka cara mengembalikan foto yang terhapus permanen akan lebih mudah. Selain karena hasilnya akan lebih memuaskan, namun aplikasi yang bisa dipilih pun lebih bervariasi, seperti DiskDigger.

Untuk memulainya, pilihlah folder asal foto dan tentukan jenis formatnya. Tujuannya adalah untuk mempercepat proses pencarian. Selanjutnya, klik OK dan DiskDigger akan langsung bekerja sesuai perintah. Jika berhasil, beberapa jenis foto di folder tersebut akan hadir kembali. Tinggal pilih yang diinginkan lalu save kembali ke ponsel.

Cara Menghindari Foto Hilang

Terdapat sebuah istilah lebih baik mencegah daripada mengobati. Hal ini pun berlaku untuk semua isi dari sebuah ponsel. Jika takut ada yang terhapus baik disengaja atau tidak , masih dapat dikembalikan kembali ke ponsel. Berikut adalah beberapa solusi preventif agar foto dapat kembali lagi:

1. Menyimpan di Google Photos

Bagi para pengguna Android, salah satu langkah pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan Google Photos. Dengan menggunakan fitur ini, para pengguna bisa menyimpan foto dalam jumlah dan waktu yang lebih besar.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, pastikan sudah menggunakan email Google terlebih dahulu. Jika sudah, maka aturlah pengaturan pada Google Photos dengan tekan Backup & sync. Dalam pengaturan ini, para pengguna juga bisa memilih periode waktu penyimpanan tersebut berlangsung.

Kelebihan lain dari penggunaan Google Photos adalah dapat dibuka dari mana saja selain ponsel sang pemilik. Selama memiliki akun Google, maka Google Photos dapat diakses dari mana dan kapan saja.

2. Menyimpan Kembali di iCloud

Bagi pengguna iOS tentunya sudah tidak asing dengan iCloud, tempat penyimpanan memori yang lebih besar. Pada dasarnya, setiap orang yang membeli iPhone akan mendapatkan akses atau kuota di iCloud dengan jumlah yang terbatas. Secara umum, prinsipnya sama dengan Google Photos, namun untuk iCloud semua jenis dokumen dapat tersimpan di fitur tersebut.

Agar semua foto dan dokumen dalam ponsel dapat tersimpan di iCloud, maka para pemilik iPhone bisa melakukan pengaturan terlebih dahulu. Di Menu Setting, pilihlah bagian penyimpanan data. Disitu, pemilik bisa menentukan apa saja yang mau di backup dan disimpan di iCloud. Selain itu, juga akan ada informasi mengenai batas atau sisa memori yang bisa digunakan.

Kelebihan lain dari iCloud adalah kapasitasnya yang bisa di terus ditambah sesuai dengan kebutuhan. Jadi, jika jumlah data yang harus disimpan semakin banyak, maka tinggal beli saja tambahan kapasitasnya. Meskipun harus mengeluarkan uang tambahan, namun data akan menjadi lebih aman.

Selain membutuhkan akses root, waktu penghapusan foto juga merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan. Jika foto sudah dihapus sejak lama, maka potensialnya akan semakin kecil dan sulit. Jadi, jika hal ini terjadi, maka ada baiknya untuk segera mengunduh salah satu aplikasi dan segera mencobanya.

Namun, sebelum menyerah dan menangis, ada baiknya untuk mencoba cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di atas terlebih dahulu. Meskipun belum tentu berhasil 100%, namun peluangnya untuk kembali tetap ada. Jadi, silahkan mencoba dan semoga fotonya bisa kembali!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *