Cara Mengaktifkan VPN di Laptop saat Harus WFH

By | March 27, 2021
Cara Mengaktifkan VPN di Laptop

Gohitzz.com – Akhir-akhir ini, tepatnya sejak masa pandemi, kebutuhan akan VPN meningkat. Maraknya sistem kerja dari rumah atau WFH membuat semakin banyak orang yang membutuhkan cara terkoneksi dengan server atau jaringan kantor dari rumah. Itulah sebabnya kini orang harus paham cara mengaktifkan VPN di laptop.

Walaupun sangat penting, ternyata masih banyak orang bahkan perusahaan yang ragu menggunakan VPN. Alasan paling umum adalah soal keamanan data. Padahal, ada banyak jenis yang aman digunakan dan malah sangat berguna. Lalu, apa sebenarnya VPN itu dan bagaimana cara mengaktifkan VPN di laptop?

VPN, Pengertian dan Kegunaannya

Untuk yang belum pernah sama sekali masuk ke server atau jaringan kantor dari lokasi yang berbeda, mungkin akan asing dengan yang namanya VPN. Merupakan kepanjangan dari Virtual Private Network yang artinya adalah sebuah layanan sambungan jaringan pribadi dan anonymous terhadap jaringan internet publik.

Artinya, pengguna bisa mengakses sebuah komputer atau server lain melalui komputer, PC, tablet, atau smartphone pribadi. Untuk bisa melakukan koneksi lewat VPN tentunya dibutuhkan sambungan internet. Dengan sambungan ini, pengguna bisa mengakses website, aplikasi, atau fitur di komputer yang dituju.

Mudahnya adalah seperti ini, ibaratkan sedang ada di rumah namun ingin membuka lemari milik saudara yang ada di rumah lain. Tentu perlu sebuah “pintu ajaib” agar bisa melakukan hal ini. Nah, VPN adalah si pintu itu. Lorong atau pathways yang diberikan oleh jaringan pribadi virtual ini memungkinkan pengguna bekerja di jaringan perusahaan atau publik yang lain.

Di musim WFH, fungsi dari VPN ini adalah membuat karyawan bisa mengakses server perusahaan. Aplikasi atau software yang biasanya hanya bisa diakses di kantor saja, sekarang bisa dioperasikan dari rumah. Contohnya, orang-orang yang bekerja menggunakan SAP misalnya, umumnya harus datang ke kantor untuk bisa mengaksesnya. Sekarang tidak perlu lagi karena sudah ada VPN.

Masih banyak yang salah sangka bahwa ini tidak aman dan beresiko membuat data kantor bobol. Padahal, justru jaringan pribadi ini aman karena jalur yang dibuat sebenarnya adalah milik perusahaan sendiri hanya saja diperluas. Namun memang harus dipilih layanan-layanan VPN yang terpercaya.

Cara Mengaktifkan VPN di Laptop untuk Work From Home

Bagi pengguna Windows 10 yang merupakan versi terbaru dan terakhir dari sistem operasi ini, sangat mudah menyambungkan perangkat ke VPN. Sebagai informasi, aplikasi VPN ada yang berbayar dan gratis. Kemudian, untuk karyawan yang akan menyambungkan jaringan pribadi virtual ini biasanya akan membutuhkan bantuan dan otentikasi dari tim IT setempat.

Nah, lalu bagaimana sebenarnya cara mengaktifkan VPN di laptop? Kali ini yang akan diulas adalah pada komputer dengan sistem operasi Windows. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buat VPN Profile di Perangkat

Sebelum bisa menyambungkan, pengguna perlu membuat account atau profil terlebih dahulu untuk jaringan pribadi ini. Jika digunakan untuk keperluan kantor (mengakses aplikasi-aplikasi di server perusahaan), maka konsultasikan dengan IT support. Namun, jika diperuntukkan bagi tujuan pribadi, maka perlu berlangganan VPN sendiri yang bisa diunduh di Microsoft Store.

Setelah personal account terkonfirmasi, maka laptop bisa langsung dikoneksikan. Ketika sudah memiliki profile, aplikasi VPN akan terpasang di perangkat, dan ketika akan menggunakan, cukup membuka lalu  masukkan user id dan password.

2. Menginstal jaringan VPN di Laptop

Ketika pengguna sudah memiliki personal account, silahkan masuk ke Settings melalui menu Start. Carilah Network & Internet dan temukan menu VPN di sana. Klik, kemudian pilih Add a VPN connection. Akan muncul kolom-kolom yang harus diisi dengan detail provider yang digunakan. Pada kolom provider, pilihlah Windows (built in).

BACA JUGA :  Inilah Spesifikasi Xiaomi Mi 8 Lite yang Super Keren!

Selanjutnya, di kolom Connection Name isilah dengan nama yang diinginkan. Misalnya Private Network atau yang lain. Nama inilah yang akan muncul ketika pengguna nantinya menyambungkan ke server atau address box. Lanjutkan dengan mengisi server name or address.

Kemudian, pada kolom VPN type, isilah dengan pilihan jenis koneksi yang digunakan oleh perusahaan. Maka sebelumnya harus tahu dulu layanan apa yang digunakan di kantor untuk bisa mengisi ini. Tahap selanjutnya adalah mengisi cara masuk ke jaringan pribadi ini pada kolom Type of sign-in info. Akan muncul tiga pilihan yaitu username and password, smart card, dan one time password. Pilih salah satu.

Simpan dengan klik Save. Jika ada perubahan atau ingin mengedit informasi terkait koneksi VPN atau pengaturan lain yang lebih spesifik seperti proxy, masuklah ke VPN connection kemudian pilih Advanced Settings.

3. Menyalakan di Perangkat

Cara mengaktifkan VPN di laptop bisa dengan mudah setelah profile dibuat dan ditambahkan jaringan pada perangkat. Untuk mengkoneksikannya, pengguna cukup masuk ke taskbar di kanan bawah layar. Klik pada simbol atau logo Network (biasanya ada logo Wifi disana) kemudian pilih aplikasi VPN-nya.

Setelah memilih, akan muncul jendela dimana pengguna harus memasukkan user id dan password. Bisa juga dengan cara sign-in lain sesuai dengan yang diatur sebelumnya pada profile. Setelah tersambung, pengguna bisa melihat kata Connected pada aplikasi VPN ketika disorot.

4. Mengatasi Kegagalan Koneksi

Jika terjadi kendala saat menyambungkan, ada beberapa opsi recovery yang bisa dilakukan. Pertama adalah mengecek kembali pengaturan tanggal dan jam. Salah setting bisa menyebabkan koneksi di blok oleh Windows. Yang kedua adalah mengatur kembali secara manual konfigurasi VPN melalui menu Settings.

Jika kedua cara mengaktifkan VPN di laptop tadi sudah dilakukan namun tetap tidak bisa atau terus terblokir, mungkin masalahnya ada pada antivirus atau firewall. VPN apalagi yang dari pihak ketiga bisa dikategorikan sebagai harmful data oleh sistem firewall, maka lebih baik nonaktifkan dulu fitur ini. Kemudian juga coba untuk exclude-VPN dari antivirus yang ada di perangkat.

Jaringan VPN dari Pihak Ketiga

Selain menggunakan jaringan virtual pribadi milik perusahaan cara mengaktifkan vpn di laptop, pengguna juga boleh memasang sendiri VPN nya. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Contohnya adalah ketika ingin mengakses website atau aplikasi yang servernya ada di luar negeri. Dengan bantuan VPN, pengguna bisa masuk ke situs yang diinginkan.

Ini pernah terjadi pada aplikasi Netflix di Indonesia. Dulu, untuk bisa menonton acara yang ada disana, pengguna di harus memiliki VPN pribadi terlebih dahulu. Sekarang, tentunya hal ini tidak diperlukan lagi karena aplikasi nonton berbayar ini sudah membuka layanannya untuk daerah Indonesia.

Aplikasi jaringan pribadi pihak ketiga ini bisa dengan mudah di unduh dari Playstore atau Appstore. Setelahnya, pilihlah lokasi dari server yang akan dituju kemudian langsung koneksikan. Beberapa dari aplikasi ini ada yang gratis contohnya adalah Hide.me, TunnelBear, atau Hotspot Shield.

Sedangkan untuk yang berbayar, ada beberapa yang terbaik dan bisa dicoba. Antara lain adalah BullGuard, Surf Shark, CyberGhost, Private, dan NordVPN. Penyedia layanan ini bahkan memberikan diskon untuk pengguna yang langsung berlangganan 12 atau 24 bulan.

Itulah tadi cara mengaktifkan VPN di laptop yang bisa dicoba. Pada Windows 10, umumnya pengaktifan ini bisa dilakukan tanpa menginstal aplikasi pihak ketiga namun hanya untuk urusan kantor saja. Jika perlu jaringan pribadi lain guna mengakses hal-hal entertainment, mengunduh aplikasi VPN diperbolehkan.

One thought on “Cara Mengaktifkan VPN di Laptop saat Harus WFH

  1. Pingback: Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi

Leave a Reply