Ini 5 Penyebab Hp Restart Sendiri Pada Smartphone, Anti Panik!

By | March 26, 2021
Penyebab Hp Restart Sendiri

Gohitzz.com – Sebagian orang mungkin pernah mengalami hp yang tiba-tiba mati sendiri ketika sedang melakukan aktifitas tertentu. Hal ini tentu sangat mengganggu. Sebenarnya, ada banyak penyebab hp restart sendiri secara mendadak.

Masalah tersebut terkadang tak hanya dialami oleh jenis hp tertentu. Namun, juga berbagai merek hp yang ada di pasaran. Penyebabnya pun dipengaruhi oleh berbagai faktor. Untuk lebih lengkapnya, berikut penjelasan mengenai apa saja penyebab hal itu terjadi:

1. Ada Aplikasi Yang Rusak Dan Tidak Terbaca Oleh Hp

Aplikasi yang tidak terinstall dengan baik pada sebuah smartphone terkadang bisa menyebabkan hp restart sendiri secara tiba-tiba. Hal ini terjadi lantaran sistem android ataupun device yang ada pada hp tersebut tidak mendukung adanya pemasangan aplikasi yang diinginkan.

Kemungkinan yang terjadi yakni aplikasi akan menutup sendiri, sehingga terjadi error. Hp akan berhenti tiba-tiba dan seakan terasa berat. Faktor inilah yang menyebabkan smartphone mengalami restart sendiri dengan tiba-tiba.

Untuk mengatasinya, aplikasi tersebut sebaiknya dihapus dari smartphone yang digunakan. Ditakutkan, hal tersebut bisa merambah ke sistem hp android yang menjadi lebih berat dan dapat membuat kerusakan pada smartphone.

2. Adanya Cache Yang Terlalu Banyak

Cache bisa menjadi salah satu penyebab hp restart sendiri. Biasanya aplikasi serta file yang telah didownload akan meninggalkan sampah elektronik atau disebut cache, meski telah dihapus. Hal ini tentu sangat mengganggu sekali.

Apalagi jika file atau aplikasi tersebut tidak dihapus secara berjangka, tentu akan menyebabkan sampah elektronik yang menumpuk. Faktor inilah yang membuat kerja android menjadi terganggu dan menjadikan hp melakukan restart sendiri.

Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya yaitu dengan cara menghapus cache  secara teratur. Misalnya satu bulan sekali, terutama pada smartphone yang sering digunakan. Cara lain yang lebih mudah yaitu dengan menggunakan aplikasi dengan fitur yang bisa membersihkan cache secara manual.

3. Sistem Android Yang Overload

Dalam menginstal aplikasi, sebaiknya harus dilakukan dengan sebijak mungkin. Kesalahan dalam menginstal aplikasi yang sembarangan tentu akan menjadi penyebab smartphone restart Sendiri. Hal ini lantaran, setiap smartphone tentu memiliki kemampuan yang berbeda-beda.

BACA JUGA :  Anti Ribet! Ternyata Begini Cara Mengembalikan Data Backup Android

Smartphone yang memiliki terlalu banyak aplikasi dan menjalankannya dengan bersamaan tentu akan mengalami overload pada sistem. Sistem seperti GPU, CPU dan RAM kemungkinan tidak mampu menjalankan kinerja tersebut dengan baik.

Alangkah baiknya untuk memilih aplikasi yang memang benar-benar dibutuhkan. Jangan lupa untuk menghapus penggunaan aplikasi yang dirasa tidak penting. Dengan cara ini, sistem android akan bertahan lebih lama. Adapun caranya antara lain klik ‘Pengaturan’, pilih ‘Aplikasi’, kemudian ‘Manage Aplikasi’. Selanjutnya, pilih ‘Aplikasi’ yang dihapus dan pilih ‘Uninstall’.

4. Overload Pada Baterai

Baterai yang cepat panas juga akan membuat hp melakukan restart sendiri. Tak jarang hal ini karena banyaknya aplikasi yang digunakan secara bersama-sama. Baterai yang panas akan bisa merambat ke sistem android, sehingga menyebabkan kejadian tersebut terjadi.

Cara untuk menghindari hal ini terjadi yaitu dengan menghindari banyak membuka aplikasi secara bersamaan. Cara lain yakni dengan menonaktifkan beberapa aplikasi yang berjalan di belakang layar. Aplikasi ini hanya diaktifkan ketika akan menggunakannya.

Adapun caranya adalah dengan masuk ke menu pengaturan. Kemudian, geser atau klik tanda nonaktif yang berada di bar pada aplikasi yang ingin dinonaktifkan. Maka, aplikasi akan otomatis dinonaktifkan.

5. Terjadi Error pada Sistem Android

Banyak faktor yang membuat sistem android menjadi error. Misalnya yaitu adanya update sistem yang gagal, sehingga secara tidak sadar membuat sistem yang ada di android terhapus dan mengalami root.

Untuk mengatasinya bisa dengan menggunakan cara reset factory smartphone. Namun, sebelum melakukannya sebaiknya melakukan back up data terlebih dahulu. Jadi, data yang ada di smartphone tidak hilang begitu saja.

Adapun cara yang bisa dilakukan adalah dengan memilih menu back up and reset. Selanjutnya pilih factory data reset. Kemudian pilih reset device. Maka, reset pada smartphone akan terjadi .

Kelima hal di atas merupakan penyebab hp restart sendiri secara tiba-tiba. Informasi tersebut diharapkan dapat membantu pengguna android yang sedang mengalami masalah hp restart sendiri. Adapula cara yang disebutkan untuk mengatasi permasalahan itu. Semoga membantu dan bermanfaat.

Leave a Reply