Review Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y20 Terbaru Lengkap

By | March 26, 2021
Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y20

Gohitzz.com – Tahun lalu, tepatnya pada bulan Agustus  produsen telepon seluler Vivo meluncurkan produk barunya di Indonesia yang diberi nama Vivo Y20. Produk ini disinyalir sebagai kelanjutan dari series yang dikeluarkan di tahun sebelumnya, yakni Vivo Y19. Hal ini lantas mencuatkan sebuah pertanyaan tentang apa kelebihan dan kekurangan Vivo Y20 dari produk seri sebelumnya?.

Tentu sebagai produk yang terbilang baru, membuat banyak orang menanti review kelebihan dan kekurangan Vivo Y20 ini. Termasuk di antaranya adalah fitur apa saja yang diupgrade Vivo pada produk ini? Lalu adakah keistimewaan khusus pada produk baru ini dan belum ditemukan pada series yang dikeluarkan oleh Vivo di tahun sebelumnya?

Tidak salah jika kemudian, pertanyaan-pertanyaan serupa membanjiri cuitan di sosial media. Mengingat, Vivo cukup banyak mengeluarkan produk yang kian diminati oleh masyarakat khususnya di tanah air. Apalagi untuk produk baru ini, yang tentunya memantik masyarakat untuk memiliki spesifikasi yang bisa dijadikan indikasi kelebihan dan kekurangan Vivo Y20 yang harus diketahui.

Spesifikasi Bawaan Vivo Y20

Membicarakan tentang kelebihan dan kekurangan Vivo Y20, sama seperti membicarakan perangkat seluler yang lain. Yakni dapat dimulai dari menilik berbagai spesifikasi yang dinisbahkan produsen kepada produk unggulannya itu. Khusus produk baru Vivo Y20 ini, tampaknya sang produsen akan memanjakan konsumennya dengan bekal spesifikasi produk yang sangat istimewa, seperti berikut ini:

  • Baterai 5000 mAh ( Non-Removable Li-Po).
  • Sensor Finger Print Berkecepatan 0.22 second;
  • 4 buah kamera (3 kamera belakang 2 MP, 13 MP, 2 MP + 1 kamera depan 8 MP).
  • Memori Internal 64 GB dengan Slot Eksternal bisa ditambahkan.
  • Dimensi p: 164,4 mm,  l: 76,3 mm,  t: 8,41 mm, dengan berat sekitar 192, 39 gram.
  • Reverse Charging memungkinkan mencharge ponsel lain.
  • Bekal Chipset tipe Snapdragon 460 (nm).
  • Ada GPU versi Adreno 610.
  • Layar bertipe HD + IPS LCD dengan lebar 6,51 inch.
  • Ram Vivo Y20 Indonesia sebesar 3GB.

Kelebihan Vivo Y20 yang Mengagumkan

Beragam spesifikasi yang telah disebutkan di atas, seolah menjadi pengantar tentang sejumlah fakta mengenai kelebihan dan kekurangan Vivo Y20. Nah, untuk kali ini pembahasan akan dimulai dari kelebihan yang terdapat pada produk Vivo Y20 yang cukup menarik untuk diobrolkan. Beberapa kelebihan yang dimiliki tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Daya Tahan Baterai Besar

Mengasyikan untuk dibahas dari kelengkapan Vivo Y20 adalah kelebihan baterai yang berdaya 5000 mAh pada ponsel ini. Daya tersebut tentu sangat besar untuk kelas ponsel yang didasarkan pada pengguna kelas menengah ke bawah. Bayangkan saja, dengan daya ini pengguna bisa menikmati beragam siaran hd, ragam musik, game, hingga bermain medsos sepanjang hari.

2. Sensor  Berespon Kilat

Keunggulan berikutnya yang terdapat pada banyak ponsel produksi terbaru adalah adanya sensor sidik jari yang disematkan sang produsen. Khususnya, pada ponsel Vivo Y20 ini yang mempunyai sensor canggih dengan kecepatan kilat. Bisa dilihat, kecepatan sensor Vivo Y20 yang dapat merespon dengan hingga 0,22 second saja.

3. Empat Camera dengan Hasil Lumayan

Nampaknya Vivo Y20 sangat memanjakan bagi para pengguna gadget yang gemar melakukan aktifitas bersua foto. Tidak tanggung-tanggung, pada produk baru ini dibekali dengan 4 Camera sekaligus yakni 3 di bagian belakang dan 1 depan. Menariknya, keempat Camera ini memiliki resolusi minimal 2MP, 8MP, hingga 13MP yang menghasilkan gambar lumayan menawan untuk kelengkapan ponsel sesuai kelasnya.

BACA JUGA :  Kenali Kelebihan dan Kekurangan Oppo A53 Sebelum Membeli

4. Penyimpanan Internal Lapang

Tidak kalah menggiurkan, besar penyimpanan pada Vivo Y20 pun menarik untuk ditilik lebih jauh. Hadir dengan penyimpanan internal sangat lapang yakni 64 GB yang dapat dipakai untuk banyak kebutuhan data dan aplikasi. Asyiknya, ruang internal yang lapang ini masih dilengkapi lagi dengan adanya slot penyimpanan eksternal khusus yang bisa ditambahkan suatu saat.

5. Desain Fisik Menawan

Ponsel yang memiliki berat total sekitar 192,39 gram ini memiliki tampilan desain yang sangat asyik untuk dimiliki. Sekilas tampilan warna dari produk Vivo Y20 terkesan classy dan elegan dengan kombinasi warna yang menawan. Apalagi desain indah ini semakin maksimal dengan dimensi yang pas di kantong yakni panjang 164,4mm dengan lebar 76,3 mm dan tebal 8,4mm saja.

6. Reverse Charge Menggiurkan

Barangkali, kelebihan Vivo Y20 cocok bagi orang yang memiliki ponsel lebih dari satu dan sering bepergian jauh. Adanya fitur ini, memungkinkan pengguna mencharge ponsel lain menggunakan Vivo Y20 dalam kondisi darurat. Tentunya, sangat menarik memiliki ponsel canggih yang dapat difungsikan menjadi power bank sekaligus layaknya Vivo Y20.

Kekurangan yang Ada pada Vivo Y20

Ternyata, meski memiliki berbagai macam kelebihan yang menggiurkan untuk dimiliki, ternyata Vivo Y20 tidak bisa luput dari sejumlah kelemahan yang sangat disayangkan. Adanya kelemahan pada HP ini ditengarai pada sejumlah spesifikasi ponsel, seperti berikut ini:

1. Kelengkapan Dapur yang Lemah

Banyak yang menyoroti dapur Vivo Y20 sangat menyayangkan GPU Adreno 610 yang dikombinasikan Snapdragon 460 nm. Pengguna di Indonesia menilai harusnya untuk harga ponsel setara Vivo Y20 sudah menggunakan spesifikasi di atasnya seperti merk lainnya. Karena, semestinya untuk spesifikasi dapur yang demikian, banyak ditemukan pada ponsel lain dengan harga sekitar 1 jutaan saja di pasaran.

2. Penggunaan Port Micro USB Disayangkan

Umumnya, pada kebanyakan gadget produksi terbaru telah memakai charger type C yang dinilai lebih efisien. Namun nyatanya, Vivo masih kekeh dalam memakai tipe micro USB dalam penchargeran gadget terbarunya ini. Cukup disayangkan hal ini dilakukan Vivo, padahal kelengkapan lain pada gadget ini cukup menjanjikan.

3. Layar Ponsel Kurang Up Date

Kelengkapan layar yang masih menggunakan tipe IPS HD+ sangat disayangkan pada produk Vivo Y20 ini. Pasalnya, untuk layar jenis ini semestinya sudah tidak digunakan pada ponsel dengan harga setara Vivo Y20. Apalagi ketika melihat spesifikasi ukuran layar 6,51 inchi tentu akan membuat tampilan kurang wah jika dikombinasikan dengan tipe layar bawaanya.

4. Kapasitas Ram Terbilang Kecil

Ketika sebelumnya ponsel ini diluncurkan Vivo di negeri Taj Mahal, India, dibekali ram dengan kapasitas 4GB. Publik di tanah air menduga jika spesifikasi tersebut akan sama didapatkan pada saat produk ini diluncurkan di tanah air. Tetapi yang terjadi, harapan tersebut hanya tinggal harapan semata karena faktanya kapasitas ram hanya 3GB saja.

Sangat disayangkan untuk ram Vivo yang diluncurkan di Indonesia tidak sebanding dengan spesifikasi yang ada padanya. Padahal animo masyarakat terkait produk baru ini lumayan besar mengingat spesifikasinya yang unggulan. Tapi ya begitulah, semua telah diatur Vivo sebagai empunya, namun sepertinya kelebihan dan kekurangan Vivo Y20 ini saling menutupi.

Memiliki ponsel baru yang memiliki spesifikasi bagus namun memiliki harga yang relatif terjangkau memang diinginkan oleh banyak orang. Nampaknya, keinginan yang lazim ini bisa dengan mudah didapatkan melalui produk terbaru Vivo Y20. Apalagi setelah membaca review kelebihan dan kekurangan Vivo Y20 di atas, yang tentunya bisa dijadikan pertimbangan. Sampai Jumpa!.

Leave a Reply