10 Cara Mengosongkan Memori Tanpa Menghapus Aplikasi Terjitu

By | October 16, 2021
smartphone 1284501 640

Gohitzz.com – Salah satu hal yang paling mengesalkan saat sedang asyik meng capture moment bahagia via ponsel, yaitu tiba-tiba muncul notifikasi memori penuh. Apalagi jika hal itu terjadi, pengguna merasa tidak menyimpan terlalu banyak data di ponselnya. Lantas banyak pertanyaan muncul, adakah cara mengosongkan memori tanpa menghapus aplikasi?.

Sebenarnya, masalah penuhnya memori HP adalah masalah klasik yang hampir dialami oleh semua pengguna perangkat ini. Khususnya, bagi pengguna yang memiliki telepon seluler versi lama atau spesifikasi kelas menengah ke bawah. Tentunya memahami berbagai macam penyebab penuhnya memori sangat wajib diketahui. 

Penyebab Memori HP Mudah Penuh

Memahami penyebabnya terlebih dahulu merupakan langkah tepat sebelum membahas cara mengosongkan memori tanpa menghapus aplikasi. Terutama, hal ini berkaitan dengan upaya yang tepat sesuai gejala yang terjadi, agar pembersihan memori optimal. Seperti misalnya dengan memahami beberapa penyebab umum yang membuat memori HP cepat penuh di bawah ini:

1. Kapasitas Penyimpanan Internal HP

Memori internal merupakan komponen penting dalam HP yang berguna dalam pengoperasian aplikasi maupun penyimpanan data. Setiap jenis ponsel memiliki kapasitas penyimpanan yang berbeda, ada yang kecil dan ada pula yang lapang. Ketika memori ini kecil, maka besar kemungkinan memori HP menjadi sangat cepat penuh.

Apalagi jika di dalam HP tidak tersedia slot memori eksternal yang memungkinkan untuk pengalihan penyimpanan. Tentu, karena hal inilah memori internal akan bekerja secara terpaksa dalam pengoperasian maupun penyimpanan aplikasi. 

2. Jumlah Aplikasi Asli HP

Pengoperasian sebuah HP biasanya dibekali dengan sejumlah aplikasi bawaan yang sengaja diberikan pabrik. Sayangnya, tidak semua aplikasi ini dibutuhkan dan digunakan oleh pemilik ponsel sehingga keberadaanya menjadi mubazir. Padahal jika dicermati, jumlah aplikasi pabrikan ini dalam beberapa ponsel sangat banyak dan kapasitasnya besar, hingga membuat memori menjadi cepat penuh. 

3. Besarnya Kapasitas Aplikasi Baru

Pengguna ponsel seringkali merasa tidak puas dengan berbagai aplikasi bawaan yang ada pada ponsel. Kemudian, hal ini melatarbelakangi para pengguna ponsel untuk mengunduh dan menginstal berbagai aplikasi yang disediakan pihak ketiga layaknya medsos. Secara tidak langsung, hal ini akan menambah kebutuhan memori, apalagi untuk jenis aplikasi tertentu yang memiliki kapasitas besar.

4. Penumpukan File Cache Aplikasi

Sebuah aplikasi yang dijalankan oleh sebuah perangkat ponsel selalu meninggalkan jejak digital yang biasa dikenal dengan istilah cache. Fungsi dari file cache ini sebenarnya untuk mempercepat pemanggilan aplikasi saat digunakan kesekian kalinya. Kendati demikian, menumpuknya file cache ini pada sebuah ponsel menjadikannya kurang sehat terutama berpengaruh pada penuhnya memori ponsel tersebut. 

5. Terlalu Banyak File Multimedia

Tidak jarang, seorang pengguna ponsel suka menggunakan perangkatnya dalam bersua foto maupun menangkap  berbagai video dalam sehari-hari. Aktivitas yang menyenangkan ini ternyata jika terus menerus dilakukan, berdampak kurang baik bagi ponsel. Terutama hal ini berkaitan dengan besarnya file multimedia yang kerap menjadi penyebab utama penuhnya kapasitas memori dalam waktu singkat.

Berbagai Cara Mengosongkan Memori Tanpa Menghapus Aplikasi

Sesudah memahami penyebab-penyebab yang biasa terjadi dan mengakibatkan sebuah memori hp menjadi cepat penuh. Barulah membahas mengenai cara mengosongkan memori tanpa perlu menghapus aplikasi. Beberapa pilihan cara ini sangat direkomendasikan dan akan dibahas secara lengkap sehingga sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja, di antaranya sebagai berikut:

1. Membersihkan File Cache dari Aplikasi

Jadi cara mengosongkan memori tanpa menghapus aplikasi HP yang pertama adalah dengan cara membersihkan file cache. Ada baiknya jika melakukan pembersihan cache ini secara rutin setiap kali aplikasi selesai digunakan. Lazimnya, ponsel yang bersih dari cache selain kapasitas memorinya lebih luang, juga mungkin menghindarkan ponsel dari ngelag yang tidak kalah menjengkelkan.

2. Mengatur Penyimpanan Aplikasi

Rata-rata untuk ponsel keluaran terbaru saat ini sudah dibekali dengan kapasitas penyimpanan yang memadai secara internal. Namun, tidak jarang pula ponsel masih dibekali dengan adanya slot memori eksternal yang bisa ditambahkan dengan kapasitas tertentu. Hal ini sangat bermanfaat untuk menambah kinerja ponsel dalam menjalankan lebih banyak aplikasi dan penyimpanan yang diperlukan. 

Apabila kebetulan ponsel yang dimiliki oleh pengguna memiliki slot memori eksternal yang bisa ditambahkan dengan kapasitas besar. Maka ada baiknya melakukan pengaturan aplikasi ke penyimpanan eksternal sebagai cara mengosongkan memori tanpa menghapus aplikasi yang cukup efektif. Jika ini dilakukan, aplikasi tetap bisa dijalankan dan memori internal terasa aman tanpa terbebani.

3. Melakukan Back Up Data Secara Rutin

Keberadaan ponsel seringkali tidak hanya digunakan untuk menyimpan beragam aplikasi tetapi juga keperluan multimedia layaknya foto, musik, video dan jenis file multimedia yang lain. Rata-rata file jenis ini memakan kapasitas penyimpanan memori yang besar. Sehingga, melakukan back up data merupakan cara mengosongkan memori tanpa menghapus aplikasi yang tepat. 

Back up data multimedia saat ini bisa dilakukan dengan berbagai macam cara yang mudah dilakukan. Misalkan saja melakukan back up data secara manual di hardisk komputer, flashdisk, maupun laptop. Selain itu, alternatif back up data multimedia yang lain juga bisa dilakukan secara online dengan memanfaatkan sosmed maupun drive.

4. Menghapus Riwayat Pesan pada Aplikasi Medsos

Beragam aplikasi layaknya medsos chatting  layaknya whatsapp, telegram, dan lainnya kerap menghipnotis pengguna ponsel untuk mengunduh dan menginstalnya. Apalagi jika melalui aplikasi medsos ini dinilai seru karena mendapatkan teman berbincang asyik melalui fitur chatting. Tanpa disadari, obrolan seru yang menumpuk pada aplikasi layaknya whatsapp berakibat pada penuhnya memori ponsel yang dimiliki.

Oleh karena itu, cara mengosongkan memori tanpa menghapus aplikasi yang paling tepat adalah menghapus chat secara rutin. Tetapi, penting untuk diingat ketika melakukan penghapusan ini adalah memastikan data atau media penting tidak ikut terhapus. Atau lebih amannya lagi jika melakukan back up data dan media terlebih dahulu sebelum penghapusan dilakukan. 

5. Memakai Aplikasi Versi Lite yang Lebih Ringan

Keseruan memainkan aplikasi di ponsel seringkali tidak sejalan dengan semakin beratnya kerja yang harus ditanggung oleh ponsel. Karena hal ini, lantas tidak jarang membuat pengguna ponsel mengurungkan niatnya menginstal aplikasi. Padahal, jika pengguna tersebut mengikuti perkembangan, kini telah tersedia aplikasi serupa dengan versi lebih ringan data dan penyimpanan. 

Contohnya yang paling banyak digunakan adalah aplikasi video Youtube dan aplikasi media sosial Facebook. Dua aplikasi ini sekarang telah tersedia dalam versi lite yang lebih ramah data dan penyimpanan. Tentunya ini merupakan kabar baik bagi orang yang mengeluhkan penuhnya memori HP.

Keberadaan ponsel untuk memenuhi berbagai keperluan baik komunikasi maupun aneka hiburan sangat penting sekarang ini. Karenanya, jangan sampai kepentingan tersebut terganggu lantaran masalah sepele seperti penuhnya penyimpanan. Karena itulah, setidaknya dengan membaca cara mengosongkan memori tanpa menghapus aplikasi di atas akan sangat membantu.

BACA JUGA :  Ini 5 Penyebab Hp Restart Sendiri Pada Smartphone, Anti Panik!

One thought on “10 Cara Mengosongkan Memori Tanpa Menghapus Aplikasi Terjitu

  1. Pingback: Cara Meningkatkan Kecepatan Internet Android 6 Penting!

Leave a Reply