Cara Agar Kamera Laptop Jernih Saat Dipakai Webcam, Simak Ulasannya

By | March 24, 2021
Cara Agar Kamera Laptop Jernih

Gohitzz.com – Kamera laptop merupakan hal yang penting, terutama berkaitan dengan aktivitas meeting online yang semakin marak dilakukan saat ini. Sayangnya, aktivitas seperti ini sering berjalan tidak maksimal lantaran kamera laptop yang buram. Hal itulah yang membuat cara agar kamera laptop jernih dan berfungsi maksimal kala digunakan meeting sangat penting diketahui.

Bisa dibayangkan, ketika sedang melakukan sebuah meeting daring yang penting tiba-tiba terhambat oleh kamera laptop yang buruk. Tentunya, hal ini sangat meresahkan dan membuat perasaan jengkel. Apalagi, jika kejadian ini berlangsung pada waktu yang tidak diinginkan semisal meeting kerja, kelas daring maupun yang lainnya, tentu lebih menjengkelkan lagi.

Penyebab Kamera Laptop Buram

Sebenarnya, jika di cermati dengan seksama, buramnya kamera laptop tidak terjadi begitu saja, melainkan, ada penyebabnya. Berdasarkan hal tersebut, sebelum memahami cara agar kamera laptop jernih ada baiknya memahami penyebab kamera laptop buram terlebih dahulu, seperti berikut ini:

1. Spesifikasi Bawaan yang Kurang Mumpuni

Kendala buramnya kamera laptop yang pertama bisa jadi akibat dari spesifikasi laptop yang kurang baik. Terutama berkaitan dengan spesifikasi resolusi lensa pada kamera laptop yang dimiliki. Sehingga, untuk menghindari kamera laptop yang buram, cermat ketika hendak membeli laptop.

2. Adanya Noda yang Menghalangi Lensa

Selain karena spesifikasinya yang memang kurang memadai, bisa juga masalah buramnya kamera karena adanya kotoran. Banyak penyebab yang bisa menjadikan kamera laptop menjadi kotor, misalkan saja karena digunakan di tempat yang berdebu. selain itu, kotoran semacam remah makanan atau cipratan minuman juga bisa mengotori kamera laptop dan menjadikannya buram.

3. Pencahayaan yang Kurang Baik

Ketika digunakan untuk aktivitas webcam dan gambar yang dihasilkan oleh kamera laptop buruk bisa jadi karena cahaya yang kurang. Semisal, ketika laptop digunakan di tempat yang gelap atau digunakan pada malam hari. Kurangnya cahaya, akan mengakibatkan daya tangkap lensa laptop cenderung memiliki kualitas yang kurang baik dibandingkan dengan intensitas cahaya yang cukup.

4. Aplikasi Kamera yang Kurang Sesuai

Berbagai macam aplikasi bawaan yang disertakan pada kamera laptop tidak jarang kurang berfungsi secara optimal. Bukan saja pada tampilan yang dirasa kurang jernih dan banyak kekurangan lainnya. Aplikasi kamera laptop bawaan ini pun tidak jarang memiliki fitur yang kurang lengkap sehingga tidak dapat maksimal saat digunakan, terutama untuk webcam pada keperluan penting.

5. Masa Pakai Laptop yang Telah Lama

Bisa juga, masalah buramnya kamera laptop terjadi karena masa pakai laptop yang telah lama. Hal ini biasa terjadi karena pada umumnya barang elektronik baik itu laptop  atau yang lainnya akan mengalami penurunan fungsi komponen saat memasuki usia pakai tertentu. Contohnya penurunan fungsi komponen laptop tersebut adalah pada bagian kamera yang menghasilkan gambar buram.

Cara Mudah Agar Kamera Laptop Jernih

Setelah memahami berbagai macam penyebab yang mungkin menjadi alasan kenapa kamera laptop memiliki tampilan buram. Sekarang adalah saatnya untuk memahami cara agar kamera laptop jernih saat digunakan aktivitas webcam. Beberapa cara tersebut telah diuraikan secara lengkap dan rinci, di antaranya sebagai berikut:

1. Bersihkan Lensa Kamera dari Kotoran

Langkah pertama yang bisa dilakukan sebagai cara agar kamera laptop jernih saat digunakan untuk webcam adalah melakukan pembersihan secara teratur. Pembersihan ini dapat dilakukan dengan menggunakan cairan khusus yang diformulasikan untuk lensa. Cairan khusus pembersih lensa ini banyak dijual di toko aksesoris laptop maupun online sehingga mencarinya tidak terlalu sulit.

BACA JUGA :  Jangan Bingung Lagi! Ini Perbedaan MACBook Pro dan Air yang Harus Diketahui

Tapi, jika tidak memilikinya, maka bisa menggunakan cara sederhana menggunakan tisu dan minyak kayu putih. Minyak kayu putih cukup efektif untuk menghilangkan plak akibat noda membandel pada lensa. Caranya cukup diteteskan pada tisu atau kapas lalu digosokkan perlahan pada lensa sampai benar-benar bersih dari kotoran.

2. Gunakan Pencahayaan yang Cerah

Memilih tempat dengan intensitas cahaya yang baik adalah langkah tepat sebagai cara agar kamera laptop jernih berikutnya. Melalui intensitas cahaya yang baik akan membuat tangkapan gambar yang dihasilkan laptop maksimal. Tips untuk menyiasati hal ini, jika aktifitas webcam dilakukan di malam hari yakni dengan menggunakan bantuan lampu yang terang sebagai pencahayaan.

3. Beli Webcam Eksternal

Masa pakai laptop yang lama atau spesifikasi bawaan kamera laptop yang rendah bisa disiasati dengan pemasangan kamera eksternal. Cara agar kamera laptop jernih ini cukup efektif digunakan untuk mendongkrak performa kamera agar lebih maksimal. Terlebih, saat ini banyak toko yang menjual berbagai aksesoris laptop layaknya kamera eksternal yang membuatnya mudah untuk dilakukan.

4. Instal Aplikasi Webcame yang Tepat

Mengupdate aplikasi webcam yang terpasang di laptop sangat direkomendasikan untuk meningkatkan kualitas kamera secara instan. Sekarang ini, ada banyak jenis aplikasi tersedia untuk diunduh, yang merupakan cara agar kamera laptop jernih. Beberapa dari aplikasi webcam terbaik tersebut antara lain sebagai berikut:

1. ManyCam

Rekomendasi aplikasi pertama yang bisa di instal untuk meningkatkan spesifikasi kamera laptop yakni aplikasi bernama ManyCam. Keunggulan yang bisa didapatkan saat menginstal aplikasi ini adalah adanya filter preset dan efek yang bisa dimanfaatkan. Adanya berbagai macam pengaturan efek memungkinkan bagi pengguna untuk menyetel tampilan kamera webcam sesuai dengan selera.

Keunikan aplikasi pihak ketiga ini bagi banyak pengguna yakni tersedianya efek seperti kecantikan, emoticon hingga tampilan latar belakang seru. Apalagi tersedia fitur transisi yang membuat video yang dihasilkan menjadi lebih menarik. Terakhir, aplikasi ini juga telah terintegrasi dengan aplikasi populer layaknya Youtube yang membuatnya disukai kaum milenial.

2. Youcam

Bisa dibilang, di antara banyaknya aplikasi webcam yang beredar di internet saat ini, aplikasi Youcam menjadi rujukan karena fiturnya yang lengkap. Tidak hanya hasil foto yang baik, saat digunakan untuk merekam video pun seru. Terutama hal ini karena adanya fitur dan efek yang tersedia pada aplikasi Youcam yang sangat direkomendasikan.

3. Windows Camera

Keunggulan dari aplikasi webcam ini terutama karena diluncurkan oleh perusahaan  resmi dan besar Microsoft Windows. Tentu, perusahaan sebesar Microsoft tidak main-main saat meluncurkan produk layaknya aplikasi webcam ini. Terbukti, dari banyaknya pengguna pemula yang tertarik untuk menggunakan aplikasi ini di laptop yang dimiliki.

Lain daripada itu, penggunaan aplikasi Windows Camera juga terbilang simple dan mudah untuk dijalankan. Sehingga siapapun yang memakai aplikasi ini tidak akan mengalami kesulitan dalam menangkap maupun mengedit foto dan video. Semua kelebihan ini seolah semakin terasa lengkap dengan ringannya aplikasi yang terasa aman untuk kinerja laptop.

Aktivitas layaknya meeting daring melalui webcam memang menjadi solusi yang sangat baik di masa pandemi seperti sekarang ini. Terutama agar kegiatan layaknya belajar mengajar, rapat dan kegiatan lainnya bisa tetap berjalan dan masyarakat tetap produktif. Karena itulah, semoga berbagai cara agar kamera laptop jernih yang diulas di atas dapat menjadi solusi yang nyata, khususnya dalam mengoptimalkan aktivitas webcam yang diperlukan!.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *