Cara Mengatasi Kartu SD Rusak Agar Bisa Terpakai Lagi

By | March 24, 2021
Cara Mengatasi Kartu SD Rusak

Gohitzz.com – SD card merupakan komponen penting untuk barang elektronik, di kartu inilah segala file tersimpan baik dari HP maupun laptop. Dengan fungsinya yang sangat penting, maka tidak heran jika orang akan panik ketika kartu tersebut rusak. Namun, sebelum panik terlalu jauh, cobalah beberapa cara mengatasi kartu SD rusak terlebih dahulu.

Salah satu tanda SD rusak adalah tidak terbaca ketika dimasukkan ke perangkat elektronik. Jadi, setelah kartu masuk, kartu tersebut tidak terbaca atau tidak terdeteksi dalam perangkat. Terkadang kartu terdeteksi namun ketika dibuka tidak ada dokumen sama sekali. Jika hal ini terjadi, maka bisa jadi kartu tersebut rusak dan butuh sedikit perbaikan.

Trik Mudah Dalam Mengatasi Kartu SD Rusak

Jika tanda-tanda tersebut mulai muncul, maka jangan panik. Belum tentu kartu SD rusak total dan tidak bisa digunakan lagi. Sebelum memutuskan untuk memperbaiki, format bahkan membuang kartu SD, cobalah beberapa cara mengatasi kartu SD rusak sebagai berikut:

1. Membersihkan Bagian Chip Kartu SD

Salah satu cara mengatasi kartu SD rusak adalah dengan membersihkan bagian lempengan tembaga atau bagian kuning pada kartu. Terkadang, kartu tidak terdeteksi atau terbaca karena bagian tersebut lecet atau kotor. Oleh karena itu, cara termudah untuk membetulkannya adalah dengan membersihkan bagian tersebut.

Untuk membersihkan bagian ini, pertama, keluarkan kartu dari tempat memori. Selanjutnya, gunakan tissue yang halus atau penghapus pensil dan bersikan area tersebut. Pastikan untuk menggosoknya secara perlahan agar tidak sampai merusak bagian lempeng kartu.

Ketika sudah selesai, tiup bagian lempeng kartu agar tidak bekas yang tersisa. Terakhir, masukkan kartu ke dalam tempat memori kembali. Jika tidak ada kerusakan yang serius, maka cara ini seharusnya berhasil dan bisa terdeteksi.

2. Restart Perangkat

Kartu yang tidak terbaca tidak selalu disebabkan oleh kartu tersebut sendiri. Terkadang, sistem HP atau laptop yang error sehingga kartu tidak terbaca dan terlihat filenya hilang semua. Oleh karena itu, sebelum panik lebih jauh, cobalah untuk restart perangkat terlebih dahulu. Sebelum mematikan perangkat, keluarkan kartu lagi dan masukkan ketika sudah menyala.

3. Cek Dengan Perangkat Lain

Jika kedua cara mengatasi kartu SD rusak di atas telah dilakukan dan masih belum terbaca, maka cobalah menggunakan perangkat lain. Bisa jadi yang error adalah tempat kartu yang sedang rusak dan tidak bisa mendeteksi kartu. Jika cara ini belum berhasil, maka bisa dipastikan bahwa kartu mengalami error dan perlu ada perbaikan.

4. Scan Dengan Antivirus

Jika kartu terbaca namun tidak ada file di dalamnya, maka bisa jadi kartu tersebut terserang virus. Jadi cara mengatasi kartu SD rusak untuk penyebab ini adalah dengan melakukan scanning menggunakan aplikasi antivirus. Setelah memasukkan kartu SD ke dalam perangkat, langsung scan kartu menggunakan antivirus yang lengkap. Jika memang ada virus, maka akan muncul notif dan keterangan dimana virusnya berada.

Setelah mengetahui lokasi virus, para pemilik bisa menghapus virus pada lokasi tersebut. Namun, terkadang ada beberapa virus yang harus dihapus beserta datanya agar tidak menyebar ke file yang lain. Jika ini salah satu solusinya, maka sebaiknya data tersebut dihapus daripada merusak seluruh data yang ada di kartu tersebut.

BACA JUGA :  Inilah Beragam Cara Menghapus Akun Google Mail di Android Terbaru

5. Cek Error Kartu Dari Laptop

Apabila keempat langkah diatas telah dilakukan dan kartu masih belum terbaca, maka cobalah cek error apa yang terjadi menggunakan laptop. Untuk memeriksa kartu, gunakan kabel data atau hardware terpisah. Ketika sudah tersambung dan terbaca maka kartu akan terbaca mode mass transfer mode. Untuk cek error, ubahlah modenya ke Mass Storage Mode (MSC) terlebih dahulu.

Selanjutnya cek error melalui properties pada laptop. Sama halnya dengan scanning menggunakan antivirus, proses ini akan melakukan scanning pada kartu. Yang berbeda adalah disini, komputer akan mencari letak error kartu sehingga dapat digunakan kembali. Jika proses scanning selesai, maka keluarkan kartu memori dan masukkan kartu kembali untuk melihat apakah sudah bisa atau belum.

6. Format Kartu SD

In merupakan cara terakhir yang patut dicoba jika kartu masih belum terbaca di salah satu perangkat. Apabila ini adalah kartu HP dan terbaca di komputer, maka simpanlah semua filenya terlebih dahulu di laptop. Kemudian format kartu melalui menggunakan laptop. Pada umumnya, cara ini pasti bisa membaca kembali kartu. Namun, kekurangannya adalah semua data akan hilang.

Sebelum memformat kartu, pastikan untuk membackup seluruh data terlebih dahulu. Jadi pastikan laptop memiliki memori yang cukup untuk menyimpan semua data. Cara ini memang tidak disarankan karena harus menghapus semua data, namun paling tidak kartu bisa digunakan kembali.

Cara Merawat Kartu SD Dengan Baik

Salah satu penyebab kartu SD mudah rusak dan tidak terbaca adalah karena tidak dirawat dengan baik oleh sang pemilik, jadi setelah mengetahui cara mengatasi kartu sd rusak ada baiknya tahu cara merawatnya juga. Meskipun dari luar tidak tampak ada kerusakan, namun terkadang dalamnya atau bagian tembaganya rusak karena sering tergesek. Untuk lebih detailnya, berikut adalah beberapa cara untuk merawat kartu SD agar tidak mudah rusak:

1. Tidak Sering Mengeluarkan & Memindahkan SD

Meskipun cara ini sulit dilakukan, namun cara ini cukup ampuh untuk menjaga kondisi kartu. Jika memang tidak urgent, maka biarkan kartu SD di dalam tempatnya, baik itu di dalam laptop maupun HP. Kartu yang terlalu sering dikeluarkan akan membuat bagian belakangnya lecet dan tidak terbaca. Jika ingin memindahkan data, maka coba gunakan kabel atau Bluetooth sebagai alternatif.

2. Menaruh Kartu di Tempat Tersendiri

Ketika awal membeli kartu, pembeli biasanya akan mendapatkan tempat plastik kecil untuk menaruh kartu tersebut. Simpanlah tempat tersebut untuk menaruh kartu ketika dikeluarkan. Dengan begitu, kartu akan terjaga dengan aman di dalam. Jika hanya disimpan di dalam tas, maka akan mudah tergesek dan barang lainnya.

3. Eject Dengan Benar

Kesalahan yang sering dilakukan oleh pengguna adalah mengeluarkan kartu secara paksa. Padahal ketika ingin mengeluarkan kartu, kartu harus terlebih dulu di eject baru bisa dikeluarkan. Jika dikeluarkan secara paksa, maka sistem di dalam kartu dapat rusak. Selain itu, proses penyimpanan pun dapat terganggu karena proses penyimpanan belum selesai.

4. Scanning

Jika memang harus memindahkan kartu SD ke perangkat yang lain, maka pastikan untuk melakukan scanning terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari kartu terkena virus dan semua data hilang. Jadi pastikan untuk memiliki aplikasi antivirus baik di laptop maupun di HP.

Jadi, dengan merawat kartu memori dengan baik, maka kartu yang rusak dapat terhindari. Namun, jika kartu sudah terlanjur rusak dan tidak terbaca, maka cobalah cara mengatasi kartu SD rusak yang telah dijelaskan diatas. Sebelum memutuskan untuk memformat kartu, pastikan untuk mencoba setiap langkah terlebih dahulu. Terakhir, jangan lupa untuk membackup seluruh data yang ada di kartu tersebut. Selamat mencoba.

Leave a Reply