5 Perbedaan Kamera DSLR dan Mirrorless, Wajib Tahu Sebelum Beli!

By | March 24, 2021
Perbedaan Kamera DSLR dan Mirrorless

Gohitzz.com – Meski sudah cukup populer, tetapi masih banyak yang belum mengetahui perbedaan kamera DSLR dan mirrorless. Kedua jenis kamera ini digunakan oleh para fotografer hingga vlogger untuk membuat konten. Jika hanya dilihat dari bentuknya, tentu saja kamera DSLR dan mirrorless sangat mudah dibedakan. Namun, apakah hanya itu saja perbedaannya?

Secara fisik, kamera DSLR memiliki bentuk yang lebih besar dibandingkan kamera mirrorless sehingga saat digunakan di keramaian dapat menarik perhatian banyak orang. Sementara itu, kamera mirrorless memiliki bentuk yang lebih minimalis sehingga lebih mudah dibawa dan dimasukan ke dalam tas. Selain bentuknya, berikut ini adalah 5 perbedaan kamera DSLR dan mirrorless:

1. Fitur

Kamera DSLR dan mirrorless memiliki fitur yang berbeda. Karena didesain khusus untuk fotografer profesional, kamera DSLR memiliki fitur yang lebih lengkap dan beberapa fitur yang tidak tersedia di kamera mirrorless. Pada kamera DSLR, pengguna dapat mengatur pencahayaan secara manual melalui exposure kemudian mengatur diafragma lensa serta mengganti lensa.

Sementara itu, kamera mirrorless memiliki fitur yang lebih sedikit dan pengaturan yang tidak bisa diubah secara manual. Kamera mirrorless lebih cocok dipakai untuk orang yang ingin mendapatkan hasil foto dengan kualitas tinggi, tetapi tidak suka mengotak-atik atau bereksperimen dengan komposisi fotografi.

2. Berat

Perbedaan kamera DSLR dan mirrorless yang berikutnya adalah bobot berat dari keduanya. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa kamera DSLR memiliki bentuk yang lebih besar dan tentu saja bobotnya pun lebih berat dibandingkan dengan kamera mirrorless. Terlebih, ketika kamera DSLR dipasang lensa berukuran besar seperti lensa tele maka bobotnya akan semakin berat.

3. Aksesoris

Meskipun berukuran besar dan memiliki bobot yang lebih berat, kamera DSLR menyediakan aksesoris tambahan yang lebih lengkap dibandingkan dengan kamera mirrorless. Dengan begitu, pengguna menjadi lebih leluasa untuk menambahkan atau mengganti aksesoris untuk mendapatkan hasil foto sesuai keinginan.

BACA JUGA :  Rekomendasi 5 Kamera yang Bagus Untuk Vlog para Vlogger Profesional

Salah satu hal yang membuat kamera mirrorless tidak banyak menyediakan aksesoris yaitu karena karakter dari mirrorless sendiri yang didesain untuk memudahkan penggunanya. Selain itu, kamera mirrorless juga ditujukan untuk memotret saat liburan yang tidak terlalu mementingkan kualitas dari hasil foto. Namun, biarpun aksesoris kamera mirrorless tidak selengkap kamera DSLR penjualannya lebih banyak karena penggunanya juga sangat banyak. Maka, aksesoris kamera mirrorless sangat mudah ditemukan di pasaran.

4. Baterai

Kira-kira manakah yang memiliki daya tahan baterai lebih lama, kamera DSLR atau kamera mirrorless? Jika dilihat berdasarkan frekuensi penggunaan yang sama, kamera DSLR memiliki daya tahan baterai lebih lama dibandingkan dengan kamera mirrorless. Sebab, kamera DSLR memang didesain untuk keperluan profesional sehingga mampu bertahan dalam waktu yang cukup lama.

Kamera DSLR sangat cocok digunakan untuk hunting foto di lapangan karena selain hasil foto yang bisa diatur sesuai keinginan, daya baterainya juga lebih besar dan mampu bertahan lama. Bagi pengguna kamera mirrorless sebaiknya membawa baterai cadangan saat hunting foto di lapangan.

5. Kualitas Video

Saat ini kamera tidak hanya digunakan untuk keperluan fotografi, tetapi juga untuk membuat konten video. Lalu, bagaimana dengan kualitas video yang dihasilkan dari kamera DSLR dan kamera mirrorless? Jika dibandingkan, kamera mirrorless memiliki kualitas yang lebih unggul dari kamera DSLR.

Kamera mirrorless menawarkan kualitas video 4K dengan pengaturan yang lebih sederhana. Memang, kamera DSLR versi terbaru juga mampu menghasilkan video 4K tetapi tidak sebaik kamera mirrorless. Hal ini dikarenakan kamera DSLR yang memang sengaja diciptakan untuk keperluan fotografi.

Itulah 5 perbedaan kamera DSLR dan mirrorless yang wajib diketahui sebelum memutuskan untuk membeli yang mana. Pastikan memilih kamera sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa, belilah yang sesuai dengan budget ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *