cara mengatasi WiFi Indihome terhubung tapi tidak bisa akses internet

Begini Cara Mengatasi WiFi Indihome Terhubung Tapi Tidak Bisa Akses Internet

Gohitzz.com – Bekerja menggunakan koneksi internet menjadi kebutuhan penting banyak orang. Terutama ketika tuntutan work from home di masa pandemi, yang mensyaratkan koneksi internet untuk kinerja yang optimal. Namun, lambatnya koneksi dan jaringan yang terputus tak jarang menjadi kendala. Bagi pengguna jasa Indihome, berikut adalah cara mengatasi WiFi Indihome terhubung tapi tidak bisa akses internet:

1. Restart Router dan Modem

Hal ini adalah yang paling mudah dan pertama kali bisa dilakukan sebagai cara mengatasi WiFi Indihome terhubung tapi tidak bisa akses internet. Restart bisa dilakukan dengan mematikan router dari saklar utamanya. Kira-kira 30 detik kemudian, coba nyalakan kembali dan tunggu sampai lampu DSL menyala stabil.

Alternatif lain adalah dengan me-restart dengan cara me-reboot menggunakan perangkat laptop. Pengguna bisa masuk melalui browser dan mengetikkan IP Adress 192.168.0.1 atau 192.168.1.1 lalu tekan ‘Enter’. Pada laman login, pengguna bisa menggunakan ‘Admin’ sebagai username sekaligus password. Selanjutnya, silakan pilih ‘System Tools’ lalu ‘Reebot Option’ dan ketuk ‘Reboot’. Proses akan berjalan secara otomatis dan tunggu sampai selesai.

✅REKOMENDED:  4 Cara Check Pulsa Smartfren 4G

2. Mengubah Mode WiFi Indihome

Manakala cara di atas tidak membuat koneksi internet Indihome kembali stabil, maka pengguna bisa melakukan perubahan mode WiFi. Pengguna harus menggunakan perangkat laptop untuk mengakses browser dan masuk ke IP Address 192.162.0.1, lalu akses dengan username dan password yang sudah diatur sebelumnya.

Jika belum mengatur username atau password, pengguna bisa kembali menggunakan ‘Admin’ untuk keduanya. Lanjutkan, dengan mengetuk menu ‘Wireless Setting’ dan ubah menjadi ‘11bgnmixed’ lalu ‘Save’. Terakhir, lakukan langkah reboot seperti pada poin 1 di atas.

3. Melakukan Update Driver Adapter

Terkadang masalah muncul bukan pada router, melainkan pada adaptor WiFi yang ada di laptop atau PC. Jika kemungkinan ini terjadi, maka yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pembaruan dengan klik kanan pada ‘My computer’. Lanjutkan dengan klik ‘Properties’.  Kemudian, lanjutkan dengan klik Adapter Jaringan. Klik kanan pada pilihan Driver Adaptor WiFi dan klik Update Driver Software.

✅REKOMENDED:  Cara Mempercepat WiFi di Android 100% Work!

4. Mengganti DNS

Sebagai alternatif cara mengatasi WiFi Indihome terhubung tapi tidak bisa akses internet adalah dengan mengganti DNS menjadi DNS Google Public. Caranya sangat mudah, pengguna hanya dipersilakan mengakses melalui ‘Control Panel’ dan cari pilihan menu ‘Jaringan dan Internet’.

Selanjutnya, klik nama WiFi yang digunakan dan pilih ‘Properties’ dan ‘RCP/IPV4’. Setelahnya, pilih ‘Gunakan Alamat DNS Berikut’ pada jendela IPV4, ketik alamat Google, lalu pilih ‘Ok’. Hal yang sama juga harus dilakukan pada IPV6. Langkah terakhir, lakukan restart router untuk melakukan pemeriksaan kestabilan jaringan.

5. Aktifkan Mode Pesawat

Ini adalah cara mudah lain yang bisa digunakan untuk mengatasi WiFi Indihome yang tidak dapat mengakses internet. Hidupkan mode pesawat pada ponsel atau laptop selama beberapa menit, lalu matikan kembali. Meskipun simpel, namun terbukti efektif untuk dilakukan.

✅REKOMENDED:  Cara Setelan APN XL

6. Membuka Blokiran Perangkat

Permasalahan WiFi yang tidak bisa mengakses internet bisa terjadi karena adanya blokir pada router atau modem. Oleh karenanya, pengguna bisa mengatasi dengan membuka MAC Address dengan terlebih dahulu masuk ke konfigurasi router. Lakukan unblock pada MAC yang ada di daftar blokir.

Cara mengatasi WiFi Indihome terhubung tapi tidak bisa akses internet tentunya beragam, tergantung dimana letak masalahnya. Tidak selamanya masalah berada pada router, modem, atau adapter. Bisa saja masalah akses muncul karena adanya batasan pengguna, atau serangan virus pada perangkat ponsel atau laptop. Namun demikian, langkah-langkah di atas bisa dilakukan oleh pengguna agar kembali dapat mengakses internet dengan stabil.

Leave a Reply

error: HAYOO MAU NYOLONG YA !!