Intip Cara Memperbaiki Hp Android Yang Tidak Bisa Menyala Terbukti Ampuh

By | March 23, 2021
Cara Memperbaiki Hp Android Yang Tidak Bisa Menyala

Gohitzz.com – Ponsel merupakan elemen paling penting dalam komunikasi masa kini. Sehingga apabila di kemudian hari mengalami mati mendadak, tentunya bisa menimbulkan banyak permasalahan. Biasanya ditimbulkan oleh beberapa alasan, mulai dari kerusakan komponen hingga kesalahan dalam mengisi ulang daya baterai. Ada baiknya untuk tahu apa saja cara memperbaiki hp Android yang tidak bisa menyala supaya digunakan seperti semula.

Untuk mengetahui penjelasan lebih lanjut mengenai apa saja yang perlu dilakukan agar hp bisa menyala, maka cara berikut bisa dijadikan inspirasi, yaitu antara lain:

Mengapa Hp Android Tidak Bisa Menyala?

Apabila hp Android tidak menyala selama beberapa waktu, maka perlu diketahui penyebabnya. Sehingga nantinya akan mudah ditemukan bagaimana langkah mengatasinya. Berikut inilah beberapa penyebabnya, yaitu:

  • Komponen menua: Pada umumnya, hp mati dikarenakan beberapa sebab seperti usia barang yang sudah terlalu lama di atas 2 tahun. Hal ini terjadi karena komponennya terlalu tua atau bahkan rusak.
  • Sistem terkena bug: Selain itu, adanya bug pada sistem mengakibatkan ponsel enggan untuk menyala pada saat diaktifkan. Maka pastikan telah mengecek isi hp dengan baik.
  • Kondisi terlalu panas dan terkena air: Namun disamping alasan tersebut, ternyata kondisi hp dengan suhu terlalu panas ataupun terguyur air bisa jadi salah satu pemicunya loh. Maka dari itu pastikan untuk menjaganya dengan baik.
  • Layar HP rusak: Penyebab lainnya mengapa hp tidak bisa menyala adalah karena faktor layar yang rusak. Dengan begitu, pastikan untuk segera menggantinya agar tidak merusak komponen lainnya.

Apabila ponsel Android mengalami permasalahan dengan penyebab seperti diatas dan tidak dalam kondisi normal, maka pastikan memberikan penanganan tepat. Inilah langkah dan beberapa cara memperbaiki hp android yang tidak bisa menyala wajib disimak.

Langkah Perbaikan Ponsel yang Mati

Dalam mengatasi permasalahan pada ponsel memang haruslah lebih diperhatikan, dengan begitu komponen di dalamnya tidak semakin rusak. Inilah beberapa wajib diketahui, yaitu sebagai berikut:

1. Keringkan Ponsel yang Kemasukan Air

Cara memperbaiki hp Android yang tidak menyala karena terkena air yaitu dengan segera mengeringkannya. Pada umumnya komponen ponsel akan rusak, serta tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya karena adanya air didalamnya. Sehingga perlu dilakukan proses pengeringan agar tidak semakin merusak elemen di dalamnya.

Pastikan pula mengeringkannya dengan cara yang benar. Misalnya saja dengan mengangin-anginkan atau memasukkannya pada tempat penyimpanan beras. Dijamin air bisa terserap oleh butiran beras dan kering secara cepat. Barulah ponsel bisa dibenahi supaya kembali dalam kondisi normal.

2. Hidupkan Ponsel

Apabila ponsel tidak pernah terkena air, maka segera hidupkan kembali dengan cara menekan tombol power dalam waktu tertentu. Hal ini tentunya bisa dijadikan solusi ampuh mengetahui apakah barang berfungsi secara normal. Namun jika tetap dalam kondisi mati, tentunya menahan tombol power sembari mengisi ulang daya baterai merupakan solusi terbaik untuk menanganinya.

Kemudian lihatlah apa langkah ini cukup ampuh atau tidak agar bisa melanjutkan ke langkah berikutnya. Tanda bahwa hp berjalan normal adalah ditandai dengan layar yang bisa menyala  tanpa permasalahan apapun.

3. Lakukan Pengisian Ulang Daya

Sering kehabisan baterai hp memang terkadang berakibat buruk pada performanya. Sehingga pastikan untuk selalu mengecek dan mengisi daya secara rutin tiap harinya. Apabila terlanjur mati atau tidak bisa menyala, maka ada baiknya untuk mengecek keadaan baterainya.

BACA JUGA :  Penting! Ini Cara Mengatasi HP Kemasukan Air Untuk Menghindari Kerusakan

Caranya adalah dengan mengisi daya baterai sekitar 10 hingga 15 menit untuk kemudian dihidupkan kembali. Langkah satu ini digunakan untuk mengetahui apakah charger, baterai atau ponsel yang rusak. Dengan adanya kemungkinan tersebut, maka nantinya bisa ditangani sesuai permasalahan yang dialami.

4. Lepaskan Baterai HP

Jika beberapa cara tersebut nampak tidak sukses, maka cobalah untuk melepaskan baterainya. Barulah kemudian pasang kembali serta tunggu selama 2 hingga 3 menit. Jangan lupa tekan dan tahan tombol power sampai hp bisa menyala. Apabila tetap dalam kondisi mati, maka ada baiknya untuk melihat komponen lainnya apakah terdapat kerusakan maupun permasalahan lainnya.

Dengan dilepasnya baterai akan memotong arus listrik yang mengalir pada ponsel, sehingga nantinya bisa menyala kembali seperti normal. Namun apabila tidak ada perubahan, maka sebisa mungkin lakukan perbaikan berupa menggunakan jasa tukang servis supaya mendapatkan penggantian komponen. Dijamin hasilnya memuaskan dan sesuai ekspektasi.

5. Ganti Baterai

Proses penggantian elemen penting ini merupakan cara memperbaiki hp Android yang tidak bisa menyala terbaik. Terutama dapat dilakukan apabila ponsel terindikasi mengalami kerusakan, baik pada segi komponen maupun port pengisian daya. Pastikan pula membeli perangkat asli supaya terhindar dari permasalahan lainnya.

Setelah terpasang dengan baik pada ponsel, usahakan mengeceknya apakah masih bisa dinyalakan. Jika tidak, maka pengecekan keseluruhan komponen yang mungkin terkena masalah perlu dilakukan. Mulai dari baterai hingga elemen lainnya dalam ponsel.

6. Install Ulang

Flash atau proses untuk melakukan instalasi ulang pada Android perlu diterapkan dalam mengatasi segala permasalahan. Entah itu pada hp yang mati total atau lemot, tentunya langkah ini dijamin ampuh dalam menanganinya. Beberapa hal yang dibutuhkan meliputi keahlian dalam flashing, laptop atau pc dan program tertentu untuk menginstall ulang.

Langkah pertama sebagai cara memperbaiki hp android yang tidak bisa menyala yaitu dengan flashing menggunakan pc yang telah disiapkan sebelumnya. Pastikan bahwa kedua perangkat telah terhubung agar proses jadi lebih mudah. Sehingga nantinya ponsel yang mati atau tidak hidup kembali dalam keadaan normal seperti sedia kala.

7. Lakukan Servis Bila Perlu

Jika telah menginstall ulang ponsel namun tidak menemukan titik terang mengapa enggan menyala, maka segera bawa ke tukang servis terpercaya. Pada umumnya, kebanyakan tempat servis telah berpengalaman dan bisa mengatasi permasalahan ini dengan mudah. Serta, waktu yang dibutuhkan juga terhitung cukup singkat dan efektif menghemat tenaga.

Untuk layanan terbaiknya, maka usahakan mendatangi service center sesuai merek HP yang digunakan. Misalnya saja Samsung, Oppo, Vivo atau merek lainnya yang bisa mendatangi gerai servis terdekat. Sehingga tanpa mengeluarkan banyak uang, maka ponsel bisa diperbaiki dengan mudah dan garansi yang cukup memuaskan.

8. Hapus File Data Cache

Hal lainnya perlu dilakukan adalah membersihkan seluruh file data maupun cache ponsel Android. Biasanya poin ini menjadi salah satu penyebab mengapa ponsel enggan menyala. Cukup melakukan wipe data  cache, serta tunggu hingga prosesnya selesai.

Barulah matikan hp melalui recovery dan perhatikan apakah ponsel bisa menyala seperti semula. Jika mampu berjalan normal, bisa disimpulkan bahwa ada masalah pada penyimpanan tersebut.

Itulah informasi tentang bagaimana langkah cara memperbaiki hp Android yang tidak bisa menyala. Sehingga usahakan selalu menjaga kondisinya, baik dari guyuran air maupun hal lainnya penyebab kerusakan komponen. Beberapa langkah mengatasi diatas juga bisa dilakukan agar ponsel bisa dinyalakan dan digunakan kembali seperti biasa. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply