Ragam Cara Membuka HP yang Lupa Kata Sandinya Terbaru

By | March 22, 2021

Gohitzz.com – Mempergunakan perangkat teknologi layaknya ponsel memang sangat penting untuk berbagai keperluan manusia modern saat ini. Namun demikian, seringkali pemilik ponsel mengalami masalah terkait perangkat teknologinya, hingga kemudian melontarkan banyak pertanyaan di sosial media. Misalnya saja seperti, bagaimanakah cara membuka HP yang lupa kata sandinya?.

Keberadaan kata kunci untuk memfungsikan penutupan akses ponsel agar tidak dapat digunakan orang lain memang sangat penting. Apalagi, jika di dalam telepon genggam tersebut terdapat data penting atau rahasia, yang tidak semua orang boleh mengaksesnya. Tetapi masalahnya seringkali seseorang lupa sandi ponselnya sendiri. 

Lantas, jika hal ini benar terjadi pada ponsel kesayangan, apa yang harus dilakukan? Sebenarnya, untuk mendapatkan kembali akses ponsel yang lupa kata sandi tidak terlalu sulit, asalkan pengguna tahu caranya. Nah, beragam cara tersebut, akan dibahas secara lengkap di sini, karenanya, perhatikan ulasan ini dengan seksama untuk mendapat jawaban!

Beragam Cara Membuka HP yang Lupa Kata Sandinya

Ada berbagai cara membuka HP yang lupa kata sandinya dengan memanfaatkan bermacam fitur yang bisa pengguna lakukan. Mulai dari fitur pabrikan dari produsen ponsel hingga berbagai fitur lain yang disediakan oleh penyedia ketiga. Tentu, pemanfaatan masing-masing fitur ini sebaiknya harus disesuaikan dengan kondisi dari masing-masing telepon genggam, seperti berikut ini:

1. Pakai Menu Antisipasi Lupa Pola Ponsel

Cara mudah membuka HP yang lupa kata sandinya bisa memakai  menu antisipasi lupa pola. Menu ini lazimnya diikuti oleh pengguna telepon genggam berOS android versi Kitkat atau versi lebih tua, dengan proses sebagai berikut:

  • Masukan kata kunci acak sampai limit maksimal terpenuhi.
  • Setelah muncul warning, kemudian pilih menu lupa sandi.
  • Akan tampil dua pilihan yakni verifikasi data dan lewat email Google, pilih salah satu.
  • Misal mengambil opsi kedua, masuk email Google lewat perangkat lain.
  • Sandi baru yang diberikan Google bisa langsung dipakai atau diperbarui.

Hal yang sebaiknya dilaksanakan pemilik ponsel setelah merampungkan cara membuka HP yang lupa kata sandinya ini yakni memperbarui kata kunci, buatlah kata unik yang mudah diingat. Semua itu agar tidak sampai kejadian serupa terulang kembali.

2. Pakai ADM

Berikutnya, cara membuka HP yang lupa kata sandinya yaitu memakai ADM (Android Device Manager) milik Google. Untuk memakai cara ini, dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  • Masuk website ADM lewat perangkat lain.
  • Buka email Google yang dipakai pada telepon genggam.
  • Pilih menu Lock sekaligus di refresh sampai perangkat valid.
  • Buat kata kunci unik dan lakukan konfirmasi ulang.
  • Setelah berhasil, kata kunci terbaru dapat dipakai untuk mengakses gadget.

3. Fungsikan Mode Aman Gadget

Fungsi lockscreen terkadang bisa memakai aplikasi yang digawangi oleh penyedia ketiga. Apabila hal ini dialami, maka cara membuka HP yang lupa kata sandinya yakni lewat mode aman gadget, dengan proses sebagai berikut:

  • Pencet tombol on off sampai muncul pada layar, pilihan off dan restart.
  • Lanjut pencet dan tahan sampai terdapat opsi reboot ke mode aman.
  • Apabila telah menekan ok, langsung jalankan uninstal aplikasi pengunci layar.
  • Kembali pencet dan tahan tombol on off untuk merestart gadget.

4. Buat Crash Lockscreen

Untuk cara membuka HP yang lupa kata sandinya dengan memakai crash lockscreen ada dua syarat. Yakni fungsi USB debugging pada ponsel telah diaktivasi dan memiliki PC yang pernah disambungkan dengan gadget via adb. Jika dua syarat ini terpenuhi, maka dapat merunut proses seperti di bawah ini:

  • Sambung telepon genggam ke PC atau Laptop dengan kabel USB.
  • Masuk ke Command Prompt, lalu input instruksi adb shell rm/data/system/gesture.key sampai masuk pada instalasi ADB.
  • Lakukan reboot gadget dalam menghapus sandi.
  • Setelah gadget terbuka, segera perbarui sandi gadget.
BACA JUGA :  Cara Mengatasi Instagram Error di Android 100% Berhasil! Ini

5. Kembalikan Telepon Genggam pada Setelan Pabrik

Menu factory reset gadget dapat dipakai untuk mengembalikan gadget kepada pengaturan pabrik seperti sedia kala. Cara membuka HP yang lupa kata sandinya ini merupakan rekomendasi terakhir yang bisa dijalankan. Yakni dengan merunut proses seperti di bawah ini:

  • Pencet tombol menu utama gadget, on off, dan volume naik bersamaan untuk menuju ke menu setelan pabrik gadget.
  • Setelah menu keluar pada layar, pencet tombol volume untuk mengarahkan pada opsi setelan pabrik, dan tekan ok menggunakan tombol on off.
  • Tunggu proses berakhir dan klik pilihan reboot system now.
  • Jika proses berhasil, gadget telah kembali seperti sedia kala.

Penting untuk diingat, ketika menjalankan setelan pabrik pada gadget, ada kelemahannya. Terutama berkaitan dengan penghilangan data otomatis dan permanen yang terdapat pada gadget. Sehingga, ketika setelan pabrik benar-benar selesai dilakukan, maka gadget benar-benar bersih dari data seperti baru lagi.

Trik Khusus Lupa Kata Sandi

Selain berbagai macam cara membuka HP yang lupa kata sandinya di atas, ada trik khusus lainnya untuk pengguna gadget contohnya hp Samsung. Yakni dengan memanfaatkan fitur Find My Mobile dan Smart Lock yang ada di ponsel. Pemanfaatan kedua fitur tambahan ini dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

1. Menggunakan Fitur Find My Mobile

Fitur Find My Mobile umumnya biasa digunakan untuk mencari gadget Samsung yang hilang. Inti dari penggunaan fitur ini adalah untuk mengendalikan gadget Samsung dari jarak jauh. Namun demikian, untuk dapat mempergunakannya, ada syarat yang harus dipenuhi, sebagai berikut:

  • Ponsel Samsung wajib dalam kondisi nyala.
  • Data seluler ponsel aktif.
  • Ponsel telah terdaftar Samsung Account.
  • Fitur Remote Unlock harus sudah diaktifkan.

Apabila syarat tersebut terpenuhi, maka tinggal mengakses fitur Find My Mobile via Google. Setelah itu, tinggal sign in dan memilih perangkat seluler yang ingin di remote, kemudian pilih unlock. Terakhir, pengguna akan dimintai verifikasi sandi dan setelahnya tinggal mengklik next, maka kunci ponsel akan terbuka.

2. Memakai Fitur Smart Lock

Smart Lock merupakan fitur yang memungkinkan kunci gadget terbuka secara otomatis kala berada di lokasi tervalidasi perangkat tersebut. Misalkan saja, lokasi rumah dipakai Smart Lock, kemudian ponsel dibawa bepergian, maka ketika pulang kembali akan terbuka otomatis saat lokasi rumah tervalidasi. Namun demikian, kunci akan kembali tertutup apabila ponsel telah berada di rumah selama 4 jam dan harus dibuka dengan sandi.

Fitur smart lock yang digunakan untuk membuka HP yang lupa kata sandinya khusus merk Samsung memiliki tiga pilihan. Yaitu, smart lock tubuh yang menjadikan tubuh pengguna sebagai validator. Selain itu, ada opsi lain yakni validator perangkat dan validator lokasi pada contoh kasus di atas.

Keberadaan kata sandi pada ponsel memang efektif digunakan untuk melindungi data pribadi yang dimiliki. Tapi, alangkah baiknya jika memilih jenis kata yang mudah diingat dan tetap mengaktifkan fitur back up seperti di atas sebagai antisipasi. Semoga beragam informasi tentang cara membuka HP yang lupa kata sandi di atas, memberikan manfaat. Selamat mencoba.

Leave a Reply