Rekomendasi 6 Aplikasi Pengubah Suara Menjadi Teks Di Android

By | October 12, 2021
Aplikasi Pengubah Suara Menjadi Teks

Gohitzz.com – Android yang telah digunakan hampir di seluruh dunia, bahkan situasi pandemi yang mengharuskan daring juga mendukung hal tersebut. Setidaknya, setiap pekerja atau pelajar membutuhkan satu perangkat android pada setiap rumah. Tuntutan daring juga membuat pengguna mulai mencari aplikasi pengubah suara menjadi teks yang dapat mempermudah tugas pekerjaan.

Berdasar hal tersebut, pengembang aplikasi juga berusaha memenuhi kebutuhan dan kemudahan yang diinginkan pengguna. Persaingan satu sama lain terjadi akibat keinginan para pengembang menjadikan aplikasi lebih dilirik dan dipilih oleh para pengguna. Nah, kira-kira apa saja aplikasi tersebut? Langsung simak rekomendasi berikut ini:

1. Gboard – the Google Keyboard

Pengguna yang menyukai kesederhanaan dan kemudahan tentu sangat cocok dengan Gboard. Didesain dengan fitur yang beragam, membuat Google Kyeboard menjadi salah satu rekomendasi aplikasi pengubah suara menjadi teks di android. Fitur voice typing, glide typing, tulisan tangan, emoji, dan penelusuran pengetikan dalam berbagai bahasa turut melengkapi aplikasi ini.

Rilisan asal Google LLC ini memiliki peringkat yang lebih baik dibandingkan aplikasi lain dengan kegunaan yang serupa. Dapat diunduh melalui Google Play Store secara gratis dengan pengembangan terakhir pada tanggal 3 Februari 2021.

2. Sayuti, Aplikasi Notulen

Sayuti sebagai aplikasi notulen menawarkan fitur yang dapat digunakan sebagai notulensi dengan bahasa Indonesia, Jawa, Sunda, dan Inggris. Selain itu, aplikasi ini dapat digunakan untuk rapat, wawancara, seminar, sidang tugas, serta keadaan lain yang membutuhkan pencatatan yang cepat.

Hanya menggunakan 1,1 MB ruang pada android, tentu sangat membantu bagi pekerja atau pelajar dalam situasi daring seperti saat ini. Ditambah penilaian yang baik yaitu 4,6 dari total 5,0 bintang pada Google Playstore yang juga dapat diunduh secara gratis.

BACA JUGA :  Cara Mengatasi Instagram Error di Android 100% Berhasil! Ini

3. Voice Search – Speech to Text Searching Assistant

Menggunakan suara untuk dapat mencari secara mudah, cepat, dan tepat. Aplikasi rilisan Prometheus Interactive LLC padatahun 2011 ini menjadi pesaing yang cukup dewasa, karena telah bertahan selama 10 tahun. Terus bertahan hingga kini, tentu Voice Search tetap membutuhkan pengembangan untuk menjaga pengguna tetap memilihnya.

4. Live Transcribe & Sound Notifications

Live Tanscribe dapat mentransmisikan percakapan dan pemberitahuan acar penting, keunikan dari aplikasi ini adalah dapat membantu berkomuikasi dengan orang tuli. Selain itu, setidaknya android Lollipop atau diatasnya yang dapat menggunakan aplikasi ini agar dapat berjalan dengan baik. Memiliki lebih dari 80 bahasa yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

5. Speech to Text : Voice Notes & Voice Typing App

Kehadiran aplikasi yang dapat mengetik berbasis data audio atau suara adalah kegunaan Speech to Text. Dilengkapi dengan berbagai bahasa dalam menyajikan data, termasuk bahasa Indonesia. Walaupun memiliki beberapa pembayaran ekstra untuk menggunakan fitur lengkap. Cocok digunakan untuk pengguna yang tidak banyak memiliki memori dalam smartphone, karena hanya berukuran 7,5 MB.

6. Speechnotes – Speech To Text Notepad

Penyedia layanan seperti memo yang dapat memuat audio menjadi teks dengan multi bahasa, dukungan tanpa jaringan, dan memeriksa kesalahan tulisan. Di dalamnya terdapat beberapa fitur yang membutuhkan biaya untuk dapat digunakan, namun secara umum aplikasi ini dapat digunakan secara gratis.

Beberapa aplikasi pengubah suara menjadi teks memiliki konsep yang berbeda, walaupun sekilas fungsinya sama. Untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna, butuh pemilihan dan perlakuan seleksi yang cermat agar tidak kecewa ketika menggunakannya. Alangkah lebih baik, pengguna juga dapat mengerti cara penggunaan masing-masing aplikasi agar lebih bermanfaat dan digunakan sebaik mungkin.

Leave a Reply