Kenali Penyebab dan Cara Agar HP Tidak Ngelag Saat Digunakan

By | October 12, 2021
iphone 410324 1280

Gohitzz.com – Bermain game atau melakukan aktivitas lainnya pada ponsel, menarik untuk dijalani di masa seperti sekarang ini. Namun, bagaimana jadinya jika kegiatan yang menjadi hiburan ini, justru terganggu karena ponsel yang ngelag tiba-tiba? Nah, agar tidak bingung dalam menghadapinya, maka sebaiknya perhatikan penyebab dan cara agar HP tidak ngelag berikut!.

HP ngelag merupakan sebuah istilah yang kerap dipakai oleh banyak orang untuk menunjukkan situasi ponsel yang tiba-tiba macet atau lambat. Situasi ini biasanya dipicu oleh adanya komponen ponsel yang tidak berfungsi secara optimal. Misalnya saja kapasitas RAM, ROM, penyimpanan internal, hingga komponen lain.

Ponsel ngelag paling sering terjadi pada saat HP digunakan untuk melakukan aktifitas, layaknya game, menonton video atau aktivitas berat lainnya. Melihat hal ini, sebenarnya apa yang menyebabkan ponsel menjadi ngelag secara tiba-tiba saat tengah digunakan?

Penyebab HP Ngelag yang Sering Terjadi

Ada banyak kemungkinan penyebab yang menjadikan HP mengalami ngelag di saat-saat yang tidak diinginkan. Mulai dari merujuk spesifikasi dari ponsel itu sendiri, hingga berbagai macam hal teknis tentang penggunaan yang kurang bijak. Secara lebih lengkap, berbagai penyebab HP ngelag saat digunakan ini, dapat diamati pada beberapa indikator penting, sebagai berikut:

1. Kapasitas Ram yang Terlalu Mini

Ram merupakan komponen penting pada sebuah ponsel untuk dapat menjalankan aplikasi yang ada di dalamnya. Saat ini, seiring berjalannya waktu, ram pada ponsel semakin berkembang menyesuaikan aplikasi-aplikasi baru yang berat. Biasanya, ponsel lama memiliki ram yang lebih kecil, sehingga menyebabkan ngelag saat digunakan pada aplikasi baru yang butuh banyak kapasitas.

2. Aplikasi Over Kapasitas

Perkembangan aplikasi menarik yang bisa diunduh dan diinstal pada ponsel kesayangan semakin beragam dan kian menggiurkan. Dampaknya, seringkali membuat banyak orang kehilangan kontrol, dengan menginstal banyak aplikasi yang sebenarnya kurang berguna. Padahal aktivitas yang kurang bijak ini cukup memberatkan bagi ponsel, dan menjadi salah satu penyebab utama terjadinya ngelag.

3. Sistem Operasi yang Digunakan oleh Ponsel

Ponsel keluaran lama, khususnya android dibekali dengan sistem operasi tertentu yang digunakan untuk menjalankan berbagai aplikasi menarik. Sayangnya, sistem operasi  versi lama seringkali tidak mumpuni untuk digunakan pada aplikasi terbaru. Jika hal ini dipaksakan, maka biasanya yang terjadi adalah ponsel menjadi ngelag, saat digunakan untuk menjalankan aplikasi berat layaknya game.

4. Ketidakstabilan ROM pada Ponsel

Fungsi ROM pada sebuah ponsel canggih layaknya android sangat penting, terutama dalam membaca dan melakukan penyimpanan data ponsel. Umum sekali, ROM bawaan pada sebuah ponsel kerap memiliki kinerja yang kurang begitu stabil. Kekurang stabilan ini, jika dibiarkan dan dipaksakan maka lambat laun mengakibatkan ponsel mengalami lag saat digunakan melakukan aktivitas berat.

Berbagai Cara Agar HP Tidak Ngelag yang Patut Dicoba

Ada berbagai cara agar HP tidak ngelag yang bisa dijalankan, supaya  tidak mendapatkan pengalaman buruk, saat memainkan ponsel. Cara-cara ini sesuai dengan aneka macam kondisi yang mungkin terjadi pada banyak ponsel dengan berbagai tipe. Karena itu, dengan menyimak ulasan ini dengan seksama, maka berbagai informasi tentangnya akan didapatkan, sebagai berikut:

1. Mengosongkan Penyimpanan Internal

Cara agar HP tidak ngelag saat digunakan yang patut dicoba yang pertama adalah mengosongkan penyimpanan internal pada ponsel. Khususnya hal ini penting untuk dijalankan bagi pemilik ponsel dengan spesifikasi penyimpanan internal yang kecil. Pembersihan memori internal ini, diharapkan akan dapat meringankan kinerja ponsel, dan ngelag saat digunakan pun bisa dihindari.

BACA JUGA :  Spesifikasi Realme X50 Pro dan Kelebihan Sebuah Ponsel Premium

Selain menghapus atau mengosongkan penyimpanan internal, pada ponsel tertentu bisa ditambahkan perangkat penyimpanan eksternal, yang biasanya berupa kartu SD. Penambahan kartu SD cukup efektif untuk menggantikan fungsi penyimpanan internal, khususnya pada data berat.  Penggunaan memori eksternal juga memungkinkan pemilik ponsel untuk dapat  menyimpan berbagai macam data lebih banyak daripada biasanya.

2. Menghapus File Cache Aplikasi

Langkah alternatif pada cara agar HP tidak ngelag saat digunakan berikutnya adalah melakukan penghapusan cache atau informasi aplikasi yang tersimpan di ponsel. Peranan cache pada sebuah ponsel adalah menyimpan data informasi aplikasi, agar jika digunakan di waktu selanjutnya bisa lebih cepat. Namun, sayang karena file cache ini besar dan memakan ruang internal.

Karenanya, melakukan penghapusan cache adalah hal yang sangat disarankan untuk membuat fungsi ponsel tetap berjalan secara normal. Terutama berkaitan dengan poin satu yakni membuat ruang internal lebih lenggang sehingga kerja ponsel  stabil. Akan lebih baik lagi, jika pembersihan cache ini dilakukan secara rutin dan berkala sehabis aplikasi dijalankan pada ponsel.

3. Menonaktifkan Aplikasi Pabrikan yang Kurang Efektif

Setiap ponsel biasanya dibekali dengan banyak aplikasi bawaan yang nyatanya, beberapa di antara aplikasi itu tidak efektif untuk digunakan. Sangat disayangkan, jika aplikasi-aplikasi pabrikan ini dibiarkan memenuhi ruang internal yang bisa dimanfaatkan untuk lainnya. Karena itu, dengan menonaktifkannya, merupakan cara agar HP tidak ngelag yang cukup efektif untuk dilakukan.

4. Menghindari Penggunaan Banyak Aplikasi Secara Bersamaan

Banyak ponsel android yang mumpuni untuk melakukan fitur multitasking atau menjalankan beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan. Terkadang, para pengguna ponsel menjalankan fitur ini dengan semena-mena tanpa memperhatikan kinerja ponsel. Akibat tindakan ceroboh ini ponsel menjadi ngelag saat digunakan, contohnya seperti saat bermain game.

Berdasarkan hal tersebut maka langkah bijak yang bisa ditempuh sebagai cara agar HP tidak ngelag adalah menghindari penggunaan aplikasi bersamaan. Sebaiknya, melakukan pembatasan pada halaman aplikasi yang dibuka dengan menyesuaikan pada kemampuan ponsel. Jika hal ini diterapkan, bukan hanya menghindari ngelag, tapi kinerja ponsel lainnya juga akan lebih stabil.

5. Melakukan Factory Reset Ponsel

Mengembalikan ponsel seperti sedia kala saat pertama dibeli, atau biasa dikenal dengan factory reset, cukup efektif  dilakukan saat ngelag parah. Sebelum melakukan cara ini, penting untuk melakukan back up data terlebih dahulu. Ini karena pada saat dilakukan factory reset, ponsel benar-benar kembali seperti semula dan semua datanya hilang.

6. Memasang Custom Rom Sebagai Alternatif

ROM bawaan yang ada pada ponsel terbaru sekarang ini umumnya dapat diperbarui menggunakan fitur yang disediakan ponsel. Namun, jika ternyata ponsel tersebut tidak menyediakan fitur ini maka bisa memanfaatkan custom rom dari pihak luar. Apa lagi, custom Rom saat ini banyak tersedia dan mudah didapatkan.

Apabila berbagai penyebab yang telah disebutkan di atas sudah dikenali dan berbagai cara telah dilakukan, tapi tetap terjadi ngelag. Maka, tidak ada cara lain yang bisa dilakukan selain melakukan pembelian ponsel baru yang lebih sesuai dengan kebutuhan. Barangkali, memang spesifikasi ponsel lama tersebut tidak sesuai lagi untuk digunakan saat ini.

Ponsel mengalami ngelag secara tiba-tiba saat sedang digunakan, memang sangat menjengkelkan dan diharapkan tidak terjadi kembali. Ngelagnya ponsel bisa berdampak banyak, seperti kekalahan game atau ketidaklancaran pekerjaan, tentu semakin mengesalkan. Karena itulah, dengan memahami berbagai cara agar ponsel tidak ngelag di atas bisa menjadi solusi yang baik.

One thought on “Kenali Penyebab dan Cara Agar HP Tidak Ngelag Saat Digunakan

  1. Pingback: √ Cara Mengatasi Laptop yang Lemot Tanpa Bantuan

Leave a Reply