Pahami Penyebab dan Cara Mengatasi HP Cepat Panas dan Batre Cepat Habis

By | October 11, 2021
Cara Mengatasi HP Cepat Panas dan Batre Cepat Habis

Gohitzz.com – Mempunyai ponsel yang cepat panas dan penggunaan batre yang boros memang sangat menyebalkan. Apalagi jika hal semacam ini terjadi pada saat sedang seru-serunya menggunakan fitur dalam smartphone. Oleh karena itulah, diperlukan cara mengatasi HP cepat panas dan batre cepat habis yang tepat, agar tidak semakin runyam.

Manusia modern sekarang ini memang sangat identik dengan penggunaan gadget untuk berbagai keperluan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, seperti untuk keperluan komunikasi, hingga berbagai kegiatan hiburan layaknya bermain game maupun menonton video. Namun bagaimana jadinya, jika saat tengah menikmati semua fitur tersebut, tiba-tiba mengalami masalah seperti suhu ponsel yang panas?

Tentunya, ini akan menjadi pengalaman buruk yang sangat membekas dalam benak banyak orang. Sebenarnya, jika dicermati dengan jujur dan seksama, panasnya suhu pada ponsel tidak terjadi begitu saja. Melainkan, ada banyak hal yang mungkin turut menjadi penyebab naiknya suhu ponsel, yang tidak jarang berakibat pada borosnya daya batre.

Penyebab HP Cepat Panas dan Batre Cepat Habis

Saat membicarakan mengenai cara mengatasi permasalahan HP, maka penting untuk selalu mencari tahu penyebab terjadinya masalah. Ini penting untuk dilakukan agar menemukan titik permasalahan sehingga dapat mengatasinya dengan tepat. Berikut ini beberapa penyebab HP cepat panas dan batre cepat habis yang harus dikenali terlebih dahulu:

1. Terlalu Banyak Aplikasi yang Sedang Dijalankan

Secara umum, penyebab masalah yang terjadi pada ponsel adalah penggunaan yang kurang bijak. Misalnya saja, penginstalan berbagai aplikasi dan menjalankannya secara bersamaan dalam satu waktu. Memang, beberapa HP tertentu dibekali dengan fitur multitasking, namun jika penggunaan terjadi berlebihan maka masalah seperti HP cepat panas tidak bisa dihindari.

2. Penggunaan Ponsel Saat Dicharge

Fungsi HP memang sangat penting dalam kehidupan masyarakat modern membuat banyak orang tidak bisa berpisah lama dari perangkat canggih ini. Terlihat dari banyaknya pengguna yang tetap menggunakan ponselnya meskipun sedang dicharge.

Tidak hanya menyalahi standar operasional, tindakan yang sering dianggap remeh ini bisa berakibat fatal pada turunnya kinerja ponsel. Jika hal ini dilakukan terus menerus maka akan terjadi kerusakan pada Hp dan batre, sehingga Hp akan cepat panas dan daya batre akan cepat habis.

3. Pengaruh Suhu Udara di Sekitar

Suhu yang panas juga bisa menjadi penyebab terjadinya berbagai jenis permasalahan pada perangkat ponsel. Terutama, bagi para pengguna yang nekad menggunakan ponsel miliknya di bawah terik sinar matahari secara langsung. Tindakan ini tidak saja menyebabkan layar menurun fungsinya, tapi juga bisa berakibat pada panasnya suhu ponsel dan borosnya baterai.

4. Bug Aplikasi yang Terpasang di HP

Selain tiga hal di atas, panasnya HP dan borosnya batre juga bersumber dari kinerja processor yang kurang optimal lantaran bug aplikasi. Biasanya, hal semacam ini terjadi pada pengguna yang malas melakukan update aplikasi. Padahal, dengan adanya update secara rutin dan berkala maka bug aplikasi akan mendapat pembaruan sehingga kinerja processor yang dimiliki akan optimal.

5. Masalah Sinyal yang Kurang Stabil

Setiap pengguna di berbagai daerah mungkin memiliki pengalaman berbeda terhadap ketersediaan sinyal operator seluler di wilayah masing-masing. Susah sinyal tidak hanya menyebalkan untuk manusia namun bagi ponsel kejadian ini juga memberatkan kinerja.

BACA JUGA :  Cara Memperbaiki Video yang Rusak di Android, Tenang Jangan Panik!

Jika sinyal yang tersedia tidak stabil, maka akan mengakibatkan kinerja ponsel tidak teratur. Hal ini kemudian akan berdampak pada naiknya suhu serta borosnya batre handphone.

6. Masa Pakai Ponsel

Kemungkinan lainnya, ponsel telah melebihi masa pakai sehingga fungsi yang ada pada ponsel menjadi menurun. Umumnya masa pakai ponsel adalah 5 tahun. Membeli ponsel baru adalah cara mengatasi HP cepat panas dan batre cepat habis jika memang ini masalahnya. Namun, jika bukan karena masa pakainya, maka perlu untuk menyimak ulasan ini lebih lanjut.

5 Cara Mengatasi HP Cepat Panas dan Batre Cepat Habis yang Bisa Dilakukan

Setelah memahami penyebabnya maka akan lebih mudah mengatasi permasalahan HP dan batrenya. Penting mengetahui cara mengatasi HP cepat panas dan batre cepat habis yang bisa dilakukan. Simak 5 caranya pada ulasan di bawah ini:

1. Mematikan Ponsel Saat Tidak Digunakan atau Sedang Dicharge

Pertama, cara mengatasi HP cepat panas dan batre cepat habis adalah menggunakan HP secara bijak. Alangkah baiknya, jika mematikan ponsel saat dicharge atau saat tidak diperlukan agar mesin dapat beristirahat sejenak. Pengisian daya optimal saat kondisi ponsel mati, selain itu bermanfaat agar saat kembali dinyalakan kinerja ponsel tidak terlalu berat.

2. Melakukan Update Aplikasi dan OS secara Berkala

Perawatan berupa update OS dan aplikasi merupakan langkah tepat berikutnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi Hp cepat panas dan batre cepat habis. Pembaruan aplikasi dan OS berkala membuat kinerja ponsel akan lebih ringan dan tidak terbebani. Jadi pembaruan ini seharusnya dilakukan secara rutin dan berkala untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

3. Membersihkan Ponsel dan Penyimpanan yang Tidak Diperlukan

Kebiasaan menyimpan berbagai data pada ponsel merupakan hal yang dianggap efektif dan mudah diakses. Namun, ada baiknya jika melakukan back up data secara rutin dan melakukan pembersihan penyimpanan, terutama untuk file sampah. Pembiasaan hal ini merupakan langkah efektif dalam mengatasi HP cepat panas dan batre cepat habis yang tepat.

4. Melakukan Penginstalan Aplikasi Secara Bijak

Selain melakukan pembaruan aplikasi yang telah terinstal, sebaiknya penginstalan aplikasi baru turut diperhitungkan. Terutama berkaitan dengan fungsi aplikasi dan prioritas energi yang diperlukan ponsel untuk menjalankannya. Semestinya, selalu perhatikan spesifikasi ponsel dan aplikasi secara tepat guna agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

Misalnya saja, pada kasus yang sering dialami oleh banyak orang, adalah terlalu memaksakan berbagai aplikasi game meskipun ponsel tidak memenuhi spesifikasinya. Game-game yang terinstal tersebut tidak hanya ngelag saat dimainkan, tetapi juga memberatkan ponsel. Maka jangan heran, jika terjadi masalah pada borosnya penggunaan batre ponsel.

5. Memilih Operator Seluler yang Paling Tepat

Faktor lokasi  pengguna  berada seringkali menjadi pertimbangan penting saat memilih jenis operator seluler yang paling sesuai. Faktanya, tidak semua operator seluler dapat digunakan dengan baik di semua tempat. Berdasarkan hal tersebut, maka ada baiknya untuk memprioritaskan penggunaan operator seluler yang memiliki sinyal stabil di daerah tempat pengguna ponsel berada.

Hal lain yang bisa dijadikan solusi untuk mengatasi permasalah pemilihan operator adalah menggunakan jaringan wifi. Ini lantaran, sinyal wifi dianggap lebih stabil dan tidak terlalu memberatkan pada kinerja ponsel. Terlebih lagi, jika ponsel yang dimiliki dipakai untuk mengakses data besar, maka penggunaan wifi sangat disarankan.

Demikianlah cara mengatasi HP cepat panas dan batre cepat habis yang bisa diupayakan. Semoga, dengannya dapat memberikan tambahan wawasan yang bermanfaat. Selalu ingat, masalah pada ponsel sering diakibatkan penggunaan yang kurang mematuhi prosedur, sehingga bersikap bijak saat menggunakannya adalah upaya yang terbaik.

Leave a Reply