Penting! Ini Cara Mengatasi HP Kemasukan Air Untuk Menghindari Kerusakan

By | March 21, 2021
Cara Mengatasi HP Kemasukan Air

Gohitzz.com – Dengan ukuran HP yang kecil, maka orang dengan mudahnya membawanya dan menaruhnya dimana saja. Namun, justru dengan kelebihan inilah, bisa timbul masalah lain seperti kemasukan air jika dibawa keluar ketika hujan atau ke kamar mandi. Jika hal ini terjadi, maka jangan panik dan pelajari terlebih dahulu ada cara mengatasi HP kemasukan air untuk menyelamatkan HP.

Ada banyak masalah yang dapat terjadi pada HP dan salah satunya adalah HP terkena air. Pada umumnya HP akan langsung mati jika kemasukan air dalam jumlah yang banyak. Atau bisa jadi HP menyala, namun layarnya blank atau muncul error ketika digunakan. Jika hal ini terjadi, maka itu adalah tanda HP mengalami kerusakan akibat kemasukan air.

Langkah untuk Mengatasi HP yang Kemasukan Air

Saat ini, sudah banyak brand HP yang menyatakan bahwa produk mereka waterproof. Namun nyatanya jika kemasukan air dalam jumlah yang banyak, HP biasanya akan mati dan terkadang tidak bisa nyala kembali. Sebelum memutuskan untuk membawanya ke tukang servis, maka cobalah beberapa cara mengatasi HP kemasukan air sebagai berikut:

1. Melepas Baterai, Sim Card, Memory Card

HP yang kemasukan air biasanya akan langsung mati. Jika hal ini terjadi, jangan coba untuk menyalakannya dan biarkan dalam keadaan mati. Selanjutnya, jika memang HP tersebut masih memiliki baterai atau memory card, maka lepas semuanya. Hal ini pun berlaku untuk sim card HP yang ada di dalam. Selanjutnya, keringkan semua barang tersebut dan lap hingga kering.

Sedangkan bagi yang HP masih menyala lalu menunjukkan kondisi yang tidak normal, maka pastikan untuk mematikan HP. Dengan membiarkan HP dalam keadaan menyala, maka bagian lain di dalam berpotensi untuk rusak dan ikut korslet. Untuk menghindari hal ini terjadi, matikan HP tersebut.

Bagi yang memiliki HP dengan baterai tanam, lakukan hal yang sama dengan diatas. Matikan HP dan buka bagian yang bisa dibuka seperti casing, penutup port hingga tempat headset. Hal ini membantu melihat bagian mana saja yang terkena dan terendam air terbanyak.

2. Keringkan dan Lap Seluruh Bagian

Cara mengatasi HP kemasukan air yang berikutnya adalah dengan mengeringkan semua bagian luarnya dengan lap. Lap seluruh bagian luar, mulai portal headset dan sim card agar semua bagian agar tidak ada sisa air.

Untuk membantu mengeluarkan air di dalam HP, goyangkan perlahan. Selanjutnya, lap bagian dalam dengan perlahan. Jangan menggosoknya terlalu keras karena bisa membuat air masuk Kembali ke dalam HP. Untuk hasil yang lebih maksimal, usahakan untuk menggunakan kain yang bisa menyerap air dengan cepat.

Untuk mengeringkan HP, jangan menggunakan hair dryer. Meskipun dapat mengeringkan HP dalam waktu yang lebih cepat, namun dengan suhu yang panas justru bisa merusak komponen di dalamnya. Jika memang ingin menggunakan hair dryer, maka pastikan mengukur suhu dari hair dryer terlebih dahulu.

3. Masukkan ke Silica Gel atau Beras

Jika ingin hasil yang lebih maksimal lagi, maka cara mengatasi HP kemasukan air yang berikutnya adalah dengan memasukkannya ke silica gel atau beras. Dengan kedua bahan ini, air di dalam ponsel dapat terserap lebih maksimal sehingga meminimalisir kelembaban di dalamnya.

BACA JUGA :  Informasi Harga dan Spesifikasi Infinix Hot 7 Pro yang Andal

Untuk cara ini, gunakan plastik ziplock agar jumlah air yang terserap lebih banyak. Isi plastik tersebut dengan menggunakan  beras atau silica gel hingga hampir penuh. Selanjutnya, masukkan HP ke dalamnya dan pastikan posisi atas dan bawahnya terendam di dalam bahan tersebut. Jadi, seharusnya HP sudah tidak terlihat. Diamkan hingga 24-48 jam atau perhatikan embun air yang ada pada plastik.

Selama proses ini, jangan tergoda untuk membuka atau mengeluarkan HP. Meskipun cukup lama, namun cara ini dikenal efektif dan mampu mengeluarkan air yang tidak bisa dikeluarkan dengan cara normal. Jika sudah selesai, maka coba nyalakan kembali untuk melihat apakah sudah bekerja dengan normal. Apabila menyala, maka cek bagian lain pada HP seperti layar dan cobalah untuk cas HP.

4. Membersihkan Dengan Tiner

Untuk menghindari terjadinya korosi pada HP, maka oleskan HP dengan thiner pada beberapa bagian tertentu. Jangan menggunakan terlalu banyak thiner, karena ini justru akan merusaknya dan membuat performa semakin buruk. Oleh karena itu, gunakan sikat gigi atau kuas kecil untuk mengusapnya pada bagian-bagian besi yang ada pada HP.

Saat membeli thiner, pastikan untuk konsultasi terlebih dulu dengan sang penjual. Pastikan membeli thiner yang memang aman untuk digunakan di HP. Selain itu, pastikan untuk mengoleskan thiner secara tipis saja pada beberapa bagian tertentu HP.

5. Bongkar Bagian Dalam HP

Bagi yang memiliki pengalaman dan pengetahuan lebih, maka cobalah untuk membongkar bagian dalam HP. Tujuan membongkar bagian dalam HP adalah untuk mengeringkan bagian dalam HP. Namun, jangan membongkarnya jika tidak bisa memasangnya lagi karena bisa membuat HP semakin rusak.

6. Pasang Seluruh Komponen & Nyalakan

Terakhir, jika dirasa HP sudah kering, maka barulah pasang kembali seluruh komponen HP. Kemudian, nyalakan HP untuk melihat apakah bisa menyala atau tidak. Jika bisa menyala, maka perhatikan layarnya, apakah mengembun atau tidak.

Untuk yang HPnya tidak menyala, maka cobalah untuk charge terlebih dahulu. Jika tanda cas menyala, maka ada potensi HP akan menyala kembali. Namun, jika tidak, maka segeralah bawa ke tukang servis. Jelaskan musibah yang terjadi dan apa saja yang sudah dilakukan setelah HP terjatuh.

Apakah HP yang Kemasukan Air Bisa Diperbaiki?

HP yang kemasukan air bisa diperbaiki, namun tentunya biaya yang dikeluarkan untuk perbaikan tidaklah murah. Ketika HP kemasukan air, maka sangat mungkin sebagian komponen juga terkena air sehingga menyebabkan kerusakan. Salah satu komponen penting yang bisa menyebabkan biaya perbaikan mahal jika terkena air adalah PCB. Di komponen inilah terdapat beberapa komponen lainnya yang berperan penting dalam proses kerja HP.

Sedangkan jika jumlah air yang masuk tidak terlalu banyak, maka biasanya kerusakan hanya akan terjadi pada layar hingga speaker HP. Biaya perbaikan untuk komponen tersebut tergolong lebih murah dibandingkan dengan dengan komponen PCB. Jadi, biaya perbaikan HP yang terkena air sangat beragam, tergantung kerusakan yang terjadi.

Namun, bagi yang penasaran, biaya perbaikan HP yang kemasukan air bisa mulai dari Rp 400.000. Semakin banyak komponen yang kena, maka semakin mahal biayanya, apalagi jika komponen PCB yang kena. Jika memang biaya perbaikannya terlalu mahal, mungkin membeli HP baru bisa menjadi solusi berikutnya.

Mengetahui cara mengatasi HP kemasukan air di atas sangat penting untuk menghindari kerusakan yang lebih parah. Pertama, pastikan jangan menyalakan HP yang habis kemasukan air dan jangan dicharge atau terkena listrik. Hal ini tidak hanya merusak HP namun juga berbahaya yang memegang HP. Jadi, sebelum panik, cobalah semua cara di atas terutama untuk melepas dan mengeringkan komponen.

Leave a Reply