5 Cara Transfer Data dari HP ke HP, Mudah dan Praktis!

By | March 21, 2021
Cara Transfer Data dari HP ke HP

Gohitzz.com – Bagi yang baru ganti hp, tentu akan mengalami fase ini. Pada titik itu perlu untuk sesegara memindahkan data agar sesuatu yang tidak diinginkan tidak terjadi. Sesuatu itu misalnya penyalahgunaan data. Lalu, bagaimana cara transfer data dari hp ke hp? Berikut ini adalah cara transfer data dari hp ke hp yang bisa dicoba. Dijamin mudah dan praktis dipraktikkan.

1. Mencadangkan Data

Cara yang cukup ampuh, mudah, dan sederhana dalam mentransfer data dari hp ke hp adalah dengan mencadangkan data tersebut. Tentu dengan memanfaatkan layanan cloud yang ada di masing-masing akun Google pengguna. Maka dari itu, data-data di dalam HP perlu ditautkan dengan Google. Setelah Google otomatis akan mencadangkan data ke cloud.

Pengguna bisa mencadangkan berbagai jenis file. Oh ya, selain itu, dengan menyimpan di cloud Google yang umum dikenal sebagai Google Drive, tak perlu khawatir soal penyimpanan. Sebab, penyimpanan di Google Drive tak terbatas.

2. Manfaatkan Aplikasi Migrasi Data Bawaan HP

Selain memanfaatkan Google Drive atau cloud, cara transfer data dari hp ke hp juga bisa menggunakan aplikasi migrasi data bawaan HP. Beberapa kasus, produsen smartphone ini memang sengaja menambahkan fitur ini dalam produknya. Jadi pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi lain untuk mentransfer data ke hp yang berbeda.

Beberapa produsen yang menyematkan aplikasi ini di dalamnya antara lain, Samsung, LG, HTC, termasuk Iphone sudah menyediakan fitur ini. Handphone android keluaran merek-merek tersebut beberapa seri andalannya memiliki aplikasi yang dapat mentransfer pesan, file media, kontak, pengaturan, entri kalender, dan lain-lain.

Cara memanfaatkan fitur ini yaitu dengan cara menghubungkan kedua hp atau smartphone menggunakan Wi-Fi. Bisa juga dengan menggunakan USB OTG. Adapun aplikasi bawaan tersebut di antaranya Xiaomi MiDrop, LG Mobile Switch, dan HTC Transfer Tools.

3. Menggunakan Bluetooth

Semua orang yang terbiasa mentransfer data, tentu sangat familiar dengan bluetooth. Ya, bluetooth memang menjadi semacam perangkat lunak untuk mentransfer data. Hampir semua hp, entah itu android maupun bukan, mempunyai fitur bluetooth. Mau itu keluaran terbaru atau lama semua punya bluetooth, kecuali hp jadul yang layarnya belum berwarna.

BACA JUGA :  Berbagai Cara Memperbaiki Penangkap Sinyal HP yang Patut Dicoba

Bagaimana mentransfer data menggunakan bluetooth? Hampir semua orang tahu, yaitu cukup dengan mengaktifkan bluetooth. Kemudian, memasangkan bluetooth dengan bluetooth lainnya di hp lain. Setelah itu tinggal kirim saja file yang diinginkan. Mudah, bukan?

4. Menggunakan Fitur Google Foto

Kelihatannya fitur Google Foto di android itu tidak bermanfaat karena sudah ada galeri. Namun jangan salah, justru Google Foto ini punya manfaat lebih daripada sekadar menyimpan foto atau video di perangkat. Soalnya Google Foto ini bisa sekaligus untuk mentransfer foto atau video dari hp ke hp.

Langkah melakukannya cukup mudah. Pengguna tinggal ketuk saja menu utama di Google Photos dan pilih ‘Device Folder’. Lalu, tinggal pilih saja folder atau file yang ingin disinkronisasikan. Secara otomatis foto dan video tersimpan di akun cloud. Mudah, bukan?

5. Menggunakan Aplikasi Khusus

Cara transfer data dari hp ke hp yang terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi khusus untuk mencadangkan pesan. Mungkin beberapa smartphone yang disebutkan di poin nomor dua tak perlu, tapi untuk hp yang tidak punya aplikasi bawaan untuk migrasi data, jelas membutuhkan aplikasi khusus untuk itu.

Adapun aplikasi untuk mentransfer data yang bisa digunakan seperti CloneIt dan Phone Copier. Keduanya memiliki perbedaan fitur dengan kebijakannya masing-masing. CloneIt misalnya, yang membuatnya lebih unggul adalah karena dalam membuka aplikasi ini tidak ada iklan sama sekali. Jadi pengguna bisa leluasa untuk mencadangkan file untuk kemudian bisa dibuka di HP lainnya.

Itu dia cara transfer data dari hp ke hp yang bisa dipraktikkan. Mengapa mentransfer data ini penting? Sebab seperti yang saya tulis di awal, orang tidak bisa memprediksi apa yang bakal terjadi pada data pribadinya. Maka salah satu jalan keluarnya mentransfer data ke tempat lain, setidaknya biar data terbackup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *