3 Cara Mengecek IMEI VIVO Paling Mudah

3 Cara Mengecek IMEI VIVO Paling Mudah

Seiring dengan adanya peraturan baru dari pemerintah mengenai pemblokiran IMEI bagi ponsel illegal, pengguna harus waspada ketika ingin membeli produk smartphone. Pasalnya, ponsel illegal tentu tidak bisa digunakan di Indonesia. Berikut ini aalah 3 cara mengecek IMEI vivo paling mudah, supaya Anda dapat menikmati layanan seluler yang telah dibeli.

3 Cara Mengecek IMEI VIVO Paling Mudah

Jika Anda memiliki ponsel black market atau illegal, Anda tidak perlu khawatis. Pemerintah kini telah menyediakan pendaftaran IMEI untuk smartphone black market agar bisa digunakan secara resmi.

Handphone VIVO

Handphone vivo adalah produk smartphone buatan Cina yang sudah tersebar diseluruh dunia terutama Indonesia. Perusahan vivo memiliki system operasi berbasis Funtouch OS dan Android, iManager dalam kepemilikan sendiri. Selain itu, telah mendistribusikan dan mengembangkan produk smartphone melalui APP Store Vivo.

Pengguna Vivo di Indonesia sendiri sudah jutaan jiwa yang menggunakan produk vivo dengan berbagai macam varian. Namun, kebanyakan pengguna tidak tahu kode IMEI vivo milik sendiri. Sehingga mereka tidak tahu, apakah ponsel yang dibelinya asli atau palsu. Tentu kita harus lebih teliti dalam membeli produk, seperti ponsel.

✅REKOMENDED:  2 Cara Penggunaan Internet Lokal Telkomsel Sesuai Daerah

Lalu, bagaimana cara mengetahui nomor IMEI?

Cara Mengecek IMEI ViVO

Cara Mengecek IMEI VIVO

Ada 3 cara mengecek IMEI VIVO yang paling mudah dicoba melalui smartphone, diantranya:

Kode Cek IMEI VIVO

Kode Cek IMEI VIVO

Kode cek IMEI VIVO merupakan salah satu cara untuk mengecek kode IMEI secara resmi. Cara seperti ini sangat berguna bagi merk dan semua jenis smartphone, baik iOS maupun Android. Sehubung dengan pembahasan cek smartphone IMEI VIVO, maka terdapat dua nomor IMEI yang berbeda. Mengapa? Sebab, produk ponsel VIVO dilengkapi dengan dual sim, sehingga kita bisa mengetahui kedua nomor IMEI tersebut.

Fungsi adanya nomor IMEI di smartphone adalah untuk mengidentifikasikan pemilik smartphone pada saat digunakan yang terhubung dengan jaringan. Maka dari itu, smartphone illegal yang tidak terdaftar nomor IMEI di Kemenperin, maka provider berhak memblokirnya.

Lantas, bagaimana cara mengecek IMEI VIVO dengan kode?

Caranya cukup mudah, seperti dibawah ini:

Buka Menu Layar Utama Handphone
Pilih Dial Telepon
Ketik *#06#
Klik Call
Nanti akan muncul pemberitahuan nofitikasi tentang 2 nomor IMEI sekaligus.
Namun, untuk handphone vivo sim cardnya 1, maka nomor IMEI muncul hanya 1 juga.

✅REKOMENDED:  Cara Install Ulang Laptop Windows 10 yang Penting untuk Diketahui

Cara mengecek IMEI seperti diatas tentu sangat mudah dilakukan oleh para pengguna. Dimana, hanya dengan mengetik *#06# pada dial telepon, maka akan muncul nomor IMEI di ponsel Anda.

Selanjutnya

Buka Aplikasi Google Chrome atau mesin pencari lainnya
Lalu ketik imei.kemenperin.go.id
Silahkan masukan nomor IMEI tadi

Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah nomor IMEI Handphone yang Anda gunakan telah terdaftar atau belum.

Melalui Menu Pengaturan

Melalui Menu Pengaturan

Selain diatas, cara mengecek IMEI VOVI lainnya adalah melalui menu pengaturan di Handphone. Caranya pun tidak sulit dan semua orang bisa mencobanya. Berikut ini adalah cara cek nomor IMEI VIVO melalui menu pengaturan, yaitu:

Buka Menu Layar Utama Handphone
Pilih Setting atau Pengaturan
Pilih Pengaturan Lainnya
Pilih Tentang Ponsel

Nanti akan terlihat 2 nomor IMEI yang berada diposisi paling bawah

Nomor IMEI tentu sangatlah penting. Tujuannya adalah untuk mendetek indentitas dari produk smartphone, mulai seri, model, merk, dan spesifikasi. Sehingga kalau nomornya sama, maka dinyatakan produk tersebut asli alias resmi.

✅REKOMENDED:  Cara Melacak Nomor Handphone Lewat Internet Paling Mudah

Untuk mengetahui keasiliannya, Anda berkunjung ke situs imei.kemenperin.go.id atau imei.info. Nanti Anda bisa melihat dengan jelas keaslian atau tidaknya.

Intinya adalah setiap kita menginfut nomor IMEI VIVO di situs imei.kemenperin.go.id, maka segala informasi yang ditampilkan sangat akurat. Apabila, spesifikasi yang ditampilan berbeda dengan produk smartphone yang dicek, maka ponsel tersebut adalah palsu.

Kotak Kemasan Handphone Vivo

Kotak Kemasan Handphone Vivo

Yang terakhir, cara mengecek IMEI VIVO paling mudah adalah melihat kotak kemasan handphone vivo. Dimana, ketika Anda membeli produk tersebut secara resmi alias gress, maka akan dikasih kelengkapan, seperti kemasan, charger, hadset dan lainnya.

Misalkan Anda membeli ponsel VIVO di toko resmi, maka diluar kotak kemasan tersebut sudah dilengkapi nomor IMEI, tepatnya berada dibelakang kemasan paling bawah.

Itulah 3 cara mengecek IMEI VIVO yang bisa sampaikan semoga bermanfaat. Anda bisa mencobanya sendiri dirumah untuk melakukan pengecekan tanpa harus minta bantuan orang lain.

Baca Selanjutnya: 7 Handphone Vivo Dibawah 2 juta Terlaris Oktober 2021

 

error: HAYOO MAU NYOLONG YA !!