5 Penyebab Handphone Lemot dan Cara Mengtasinya Dijamin Lancar Kembali

5 Penyebab Handphone Lemot dan Cara Mengtasinya Dijamin Lancar Kembali

Ada 5 penyebab handphone lemot dan cara mengatasinya dijamin lancar kembali dan dan hang lagi. Mengalami masalah pada handphone tentu akan berdampak pada psikolog menjadi emosi. Apalagi sekarang ini smartphone menjadi fasilitas jualan untuk melayani konsumen. Maka harus cepat dilayani dengan baik dan maksimal.

Maka dari itu, kita harus sberusaha mencari cara dalam mengatasi handphone yang lemot dilakukan dengan sendiri sebelum dibawa ke tempat servis.

Penyebab Handphone Lemot

Penyebab Handphone Lemot

Ada beberapa faktor penyebab handphone lemot yang sering terjadi oleh para pengguna. Dengan cara mengatasinya dijamin lancar kembali adalah solusi terbaik. Berikut ini adalah faktor yang menyebabkan terjadinya lemot, diantaranya:

Memori Internal Penuh

Penyebab handphone lemot bisa disebabkan oleh memori internal penuh sehingga menimbulkan pengoprasiannya lambat. Mengapa demikian? Sebab, pada saat memori internal bebannya terlalu besar maka dapat menghambat pada penurunan performa. Oleh karena itu, cara mengatasi handphone lemot akibat memori internal penuh adalah sebagian file harus dialihkan ke memori eksternal.

Memori eksternal memiliki fungsi untuk membantu penyimpanan file seperti foto, aplikasi atau lainnya yang tidak bisa disimpan pada memori internet. Jadi, pada saat memori internal di handphone penuh, Anda bisa memindahkannya ke eksternal untuk meringankan beban dan tidak menimbulkan lemot.

✅REKOMENDED:  Begini Solusinya Cara Setel APN Indosat Akibat Jaringan Lemot

Kapasitas Aplikasi

Kapasitas aplikasi terlalu besar bisa penyebab handphone lemot. Sebaiknya hapus aplikasi yang tidak dibutuhkan. Semakin berkurang kapasitas data di memori internat, maka akan semakin cepat pula koneksi jaringan internet. Maka dari itu, rawat handphone dengan sebaik mungkin guna menghindari terjadi hang atau lemot.

Memori internal akan tersedot apabila terlalu menumpuk aplikasi dengan kapasitas besar. Sehingga handphone akan sulit digerakan dan cepat panas.

Performa Baterai Menurun

Waktu pemakaian handphone maksimal biasanya berkisar setelah 3 tahun. Maka akan terjadi pada performa baterai menurun dan mudah cepat panas. Ini disebabkan oleh sering melakukan charger terlalu lama maupun menggunakan handphone sampai baterai habis secara terus menerus.

Cara mengatasi handphone lemot disebabkan oleh performa baterai menurun adalah kurangi penggunaan handphone terlalu lama, apalagi sampai menunjukan 1%.

Degradasi RAM dan Memori Flash Storage

Pemainan terlalu lama bisa menyebabkan handphone lemot akibat degradasi RAM dan Memori Flash Storage. Cara mengatasi handphone lemot akibat masalah tersebut, yaitu jangan terlalu membuka aplikasi yang memiliki kapasitas besar dan hapus aplikasi bawaan atau instal yang sudah tidak digunakan lagi. Tujuannya adalah agar kecepatan jaringan internet maupun system lebih lancar kembali.

✅REKOMENDED:  2 Aplikasi Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Internet

Jika Anda ingin membeli handphone untuk kebutuhan kerja maupun jualan, sebaiknya pilih smartphone yang mempunyai kapasitas besar untuk menampung segala data penting seperti gambar, alamat dan sebagainya. Namun, apabila hanya digunakan sebatas pribadi, pilih handphone yang sesuai saja.

Sistem Pengoprasian

Mengalami masalah pada system pengoprasian tentu bisa menyebabkan handphone lemot. Pasalnya, menjalankan sebuah aplikasi, fitur dan sebagainya yang ada didalam handphone sangat membutuhkan system operasi yang lancar. Oleh karena itu, hindari ngatak ngatik handphone jika Anda tidak mahir dalam servis. Selain itu, jangan menginstal aplikasi yang tidak dibutuhkan atau memiliki kapasitas besar agat handphone lebih lancar dan tidak menimbulkan lemot.

Cara Mengatasi Handphone Lemot

Cara Mengatasi Handphone Lemot

Berikut ini adalah cara mengatasi handphone lemot paling mudah dan bisa dilakukan sendiri:

Kapasitas Memori

Banyak sekali produk handphone yang memiliki kualitas tahan banting. Akan tetapi, tidak semua ponsel dilengkapi dengan kapasitas memori jauh lebih kecil pada RAM. Sehingga membuat handphone menjadi lemot akibat pengguna sering menyimpan gambar yang banyak dan instal aplikasi berlebihan. Jadi, cara mengatasi handphone lemot akibat dari kapasitas memori, maka kurangi data-data yang tak penting.

✅REKOMENDED:  Cara Mengganti Kartu 3G ke 4G, Ugrade Kartu Telkomsel, Indosat, XL dan Axis

Aplikasi Antivirus

Setiap produk smartphone pastinya telah menyediakan berbagai macam aplikasi bawaan yang banyak. Sehingga bisa menimbulkan lelet. Cara mengatasi handphone lemot akibat dari banyaknya malware yang masuk tanpa sengaja yaitu menambahkan aplikasi antivitus.

Hindari aplikasi antivirus berlebihan agar tidak menimbulkan lemot maupun handphone hang.

Hapus Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

Menghapus aplikasi yang tidak dibutuhkan tentu merupakan salah satu cara mengatasi handphone lemot. Biasanya pengguna sering meng-instal aplikasi game terlalu banyak, sehingga membuat ponsel menjadi hang. Oleh karena itu, jika di handphone Anda banyak aplikasi yang tidak digunakan, sebaiknya hapus saja agar kondisi handphone tidak panas lancar.

Rutin Menghapus Clear Cache

Mengunakan handphone secara terus menerus tentu data riwayat akan menimpuk. Sehingga bisa menyebabkan handphone menjadi lemot. Cara mengatasi handphone lemot akibat tumpukan riwayat data adalah rutin menghapus chear chache. Tujuannya adalah mencegah terjadinya memori internel maupun eksternal menjadi penuh.

Itulah 5 penyebab handphone lemat dan cara mengatasinya dijamin lancar kembali. Semoga pembahasan ini dapat bermanfaat bagi kita semua terutama yang sedang membutuhkan.

Baca Selanjutnya: Cara Setelan APN Axis Di Android dan iOS, Tercepat dan Stabil

error: HAYOO MAU NYOLONG YA !!