Cara Mengatasi Jaringan Tsel Lemot 2021

By | October 7, 2021
Cara Mengatasi Jaringan Tsel Lemot

Bosan jaringan tsel sering lemot atau putus koneksi pada saat main game online atau nonton video youtube? Anda tidak perlu cemas atau takut. Dalam artikel ini akan membahas bagaimana cara mengatasi jaringan tsel lemot 2021. Tentu ini akan menjadi bahan referensi bagi kamu yang suka main game online.

Banyak sekali faktor-faktor yang menyebabkan jaringan internet sering putus-putus atau lemot yang selalu terjadi pada pengguna telkomsel. Padahal, operator jaringan ini memiliki jangkauan yang lebih luas dan koneksinya sangat kuat. Namun, terkadangan pengguna sering mengeluh dengan koneksi yang selalu bermasalah.

Cara Mengatasi Jaringan Tsel Lemot

Apalagi telkomsel adalah salah satu perusahaan terbesar di Indonesia dibidang operator jaringan. Tentu sinyal atau jaringannya pasti tidak mungkin lemot. Tetapi, kadang sering terjadi demikian.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Baca juga: 2 Cara Penggunaan Internet Lokal Telkomsel Sesuai Daerah

Cara Mengatasi Jaringan Tsel Lemot

Ketika pada saat handphone Anda mengalami jaringan atau koneksinya lemot, Anda tidak perlu panik dan cemas. Anda bisa mengatasi masalah ini dengan sendiri. Berikut ini cara mengatasi jaringan tsel lemot yang sering terjadi:

Lokasi Tempat Tinggal

Penyebab jaringan tsel sering lemot salah satunya adalah lokasi tempat tinggal Anda. Misalkan Anda berada di daerah yang kurang mendukung koneksi, maka secara otomatis handphone Anda akan lambat dalam menangkap sinyal dan mengakibatkan jaringannya lemot. Oleh karena itu, agar mendapatkan koneksi yang lebih aman dan mudah menangkap sinyak, sebaiknya Anda pindah ke lokasi lain.

Sinyal Penuh tapi tidak jalan

Mungkin Anda pernah mengalami jika melihat sinyal penuh tapi tidak jalan koneksinya di Handphone. Jika seperti ini, maka cara mengatasinya adalah mengaktifkan airpale mode hanya beberapa detik lalu nonaktifkan. Atau Anda bisa melakukan restart handphone Anda untuk melancarkan sinyal yang ngelag atau hang.

Menutup Aplikasi yang masih berjalan

Biasanya kita sering lupa menutup aplikasi yang masih berjalan di background walaupun sudah tidak digunakan. Hal ini membuat jaringan atau koneksi sering lemot. Maka dari itu, setelah membuka aplikasi dan tidak digunakan lagi, sebaiknya langsung ditutup saja agar jaringan tetap lancar.

Cek situs web dan aplikasi setelah digunakan

Jika koneksi internet mengalami masalah di Handphone, Anda bisa melakukan pengecekan dengan cara buka situs web atau aplikasi untuk melihat kondisi jaringan.

BACA JUGA :  Begini Solusinya Cara Setel APN Indosat Akibat Jaringan Lemot

Kualitas Handphone

Kualitas handphone tentu sangat penting bagi jaringan. Misalkan jika smartphone Anda merupakan Hp jadul atau kondisinya sudah tidak memadai, maka kemungkinan besar jaringan akan lemot. Tentu ini sangat berpengaruh pada APNnya.

Baca juga: Cara Seting APN Telkomsel 4G LTE Agar Cepat dan Stabil 2021

Cek Kondisi SIM Card

Apabila jaringan tiba-tiba mengalami putus-putus, ini bisa teradi karena SIM Cardnya yang sudah ruksak. Maka dari itu, cek kondisi SIM Card itu sangat penting juga bagi koneksi internet agat tetap lancar dan tidak lemot.

Kuota Data Habis

Jika kuota data habis maka lama-kelamaan jaringan tsel akan lemot menunjukan bahwa pulsa kuotanya akan segera berubah menjadi 0. Anda bisa melakukan pengecekan melalui *888#di dial telepon.

Belum di Uprage ke 4G

Apakah Anda saat ini masih menggunakan kartu 3G? Jika betul, maka Anda harus mengubahnya ke 4G untuk mendapatkan sinyal yang lebih kuat. Sedangkan jaringan 3G tidak seperti jaman dahulu yang koneksi internetannya lancar. Namun, setelah adanya 4G, maka ini akan menjadi koneksi jaringan internet yang paling unggu. Maka dari itu, untuk mendapatkan jaringan yang lebih bagus dan tidak mengalami lemot, Anda harus meng-uprade dari 3G ke 4G.

Bagaimana cara beralih ke 4G untuk layanan telkomsel? Anda bisa buka situs websitenya untuk menukar atau mengganti kartu yang baru. Sehingga dari pihak telkomsel akan memproses kartu Anda dengan cepat dan mudah.

Adapun faktor lain yang menyebabkan jaringan telkomsel menjadi lemot, seperti:

Penyebab Jaringan Tsel Lemot

Penyebab Jaringan Tsel Lemot

Banyak sekali penyebab jaringan tsel lemot yang terjadi oleh para pengguna. Dimana salah satu sebabnya adalah:

Operator

Jika operator system jaringan sedang terjadi masalah, maka akan menyebabkan jaringan tsel menjadi lemot. Sehingga para pengguna menjadi was-was pada saat sedang menggunakan internetan tiba-tiba koneksinya lambat.

Pengguna

Penyebab jaringan telkosem lemot bisa terjadi dari pengguna. Dimana lokasi yang menjadi penentu untuk menangkap sinyal yang lebih kuat. Apabila Anda berada dilokasi tertutup dinding atau gedung, biasanya bisa menyebabkan jaringan lemot.

Selain itu, usia Handphone juga sangat berpengaruh pada jaringan untuk menangkap sinyal. Semakin lama usianya maka semakin cepat juga jaringan tidak diterima pada smartphone tersebut. Atau bahkan bisa juga terjadi kartu SIM sudah ruksak banyak goresan.

Baca Selanjutnya: Cara Seting Internet Telkomsel 4G LTE agar APN Tidak Lemot