6 Aplikasi Chatting Selain WhatsApp, Buruan Coba!

By | March 21, 2021

Gohitzz.com – Aplikasi WhatsApp belakangan sempat diguncang kabar kurang menyenangkan. Netizen memperbincangkan kerahasiaan data, sejak muncul kebijakan berbagi data kepada Facebook. Alhasil, banyak pengguna smartphone mulai ‘jaga jarak’ dan mencari aplikasi chatting selain WhatsApp yang mobile friendly dan juga mudah digunakan.

Langkah WhatsApp memang sempat menggiring pengguna ponsel membanjiri Telegram. Meski demikian, masih ada lagi aplikasi chatting selain WhatsApp yang bisa segera diunduh di ponsel. Alih-alih menggantikan WhatsApp, 5 aplikasi ini bisa digunakan sebagai alternatif aplikasi chatting selain WhatsApp.

1. Signal

Aplikasi ini menjadi popular sebagai aplikasi chatting selain WhatsApp sejak CEO Tesla Elon Musk memberikan rekomendasi untuk menggunakannya. Seperti halnya WhatsApp, Signal juga dapat digunakan di ponsel berbasis android, iOS, dan juga desktop.

Aplikasi Signal ini menggunakan nomor telepon untuk registrasi akun. Sebagaimana fungsi dari aplikasi obrolan, maka fungsi utamanya tentu tidak jauh dari berkirim teks, video audio, dan juga gambar. Tidak hanya itu, Signal juga memberikan keleluasaan kepada penggunanya untuk melakukan panggilan video, baik perorangan maupun di dalam grup.

2. Viber

Aplikasi ini sebenarnya sudah muncul dan popular sebelum kemunculan WhatsApp. Hampir semua fitur yang ada di aplikasi WhatsApp, terdapat juga di Viber. Bahkan, aplikasi ini didapuk sebagai jembatan antara aplikasi chatting dari Blackberry Messenger dan WhatsApp. Andai aplikasi WhatsApp mulai membuat bosan, Viber bisa menjadi pilihan yang tentunya tеrеnkriрsi еnd-tо-еnd.

3. WeChat

Ini adalah aplikasi yang tergolong menyenangkan bagi pengguna yang senang mencari teman baru. Selain fitur utama seperti mengirim teks, foto, suara, video, dan berbagi lokasi, WeChat juga memiliki fitur nearby people. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mencari sesama pengguna WeChat yang berdekatan.

BACA JUGA :  5 Aplikasi Edit Foto Instagram Kekinian, Calon Selebgram Wajib Punya!

Selain itu, ada juga hal menari lainnya yaitu dengan menggoyangkan (shake) ponsel untuk mendapatkan teman kenalan di daerah terdekat. Pada fitur obrolan grup, WeChat memungkinkan membentuk percakapan bersama 500 anggota. Bahkan, aplikasi ini juga memiliki fitur game dan layanan pembayaran WeChat Pay.

4. LINE

Sejak awal kemunculannya, LINE sudah menjadi lawan bisnis WhatsApp karena fitur percakapan yang disajikan adalah perpaduan WhatsApp dan Facebook. Namun, popularitasnya memang tak seunggul WhatsApp, karena LINE tidak memiliki konsep aplikasi chatting yang jelas dan tidak juga selengkap aplikasi chatting lainnya.

5. Telegram

Siapa yang tak kenal Telegram? Sempat booming karena aplikasi ini disorot oleh inteligen sebagai media komunikasi yang digunakan para teroris, namun faktanya Telegram tetap diizinkan bahkan digunakan sebagai alternatif media komunikasi selain WhatsApp, khususnya pengguna grup.

Bukan sekadar menyuguhkan obrolan grup yang pada umumnya sering digunakan oleh kelas-kelas online, faktanya Telegram juga memiliki segudang fitur yang menarik. Salah satu fitur yang terbilang unik pada aplikasi Telegram adalah pengguna bisa mengedit pesan yang sudah dikirim. Bukan hanya itu, para pengguna Telegram juga bisa bermain pesan rahasia, karena pesan yang sudah dikirim bisa mendadak hilang.

6. SnapChat

Para pengguna Instagram pasti akan lebih mudah familiar dengan aplikasi ini, karena kemiiripan fitur yang dimiliki. Seperti halnya Instagram, aplikasi chatting ini menyuguhkan fitur berbagi foto, video, dan juga berbagi pesan. Hanya saja, konten yang dibagikan akan segera terhapus, sehingga aplikasi ini menjadi ringan dan tidak memberatkan penyimpanan.

Sudah banyak sekali aplikasi chatting selain WhatsApp yang populer, bahkan sebelum atau bersamaan dengan kemunculan WhatsApp. Hanya karena penggunaan aplikasi WhatsApp yang sangat besar, maka aplikasi chatting lainnya menjadi pudar. Meski begitu, saat ini aplikasi-aplikasi tersebut mulai kembali bermunculan sebagai alternatif pengganti WhatsApp.

Leave a Reply