Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Samsung J2 Prime 2021

By | October 2, 2021
Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Samsung J2 Prime 2021

Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Samsung J2 Prime sebetulnya memang sangat gampang-gampang susah. Asalkan sudah tahu caranya maka pemindahan akan cepat selesai. Fungsi Kartu SD adalah menambah kapasitas ruang untuk menyimpan file yang tidak bisa disimpan pada memori internel hingga memudahkan file tersebut bisa dijalankan. Namun, pada saat memori eksternal penuh tentu sangat beresiko pada Hp Anda.

Lalu, bagaimana cara memindahkan aplikasi ke memori Card atau Kartu SD di Samsung J2 Prime? Mari kita simak usalannya yang tepat.

Samsung J2 Prime

Samsung J2 Prime

Samsung J2 Prime adalah salah satu produk smartphone buatan perusahaan Samsung yang telah diluncurkan pada tahun 2016 yang lalu. Dimana, produk ini memiliki keunggulan tersendiri dan menjadi handphone yang paling ramai diminati oleh pengguna di seluruh Indonesia.

Samsung J2 Prime merupakan jenis ponsel J Series pertama bagi Samsung yang memiliki desain bentuk unbody dan terbuat dari bahan metal. Selain itu, smartphone ini menambahkan kapasitas yang lebih unggul dibandingkan dengan produk handphone sebelumnya. Ukuran baterai yang sangat besar dan kamera lebih jernih membuat pengguna akan puas dengan hasil produk terbaru ini.

Baca juga: Harga Handphone Samsung Keluaran Terbaru September 2021

Spesifikasi Samsung J2 Prime

Harga Samsung J2 Prime:
Baru : Rp. 1.200.000
Bekas: Rp. 870.000
RAM : 1,5GB
Memori Internal : 8GB
Memori Eksternal: 256GB (Micro SD)
Layar : 5 inchi
Resolusi Layar : 960 x 540 pixel
Kamera Depan: 2MP
Kamera Belakang: 5MP, LED Flash
Baterai: Li-ion 2.600 mAh
Jaringan: GSM/HSPA/LTE

Samsung J2 Prime memiliki kualitas kecepatan sangat bagus, dibekali prosesor Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53 seri MediaTek MT6737T. Selain itu, dibekali juga GPU Mali-T720MP2 untuk kualitas grafik yang lebih bagus.

Cara melakukan screenshoot panjang pada samsung J2 Prime dilakukan dengan cara menekan tombol power dan home secara bersamaan tahan beberapa detik, maka akan menghasilkan screenshot panjang yang sangat bagus.

Kartu SD Samsung J2 Prime

Memori Card atau kartu SD Samsung J2 Prime memiliki kapasitas 256GB mampu menyimpan banyak file seperti aplikasi. Cara mengaktifkan atau memformat kartu SD Samsung J2 Prime cukup mudah, pertama nonaktifkan handphone, lalu buka casing, selanjutnya lepas baterai, kemudian masukan kartu SD pada tempatnya. Maka memori eksternal sudah bisa digunakan.

Apabila memori eksternal atau memori card (kartus SD) tidak bisa dibaca, biasanya ini terjadi karena usia memori cardnya sudah lama atau terjadi kerusakan. Sehingga pada saat di format, maka tidak akan terbaca.

BACA JUGA :  3 Cara Membuka File Pdf di Android Tanpa Aplikasi dengan Sekejap

Adapun fungsi lain Kartu SD adalah pengguna bisa menyimpan file atau aplikasi dengan mudah akibat kapasitas memori internal telah habis. Mengapa? Ukuran kapasitas dari aplikasi itu rata-rata ada yang 3 sampai puluhan GB. Hal ini membuat memori internal tidak muat untuk menampung ukuran kapasitas tersebut.

Lalu bagaimana jika ingin men-download aplikasi tapi kapasitas memori internal sudah penuh? Solusinya adalah harus mengurangi kapasitas memori internal terlebih dahulu agar lebih mudah pada saat ingin memindahkan. Soalnya, hasil download tidak bisa masuk secara otomatis kedalam kartu SD. Maka dari itu, sebelum download apalikasi, kasih ruang didalam memori internal terlebih dahulu agar tidak lemot.

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Samsung J2 Prime Manual

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Samsung J2 Prime 2021

Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Samsung J2 Prime hanya bisa dilakukan secara manual. Jadi, sebelum melakukan download, hapus file yang ada di memori internal untuk mengurangi kapasitas. Selanjutnya barus bisa download aplikasinya.

Berikut ini cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Samsung J2 Prime paling mudah:

Buka menu handphone
Plih setting pengaturan
Pilih pemeliharaan
Pilih penyimpanan
Klik Pengaturan Penyimpanan yang berada diatas di pojok kanan
Klik Memori Perangkat
Klik Kapasitas Tersedia
Klik Aplikasi
Silahkan pilih salah satu aplikasi yang akan dipindahkan ke memori eksternal (Kartu SD)
Klik Penyimpanan yang terpakai Kemudian Klik Ubah
Centang Kartu SD
Klik Pindah
Tunggu proses pemindahaan hingga selesai.

Itulah salah satu langkah-langkah bagaimana cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Samsung J2 Prime secara manual. Lalu, bagaimana jika ingin download aplikasi tidak mau menghapus file yang ada di memori internal? Sudah dijelaskan diatas bahwa untuk menyimpan aplikasi hasil download tidak akan masuk kedalam memori eksternal langsung.

Namun ada juga seperti ini, misalkan ruang memori internal masih banyak dan tidak mau ribet untuk memindahkan aplikasi ke kartu Card, maka bisa dilakukan dengan cara menggunakan aplikasi lagi.

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Samsung J2 Prime Aplikasi

Banyak sekali cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Samsung J2 Prime dangan aplikasi yang bisa dicoba. Berikut ini adalah aplikasi untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD, diantaranya:
1. Move app to SD card
2. Link2SD
3. Aplikasi App2SD – Move app to sd card