Cara Memperbaiki Video yang Rusak di Android, Tenang Jangan Panik!

By | March 21, 2021
cara memperbaiki video yang rusak di android

Gohitzz.com – Hal yang menyebalkan ketika file video yang ingin dibuka mengalami kerusakan, entah itu karena corrupt atau penyebab lainnya. Menjadi kepanikan tersendiri karena tidak bisa membuka file tersebut, namun disarankan kepada pengguna agar tidak menghapus video tersebut karena ada sebuah cara memperbaiki video yang rusak di android yang bisa dilakukan tanpa ribet.

Penyebab Video Rusak pada Android

Video yang rusak tersebut masih bisa diperbaiki sehingga bisa dibuka kembali. Jadi tidak perlu langsung menghapusnya ketika mengetahui pesan error saat membuka video tersebut. Sebelum mengulas lebih jauh mengenai cara memperbaiki video yang rusak. Yuk kenali dulu apa yang menjadi penyebab video bisa rusak sehingga tidak bisa dibuka.

1. Kesalahan Saat Mendownload Video

Memang ada banyak penyebab yang membuat video yang hendak dibuka malah berujung rusak, salah satunya karena kesalahan saat mendownload video. Bisa jadi video tersebut  kehilangan codec ataupun proses download tidak berjalan maksimal. Kejadian ini bisa terjadi apabila handphone terlalu banyak memiliki aplikasi.

2. Video yang tidak lengkap

Dalam kasus ini sering terjadi saat merekam video menggunakan ponsel android, terjadi masalah seperti habis baterai ataupun memori penuh. Dampaknya video yang direkam tidak maksimal dan tidak bisa dibuka karena video tersebut belum jadi seutuhnya. Biasanya, video ini terpotong akibat sinyal yang kurang stabil atau faktor dari ponsel yang digunakan.

3. Video yang Didownload Bukan dari Situs Resmi

Berhati-hatilah dalam mendownload video yang bukan dari situs resmi. Karena efeknya saat membuka video tersebut di ponsel akan bermasalah. Bisa saja video tersebut tidak bisa dibuka karena telah dideteksi sebagai virus.

Langkah Mudah Perbaiki Video Rusak di Android

Setelah mengetahui beberapa penyebab video bisa rusak, maka selanjutnya dalam artikel ini akan mengulas cara memperbaiki video yang rusak di android. Cara ini tidak terlalu sulit dan bisa langsung dilakukan dengan mudah. Pembaca bisa menggunakan aplikasi MP4Fix Video Repair Tool sebagai alternatif cara memperbaiki video yang rusak di android.

BACA JUGA :  Cara Mengatasi Android Lemot Anti Badmood dan 100% Berhasil!

1. Download dan Instal Aplikasi MP4Fix Video Repair Tool

Aplikasi ini free, jadi bisa di download secara gratis. Manfaat dari aplikasi ini adalah mampu memperbaiki file video yang rusak. Aplikasi ini hanya berukuran 1,2 MB saja, jadi tidak sulit untuk diinstall dan digunakan.

Setelah mendownload aplikasi tersebut, maka instal aplikasi MP4Fix Video Repair Tool dan buka aplikasinya. Secara otomatis aplikasi tersebut akan langsung mendeteksi apa saja video-video yang rusak ataupun corrupt yang kemungkinan masih bisa diperbaiki.

2. Pilihlah  Video yang Ingin Diperbaiki

Pilihlah video yang rusak dan tidak bisa dibuka, saat muncul menu ‘more information required’. Kemudian, pilihlah video yang bagus dan bisa diputar. Disarankan untuk mempersiapkan satu contoh video yang masih bagus sebagai contoh untuk perbandingan dengan video yang telah diperbaiki nantinya.

3. Pilih Select

Langkah selanjutnya bisa pilih ‘Select’ dan cari contoh video yang disediakan dari geleri atau memori ponsel. Kemudian, tekan tombol ‘Repair’ dan tunggu beberapa saat, aplikasi sedang bekerja untuk memperbaiki video yang rusak.

Lama atau tidaknya proses perbaikan video tergantung dari durasi video yang diperbaiki. Bisa saja hanya sekitar 15 menit atau bahkan mencapai 1 jam.

4. Simpan Video yang tealh Diperbaiki

Jika proses perbaikan video sudah ke tahap selesai, selanjutnya pilih ‘Save’. Akhirnya selesai, video yang rusak telah berhasil diperbaiki sehingga bisa kembali dibuka dan ditonton.

Sebagai informasi tambahan, aplikasi yang dipakai pada cara memperbaiki video yang rusak di android ini belum banyak dikenali oleh orang banyak. Terlebih fungsi penggunaannya yang sangat penting sehingga membuat aplikasi ini menghadirkan fungsi yang hebat dan tetap bisa dipakai oleh banyak orang.

Aplikasi MP4Fix pada dasarnya dirancang untuk memperbaiki video yang dibuat menggunakan kamera ponsel android. Namun, dengan catatan, aplikasi ini mampu memperbaiki video yang rusak di android. Dengan menggunakan aplikasi MP4Fix Video Repair Tool, video yang rusak atau corrupt bisa dibuka kembali di ponsel.

Leave a Reply