5 Cara Agar iPhone Tidak Lemot Saat Digunakan

By | March 18, 2021
cara agar iphone tidak lemot

Gohitzz.com – iPhone memang banyak dipilih karena memiliki beragam fitur menarik serta kelebihan jika dibandingkan dengan smartphone jenis lainnya. Meskipun demikian, seiring berjalannya waktu dan juga banyaknya pemakaian. Membuat kinerja yang dimiliki oleh iPhone secara tidak langsung juga ikut terpengaruh hingga menjadi lambat. Maka dari itu, salah satu solusinya adalah dengan mencoba cara agar iPhone tidak lemot yang kini mudah dijumpai.

Dengan adanya upgrade sistem operasi iOS yang digunakan menjadi yang terbaru, dapat menyebabkan sistem operasi yang lama menjadi lemot. Untuk itu, jika para pengguna iPhone yang merasa kinerja yang dilakukan oleh iPhone sudah mulai lemot. Maka, dapat mencoba beberapa cara yang akan disajikan dalam artikel berikut ini:

1. Menghapus Aplikasi yang Jarang Digunakan

Salah satu cara agar iPhone tidak lemot adalah dengan menghapus beberapa aplikasi yang kiranya tidak digunakan atau jarang digunakan. Tindakan pertama yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pemeriksaan terhadap aplikasi yang terpasang dalam iPhone termasuk juga game.

Lalu, dapat dipilih kiranya aplikasi yang mana yang tidak terlalu dibutuhkan sehingga dapat diambil keputusan untuk diuninstall. Pasalnya, aplikasi yang jarang digunakan tetap dapat membebani ruang penyimpanan dan memicu kinerja iPhone menjadi lemot.

2. Mematikan Download Secara Otomatis

Cara yang satu ini perlu dilakukan supaya ruang penyimpanan tidak dipenuhi dengan beragam aplikasi yang tidak dibutuhkan. Mudah caranya adalah dengan membuka menu Automatic Downloads lewat ikon settings lalu pilih ‘App’ and ‘iTunes Stores’. Jika sudah, maka pengguna dapat memilih untuk melakukan update dengan cara menggunakan jaringan WiFi atau Use Cellular Data.

3. Mematikan Efek Visual

Pengguna efek visual memang dapat membuat menu antarmuka pada iPhone menjadi lebih keren. Akan tetapi secara tidak langsung hal tersebut juga dapat membebani ruang penyimpanan. Maka, supaya ruang penyimpanan tidak terlalu terbebani dan dapat menjadi lemot.

BACA JUGA :  Inilah Kelebihan dan Kekurangan Samsung A 30, Simak Dahulu Sebelum Beli!

Ambilah solusi yaitu dengan mematikan efek visual tersebut dengan beberapa langkah. Di antaranya, seperti membuka menu ‘Settings’ kemudian dilanjutkan dengan ‘General’ lalu ke menu ‘Accessibility’ dan juga ‘Increase Contrast’. Baru pengguna bisa merubah menu yang tadinya ‘Reduce Transparency’ menjadi On.

4. Menghapus File Lama

Cara berikutnya supaya iPhone tidak lemot adalah dengan menghapus beberapa file lama yang telah tidak digunakan. Di antaranya meliputi file foto, video, pesan teks lama, dan file yang lainnya. Sebelum menghapus, pengguna dapat melakukan backup supaya file memiliki cadangan.

Untuk menghapus file dapat dilakukan dengan mengunjungi menu ‘General’ kemudian pilih ‘Storage & iCloud Usage’ lalu ‘Manage Storage’. Setelah itu baru hapus file yang kiranya tidak dibutuhkan. Dengan melakukan penghapusan pada file dapat memperlancar jalannya sistem operasi.

5. Restart

Restart menjadi salah satu cara agar iPhone tidak lemot yang cukup mudah dilakukan. Selain mudah, proses restart juga tidak membutuhkan waktu yang lama. Kelebihan lainnya ketika melakukan restart adalah data cache yang sudah tidak digunakan akan dibersihkan.

Untuk melakukan restart dapat menekan tombol ‘Sleep’ atau juga bisa ‘Wake’ dan ‘Slide Switch’ yang terdapat pada layar iPhone. Jika layar telah mati, maka dapat menelan tombol tersebut kembali sampai muncul lagi ikon Apple.

Demikian, ulasan mengenai beberapa cara agar iPhone tidak lemot yang kini mudah dijumpai. Dengan melakukan cara di atas dapat menjadi solusi ketika iPhone mulai menjalankan proses dengan lambat atau lemot. Maka, dapat dilakukan tindakan penghapusan file yang tidak berguna sehingga dapat melonggarkan ruang penyimpanan dan kinerja iPhone yang lemot dapat dihindari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *