Inilah 5 Cara Cek iPhone Ori yang Wajib Dipahami Sebelum Membeli

By | September 23, 2021
cara cek iPhone ori

Ingin membeli sebuah perangkat iPhone baik kondisi baru maupun yang bekas? Sebaiknya, baca dulu ulasan penting dan menarik di bawah ini! Lantaran, di sini telah disajikan sejumlah rekomendasi cara cek iPhone ori yang sangat wajib dipahami, agar terhindar dari berbagai macam tindak penipuan yang mungkin saja bisa terjadi, sebagai berikut:

1. Perhatikan Fisik iPhone

Pertama, cara cek iPhone ori yang wajib dilakukan adalah memperhatikan material dari ponsel itu sendiri. Yaitu dengan mempertimbangkan sejumlah aspek fisik yang biasanya ada pada produk iPhone resmi, meliputi:

  • Kekokohan material iPhone asli yang didominasi kaca dan logam, dengan standar kualitas terbaik yang biasanya sulit untuk ditirukan;
  • Kesesuaian berat ponsel riil dengan penjabaran spesifikasi yang tertulis pada dus, lantaran umumnya produk tiruan cenderung lebih ringan daripada aslinya, sebagai akibat perbedaan material yang dipakai;
  • Kelengkapan fisik yang ada pada setiap ponsel seperti case, aneka slot, keterangan baterai, kamera, atau tombol-tombol tertentu; serta
  • Aneka pertimbangan lain yang secara naluriah dapat dirasakan oleh orang yang telah terbiasa memakai produk iPhone sebelumnya.

2. Koneksikan dengan iTunes

Selanjutnya, cara cek iPhone ori juga bisa dijalankan dengan memakai bantuan aplikasi iTunes yang secara resmi dirilis oleh Apple untuk mengoptimasi produk-produknya. Alternatif ini cukup mudah untuk dijalankan, yakni dengan mengikuti sejumlah langkah kerja yang terdiri dari:

  • Sebelumnya, pastikan terlebih dahulu bahwa aplikasi iTunes telah terinstal pada perangkat laptop yang akan dipergunakan untuk pengecekan;
  • Kemudian gunakan kabel USB iPhone atau wifi untuk mengoneksikan perangkat iPhone tersebut dengan laptop tadi;
  • Bila sudah, maka buka aplikasi iTunes yang ada pada laptop, lalu segera cari logo berbentuk ponsel yang ada di bagian kanan, kemudian tekan;
  • Setelah muncul perangkat iPhone, maka cari dan pilihlah menu penyelarasan;
  • Tinggal klik saja pada opsi terapkan yang tampil pada layar; dan
  • Jika berhasil, bisa dipastikan perangkat tersebut ori, namun bila gagal maka perlu pemeriksaan yang lainnya.

3. Cocokkan Kode Imei

Jenis cara ketiga yang juga sering dimanfaatkan oleh banyak orang untuk mendeteksi ori atau kwnya sebuah gadet semacam iPhone ialah kode Imei. Pendeteksian ini sangat efektif dan akan membantu mengetahui perangkat terdaftar resmi atau tidak, yang dapat dijalankan dengan langkah:

  • Periksa kode Imei yang terdapat pada dus bawaan iPhone;
  • Kemudian cocokkan dengan kode Imei pada fisik, yang terkadang ada di atas slot kartu SIM, atau di bagian punggung gadget;
  • Selain itu bandingkan pula dengan pengecekan via aplikasi pada laptop dengan membuka situs Apple ID, kemudian login sesuai perangkat iPhone, lalu setelah masuk scroll ke arah bawah untuk membandingkan nomor Imei yang muncul.

4. Periksa Kelengkapan Fitur

Berikutnya penting untuk diingat, bahwa setiap versi iPhone dibekali dengan spesifikasi fitur yang berbeda dari sebelumnya. Mulai dari kamera, layar, maupun jenis fitur lain yang tertulis pada iklan resmi sebagai keunggulannya. Karenanya, coba lah uji fitur-fitur tersebut sebagai bahan pertimbangan untuk memahami apakah perangkat iPhone yang akan dibeli benar-benar ori atau tidak.

5. Simak Layanan Penjualan Aplikasi

Terakhir, namun tidak terlewatkan dalam daftar rekomendasi cara cek iPhone ori ialah keberadaan layanan penjualan aplikasi tambahan bernama App Store. Tidak lain karena App Store merupakan produk resmi penjualan aplikasi yang diluncurkan secara spesifik pada produk Apple. Sehingga, keberadaannya tidak bisa ditemukan pada perangkat yang dikeluarkan oleh produsen gadget serupa.

Apabila ternyata pada perangkat iPhone yang akan dibeli, tidak memiliki App Store, maka bisa dijamin bahwa produk tersebut ialah kw atau tiruan. Demikian halnya, bila yang tersedia di dalamnya adalah layanan penyedia aplikasi buatan vendor lain. Semisal Windows Phone Store atau Google Play Store yang jelas mengindikasikan adanya kepalsuan barang.

Selain, sejumlah cara cek iPhone ori yang dijabarkan di atas, masih ada satu cara lain yang sangat efektif, yakni membandingkan harga. Barang yang asli, harganya stabil dan sesuai dengan informasi di official store baik offline maupun online. Sedangkan untuk barang yang palsu, biasanya cenderung lebih murah dan tidak masuk akal!

 

BACA JUGA :  Cek Di Sini Cara Kompres Video di Android Dengan Mudah